dok. pri
Jakarta - PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan dikenal sebagai produsen produk kecantikan, jamu, dan kesehatan berbahan alami tumbuhan Indonesia, telah memulai langkah baru dalam pengembangan produk dan ekspansi pasar.
MRAT telah menjalin aliansi strategis dengan SUGI Holdings, sebuah perusahaan unggulan yang terdaftar di Bursa Efek Jepang dan memiliki anak perusahaan bernama SUGI Pharmacy.Â
SUGI Pharmacy adalah perusahaan yang bergerak dalam penjualan obat-obatan, makanan kesehatan, kosmetik, kebutuhan sehari-hari, dan mengoperasikan lebih dari 1700 toko di Jepang.
Sinergi Teknologi dan Produk Lokal: Menciptakan Inovasi Global
Melalui kerjasama ini, MRAT dan SUGI Holdings berkolaborasi untuk menghadirkan inovasi teknologi Jepang yang telah teruji dan menciptakan sinergi dengan produk lokal di Indonesia.Â
Produk-produk hasil kolaborasi ini akan mendapatkan sertifikasi halal dan dipasarkan secara global, terutama di negara-negara yang selama ini menjadi tujuan ekspor bagi MRAT.
Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang, menyatakan optimisme terhadap prospek pasar kosmetik Indonesia dan global.
Menurut data dari Statista, pada tahun 2024, pendapatan pasar kosmetika Indonesia diperkirakan mencapai US$1,94 miliar dan diproyeksikan tumbuh setiap tahunnya sebesar 5,35% (CAGR 2024-2028). Pasar kosmetik Indonesia sedang mengalami pertumbuhan pesat, didorong oleh peningkatan kelas menengah dan tingginya permintaan terhadap produk kecantikan halal.
Produk-produk Mustika Ratu telah berhasil dipasarkan di berbagai belahan dunia, termasuk di Asia, Timur Tengah, Afrika, Eropa, dan Amerika Utara, termasuk Jepang.