Mohon tunggu...
jia
jia Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa, saya suka membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penggunaan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar

11 Januari 2024   08:57 Diperbarui: 11 Januari 2024   10:00 619
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: SHUTTERSTOCK/Travelpixs

Media sosial adalah media yang memungkinkan penggunanya untuk berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan konten secara online. Media sosial memiliki berbagai jenis dan platform, seperti WhatsApp, YouTube, Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain-lain. Media sosial tidak hanya digunakan untuk keperluan pribadi, hiburan, atau sosialisasi, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar.

Kelebihan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran

Media sosial memiliki beberapa kelebihan yang dapat mendukung proses pembelajaran di sekolah dasar, antara lain:

  • Media sosial dapat memudahkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa, baik secara sinkron maupun asinkron. Guru dapat memberikan materi, tugas, umpan balik, dan evaluasi melalui media sosial, sedangkan siswa dapat mengajukan pertanyaan, diskusi, dan konsultasi dengan guru atau teman sekelas.
  • Media sosial dapat menyediakan berbagai sumber informasi dan referensi yang relevan, terkini, dan bervariasi. Siswa dapat mencari, mengakses, dan memilih informasi yang dibutuhkan untuk pembelajaran dari media sosial, seperti video, gambar, artikel, podcast, dan lain-lain.
  • Media sosial dapat memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkolaborasi dan berbagi pengetahuan dengan sesama siswa atau dengan orang lain di luar sekolah. Siswa dapat bekerja sama dalam kelompok, melakukan proyek, membuat produk, dan mempresentasikan hasil pembelajaran melalui media sosial.
  • Media sosial dapat mengembangkan keterampilan digital dan literasi media siswa. Siswa dapat belajar bagaimana menggunakan media sosial secara efektif, etis, dan bertanggung jawab, serta bagaimana mengevaluasi, mengkritisi, dan menyaring informasi yang diperoleh dari media sosial.

Tantangan dan Keterbatasan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran

Media sosial juga memiliki beberapa tantangan dan keterbatasan yang perlu diantisipasi dan diatasi dalam pemanfaatannya sebagai media pembelajaran di sekolah dasar, antara lain:

  • Media sosial memerlukan akses internet yang stabil dan cukup. Tidak semua sekolah, guru, atau siswa memiliki fasilitas internet yang memadai untuk mengakses media sosial. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan, keterlambatan, atau ketidaksesuaian dalam proses pembelajaran.
  • Media sosial menimbulkan potensi penyalahgunaan dan dampak negatif bagi siswa. Siswa dapat terpapar informasi yang tidak sesuai, tidak akurat, atau tidak bermutu dari media sosial. Siswa juga dapat mengalami cyberbullying, kecanduan, atau gangguan psikologis akibat penggunaan media sosial yang berlebihan.
  • Media sosial membutuhkan pengawasan dan bimbingan dari guru. Guru harus memastikan bahwa siswa menggunakan media sosial sesuai dengan tujuan pembelajaran, tidak menyimpang, atau menyalahi aturan. Guru juga harus memberikan arahan, saran, dan koreksi kepada siswa terkait dengan penggunaan media sosial.
  • Media sosial menuntut kesiapan dan kompetensi guru dalam mengintegrasikan media sosial ke dalam pembelajaran. Guru harus memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk memilih, merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi media sosial sebagai media pembelajaran. Guru juga harus mampu beradaptasi dengan perkembangan dan perubahan media sosial.

Kesimpulan

Media sosial merupakan media yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Media sosial memiliki kelebihan yang dapat mendukung proses pembelajaran, seperti memudahkan komunikasi dan interaksi, menyediakan sumber informasi dan referensi, memberikan kesempatan untuk berkolaborasi dan berbagi pengetahuan, serta mengembangkan keterampilan digital dan literasi media. Namun, media sosial juga memiliki tantangan dan keterbatasan yang perlu diantisipasi dan diatasi, seperti memerlukan akses internet yang stabil dan cukup, menimbulkan potensi penyalahgunaan dan dampak negatif, membutuhkan pengawasan dan bimbingan dari guru, serta menuntut kesiapan dan kompetensi guru. Oleh karena itu, penggunaan media sosial sebagai media pembelajaran di sekolah dasar harus dilakukan dengan pertimbangan, perencanaan, dan pelaksanaan yang matang dan profesional.

Demikian artikel yang saya buat mengenai penggunaan media sosial sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Semoga bermanfaat! (Julia Nur Abidah, Nim 132310208/Prodi PGSD Universitas Pelita Bangsa)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun