Mohon tunggu...
Jay C
Jay C Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Sanguin-Melancholic. Mine Engineer. Jawa-Dayak. Pemerhati Earthquake. Fake Historian. Susah Serius. Conspirator Theories. Pengamat & Pecinta Rok Mini

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

MH370... Apa Kabarmu Saat Ini...???

24 April 2014   16:20 Diperbarui: 23 Juni 2015   23:15 221
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sudah lebih dari 50 hari sejak hilangnya MH370 namun sampai sekarang belum ada kabar yang jelas mengenai keberadaan maupun apa sebenarnya yang terjadi.Beragam spekulasi berkembang dan tidak bisa disalahkan juga karena belum ditemukannya kotak hitam dan fisik pesawat dan penumpang.

Buat gw sih MH370 ini jelas kasus pembajakan, pembajakan yg mempunyai model berbeda.

Bila selama ini model pembajakan yg kita kenal adalah pembajakan terorisme dalam artinya pembajakan terbuka demi tujuan langsung atas pesawat dan atau penumpang dan atau isi cargo, dimana aktor pembajaknya adalah kelompok atau person tertentu yg bermuatan politik tertentu yg bertujuan melawan pihak yg berkuasa, bisa dalam pemahaman negara/pemerintahan  lain ataupun negara/pemerintahan  sendiri.

Menyimak hasil pemberitaan diberbagai media lokal atau luar, ataupun dr diskusi di beberapa forum luar, kita dapati bahwa terlalu 'banyak' informasi yg lalu lalang.

Pertanyaannya.. bukankah justru banyak info malah bagus??

Tepat sekali.. jika info yg beredar, baik secara resmi dr penyataan pemerintah terkait ataupun bisik-bisik diluar adalah informasi yg saling mendukung atau menguatkan info sebelumnya.

Namun yg terjadi adalah hal sebaliknya, justru semua info yg ada malah saling melemahkan atau meniadakan atau membantah info sebelumnya/lainnya.

Gw bahas satu persatu kemungkinan yg terjadi dgn MH370 :

1. Pembajakan Terorisme

Bukti/fakta yg tersedia;

- Ada penumpang yg menggunakan passport curian

- Ada penumpang yg ga jadi menaiki peswt di last minute sementara bagasi mereka ttp terangkut MH370

Dalam kondisi normal hal ini dinilai wajar krn ada person atau sekelompok penumpang yg "tidak seharusnya" ikut berada di dalam pesawat yang terbang.

Namun yg harus kita pahami adalah, jika terjadi pembajakan terorisme siapapun pelaku dan tujuannya.. akan selalu ada TUNTUTAN ataupun PERNYATAAN. Namun sudah leih sebulan tdk ada pernyataan ataupun tuntutan.

Ciri penting terorisme adalah suara atau tujuan politiknya harus didengar, tdk ada siapapun yg bisa mendegar atau memahami tujuan pembajak jika tdk ada peryataan ataupun tuntutan yg dibuat.

Hal lain, tuntutan harus jelas hingga apa yg dituntut dan siapa yg menuntut harus diketahui agar masing2 memahami posisinya masing2 sehingga apa yg menjadi tujuan pembajakan bisa dipahami.

2. Kecelakaan (apapun bentuknya, jatuh-meledak diudara-ditembak rudal anti pesawat dan bla blaa....).

Bukti/fakta yang tersedia;

- Putusnya komunikasi secara tiba2 & tanpa peringatan awal,

- Hilangnya sinyal2 pengenal lainnya

- Tdk terpantaunya keberadaan MH370 diudara (di hari hari awal kejadian)

Pesawat manapun di desain agar ttp melayang diudara selama beberapa waktu meski misalkan ada kejadian darurat, itulah yg disebut sebagai aerodynamic.

Kecelakaan apapun penyebabkan pasti ada indikasi awal dan pilot manapun dilatih dan diperintahkan agar melaporkan segala sesuatu yg dianggab salah atau berpotensi salah baik di dalam pesawat atau kokpit atau diluar pswt seperti cuaca yg memburuk tiba2. Namun dr pembicaraan dgn ATC KL tdk ditemukan komunikasi seperti itu.

Teori lainnya (teori BJ Habibie), pswt meledak tiba2 diketinggian jelajahnya sehingga tdk sempat ada respon dr pilot.

Teori ini lemah sekali, karena sekali lg jika pswt meledak krn faktor2 internal pswt tsb, pasti ada indikasi awal.

Jika pswt meledak krn tembakan rudal anti pswt baik yg diluncurkan dr pesawat tempur ataupun landbase system jg tdk mungkin, krn dikomunikasi terakhir MH370 baru persis keluar dr wil udara Malaysia dan mau masuk wil udara Vietnam. Vietnam ga pny mslh dgn Malaysia yg bs membuat sekoyong menembak jatuh pswt malaysia. Lagipula ada tata cara dlm menembak jatuh pswt (apalagi pswt sipil) yg sdh disepakati dunia internasional.

Secara umum hanya ada 2 cara pesawat jatuh dari ketinggian baik ke permukaan daratan maupun perairan :

-Jatuh secara cepat dan tidak terkendali, artinya ada kemungkinan pesawat akan pecah/hancur dalam ukuran yang relatif besar ketika masih diudara karena struktur pesawat tidak mampu menanggung tekanan udara dan gravitasi dan akan pecah berkeping2 bila mencapai permukaan serta tersebar dalam area yang sangat luas.

-Jatuh secara cepat namun terkendali, artinya ada kemungkinan pesawat secara fisik utuh atau relatif utuh namun peluangnya sangat kecil bila mendarat di daratan kecuali daratan yg relatif rata. Jika mendarat di permukaan perairan, kemungkinan psawat tersebut selamat lebih besar artinya fisik pesawat relatif utuh dan ada waktu buat penumpang+awak untuk keluar menyelamatkan diri.

Problem lain adl.. tidak ditemukan adanya serpihan pswt di area terakhir komunikasi.

Problem lainnya...

Beberapa hari setelah kejadian, ditemukan indikasi bahwa mesin peswat msh mengirimkan Ping yg landbase system di inggris yg mengindikasikan bahwa mesin pswt msh hidup setelah 5-7 jam mengudara.

Tdk mungkin pswt yg sdh mengalami kecelakaan keras namun mesin pswtnya msh hidup.

3. Black Operation atau Operasi Intelligence.

Fakta/bukti  :

Bukti-bukti langsung ga ada tp seperti yg gw sampaikan diawal2, bahwa semua fakta & informasi yg beredar justru saling bingungin dan mementahkan info dan fakta sebelumnya. semua info yg ada keluarnya dikit2 dan berangsur.

Problemnya..

Jika kita melihat semua fakta & info secara sendiri2 dan terpisah, mungkin terlihat sebagai hal yg wajar krn black box blm ditemukan, namun jika kita melihatnya secara komprehensip kita akan kebingungan, krn ga ada benang merahnya yg jelas.

Contoh ; mau disebut kecelakaan (apapun penyebabnya) kok mesin pswt msh hidup setelah sekian jam atau pembajakan kok ga ada tuntutan/pernyataan.

Kalau ini operasi intelligence lalu siapa pelaku dan apa motifnya...

Diawal gw dah jelasin bahwa pembajakan tradisional seperti yg kita kenal selama ini pada akhirnya selalu melibatkan aktor2/kelompok yg punya haluan politik thdp penguasa baik dr pemerintahnya sendiri ataupun pemerintahan negara lain. Selalu terdapat tuntutan dan atau pernyataan. tidak semua peristiwa pembajakan selalu membuat TUNTUTAN seperti misalnya kejadian 11/9 tdk ada tuntutan namun pswt langsung ditabrkan ke WTC. Tapi terdapat PERNYATAAN dr rekan pembajak bahwa mrk pelakunya. Hal ini penting buat rekan/kelompok pembajak agar dunia menyadari  tujuan dr operasi mereka.

Balik ke pembahasan..

Dgn tdk adanya tuntutan/pernyataan, buat gw ini jelas ada konspirasi tingkat tinggi yg bisa jadi melibatkan badan/komunitas intelligence negara meski tdk harus berarti negara yg bersangkutan terlibat.

Kecurigaan awal gw kenapa ini operasi intelligence adl

- Justru karena semua informasi dan fakta yg beredar karena saling meniadakan, saling mementahkan, saling membatalkan info/fakta sebelumnya

- Radar baik militer maupun sipil semua mendadak 'buta' berjamaah. lu bisa bikin landbase radar ga bs liat tp harap diingat bahwa radar jg terdapat di pesawat tempur, kapal perang dan pesawat pengintai. apalagi Teluk Vietnam, Teluk Thailand, LCS itu termasuk hot spot krn msh diklaim oleh byk negara, jd segala kapal perang dan pswt tempur patroli disana, masaaa..... semua mendadak ga bs liat bersamaan

- Paling penting adalah soal navigasi. Pilot sipil biar berapa juta jam terbang yg dia miliki, ttp saja dia tidak akan memiliki pengetahuan langsung mengenai jenis dan kekuatan/jarak jangkau radar militer masing2 negara itu. Pengetahuan ini hny dimiliki oleh angkatan udara & badan intelligence negara bersangkutan.

Pengetahuan ini penting u/ merencanakan jalur penerbangan baik posisi, kecepatan dan ketinggian terbang agar dpt membodohi radar dan menipu operator radar seakan2 ini adl penerbangan sipil normal.

Hal ini juga berkaitan dgn kemampuan bahan bakar pswt.

Dr media diketahui bahwa berdasarkan flight plan, KL-CHIN lama penerbangan k/l 6 jam dan bbm yg diisi ke pswt sekitar u/ 7.5 jam. artinya sang PIC (pilot in command) jelas hrs berhitung bener2 jalur terbangnya, kemanapun dia menuju.

Note; gw pakai PIC bukannya Pilot aja krn, jk bnr pswt dibajak blm tentu yg mengendalikannya adl pilot aslinya, bs jd person lain yg mengambil alih pswt, mk dia akan disebut PIC.

- Dlm aturan internasional, jika ada pswt sipil yg mematikan transpondernya maka dia akan diperlakukan sebagai black flight yg artinya bakal di scramble oleh pswt tempur u/ memastikan identitasnya. MH370 berjam2 terbang tanpa identitas namun tdk ada satupun pswt tempur yg menyergab.

Dr semua hal itu gw mengambil kesimpulan ini kerjaan badan atau komunitas intelligence.

Kenapa komunitas..???

Krn untuk mendapatkan performance radar masing2 td tdk bisa hny mengandalkan mata2 saja, hrs ada info dr dalam. blm lagi jika kita bicara soal kepentingan dibalik kejadian ini.

Kenapa oleh badan intelligence..

Krn operasi ini sgt khas intelligence baik dr modus operasi sampai dgn pengaburan info2 dimasyarakat. Badan intelligence manapun itu punya direktorat disinformation yg tugasnya membanjiri publik dgn informasi yg malah bikin bingung dan menyesatkan.

Pertanyaan berikutnya apa tujuan operasi ini.

Pertanyaan penting krn gw ga yakin apa tujuannya.

Di awal gw berpikir ini berkaitan dgn panasnya situasi di LCS, dmn cina sgt bernafsu besar u/ caplok daerah ini, pdhl bersamaan wil yg ingin dicaplok cina ini bersinggungan dgn wil laut Malasia, Vietnam, Filipina, Singapura dan bbrp negara lain (lupa gw ). Tp kok kaya agak2 remeh ya alasannya dan gw ga pny argumen lanjutan soal ini.

Sebab lain gw jg sempat berpikir bahwa ini semacam usaha u/ menguji kekuatan radar pertahanan negara disekitar, namun agak mentah jg. Sebab jk mmg tuj adl ingin menguji, bukankah lbh bagus menggunakan pswt militer jd gak perlu heboh, krn operasi intelligence itu harusnya silence dan tdk mengambil resiko ga perlu dgn melibatkan pswt sipil dgn jumlah penumpang yg fantastis.

Pertanyaan lanjutan..

Jika ini adalah operasi intelligence, maka intelligence negara mana saja yg terlibat?

Jujur aja gw jg gak yakin dgn urusan ini, krn jk ingin mengetahui siapa yg terlibat tentunya hrs diketahui dulu motifnya, baru bs dilacak siapa saja yg mungkin terlibat.

Namun berdasarkan PRASANGKA gw, setidaknya yg terlibat adalah US, Malaysia sendiri, Singapur, Thailand dan kemungkinanIndonesia.

Sekali meski gw sebut negaranya namun blm tentu negara/pemerintahan negara tsbt terlibat. Sudah sangat biasa badan intelligence negara manapun bergerak dan bertindak tanpa diketahui oleh pemerintah, bahkan presidennya.

Hal berikutnya, kira2 dimana posisi MH370 skr...

Dr berbagai kemungkinan yg ada dr awal gw sudah langsung menuduh (catet!!!) bahwa ini pswt ada di Kepulauan Diego Garcia.

Argumennya cm dipangkalan ini saja yg memungkinkan itu pswt bs dibikin 'hilang' krn sepenuhnya dihuni oleh militer.

Hal lain kenapa ini adl kerjaan intelligence adl krn dr awal sudah ada kecurigaan pswt ke DG tp bahkan Malaysia (yg merupakan sekutu Inggris dmn Inggria adl sekutu US) namun ga pergi2 jg ke DG u/ memeriksa kecurigaanya.

Akhir akhir ini kita melihat di berita bahwa ditemukan puing-puing dan signal yang dicurigai berasal dari reruntuhan MH370 disekitar Barat Daya Kota Perth, Australia.

Meski belum terkonfirmasi karena belum ada bukti fisik yang diangkat, namun kita anggab saja benar itu berasal dari MH370..

Lalu bagaimana bisa berakhir disana puing puing, padahal menurut teori gw fisik pesawatnya ada di pulau DG??

Gampang... begitu pesawat landing di pulau DG, pesawat segera dipereteli dan dibuang menyebar dilokasi sulit yg membuat operasi pencarian dan pengambilan mendekati mustahil. Beres!!

Hal lain, jika memang rencana pesawat yang akan dibajak adalah pesawat berbadan lebar dengan kapasitas BBM yang jauh lebih besar, kenapa pesawat yang dibajak justru tujuan ke Utara Malaysia, bukankah bisa pesawat yang tujuan ke Selatan Malaysia. Dari segi stock bahan bakar justru lebih aman karena kalkulasinya gak bikin pusing.

Dari berbagai info yang pernah gw baca sih karena .... tidak ada pesawat berbadan lebar yang terbang malam ke arah Selatan Malaysia.

Penerbangan malam ini penting agar dapat menyamarkan fisik pesawat plus memanfaatkan kelengahan (kurang konsentrasi) ATC officer saat jaga di malam hari, kelengahan ini sudah jadi rahasia publik apalagi buat para pemerhati penerbangan, sebabnya karena kebanyakan bandara ATC officer dimalam hari jumlahnya sedikit yg giliran jaga krn alasan penerbangan malam yg sedikit juga jumlahnya.

Demikian ulasan konspirasi kurang cerdas dr ane.

Sekian dan terima perawan

Note : Bacaan lain silahkan >> "all you need to know about MH370; facts, timelines, systems, findings, theories http://theaviationist.com/2014/03/20/mh370-total-recap/

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun