Anda diangkat menggantikan Ignasius Jonan, salah satu putra terbaik Indonesia yang bersungguh-sungguh dan pernah terbukti mampu membenahi warisan kekacauan Soeharto dan Orde Baru.
Jonan berlatar belakang dunia keuangan dan perbankan. Sebagaimana banyak Citi bankers lain, dia memiliki kekuatan terhadap sistem berbasis proses dan prosedur. Maka PJKA yang sebelumnya merugi Rp 83,5 miliar berbalik menjadi untung Rp 153,8 miliar pada tahun pertama dipimpinnya. Asetnya pun meningkat dari Rp 5,7 triliun (2008) menjadi Rp 15,2 triliun (2013).
Kinerja keuangan tersebut bukan semata hasil penertiban administrasi dan rekayasa keuangan, tapi buah proses transformasi terhadap layanan kereta api yang sebelumnya terkenal kumuh dan tak terurus menjadi hal yang aman, menyenangkan, dan membanggakan. Kita harus mengakui hasil kerjanya di sana.
Saya tak tahu cela atau soal apa yang dimiliki Jonan hingga Presiden Joko Widodo melengserkan beliau dan menggantikannya dengan Anda. Sikap correct dan memastikan kesempurnaan agar terhindar dari masalah yang tak perlu adalah ciri banker sejati. Prudent. Saya yakin itulah alasannya menolak pengoperasian segera Bandara Soekarno Hatta 3 Ultimate saat musim mudik lebaran kemarin.
Walau Anda sesumbar menyatakan siap menyambut keinginan Joko Widodo untuk segera meresmikannya. Pembangunan bandara itu memang berlangsung saat Anda memimpin Angkasa Pura, sebelum ditunjuk menggantikan Jonan.
Anda seperti ingin menepis prasangka dan kekhawatiran soal kesiapan bandara itu. Beberapa saat setelah diangkat menggantikan posisi Jonan sebagai menteri perhubungan, terminal baru yang merupakan karya Anda itu, diresmikan. Dan segera pula terkuak berbagai masalah. Commissioning berbagai fasilitas dan pengalihan sistem operasi belum layak yang dikhawatirkan Jonan terbukti!
Saya tahu, Anda arsitek. Soal rancangan dan bangunan tentu tak pantas untuk diragukan. Tapi buktinya, bangunan bandara baru yang terburu diresmikan itu pun menguak soal kualitas yang memalukan, mulai dari banjir dan 'air mancur' hingga ceiling yang roboh.
Jelas terbukti Anda tak memiliki kualitas sikap correct dan kesempurnaan kerja seperti Jonan. Bahkan untuk bidang yang Anda kuasai dan semestinya tak perlu diragukan lagi. Tapi toh Anda tak bersikap ksatria mengakui sekaligus meletakkan jabatan setelah itu. Meneruskan tradisi pria sejati yang dilakukan sahabat saya, Joko Sasono, Direktur Jenderal Perhubungan Darat di bawah kepemimpinan Menteri Jonan saat kemacetan luar biasa parah terjadi sehari sebelum libur Natal 2015 lalu.
***
Transportasi merupakan disiplin ilmu yang kompleks. Ia juga menuntut kecanggihan beradaptasi terhadap berbagai kemajuan dan perkembangan zaman. Bukan hanya teknologi dan bisnis tapi juga budaya dan gaya hidup. Di tengah dinamika perubahan yang berlangsung amat cepat, kita tak bisa memaksa diri setia pada pakem-pakem konvensional. Sebaliknya harus rajin berpikir kontemporer dan out of the box. Kebodohan yang angkuh dan birokrasi yang hipokrit menyebabkan sumber daya ahli dan ilmuwan lokalnya tenggelam.
Jangan menyangkal jika rancangan kebijakan dan perencanaan perihal nadi kehidupan itu sebagian besar dikangkangi Jepang dan bangsa-bangsa lain yang memiliki kepentingan kapitalisme di negeri ini. Mereka yang rajin bergegas menyediakan dana hibah untuk kebutuhan cetak birunya. Hal yang bagi mereka berguna sebagai kerangka strategis. Sementara bagi pemerintah dan birokrasi kita hanya sekedar kelengkapan administrasi yang melegitimasi berbagai kelancungan mengurus negara ini.