II. 1. Sejarah Singkat PT Asdp Indonesia Ferry (Persero)
Perusahaan ini memulai sejarahnya pada tanggal 27 Maret 1973
dengan nama Proyek Angkutan Sungai, Danau, dan Ferry (PASDF) di
bawah naungan Direktorat Lalu Lintas Angkutan Sungai Danau dan Ferry
(DLLASDF), Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Departemen
Perhubungan. Pada tahun 1980, PASDF diubah menjadi Proyek Angkutan
Sungai Danau dan Penyeberangan (PASDP). PASDP bertugas
menyediakan pelayanan angkutan penyeberangan antar pulau, menyediakan
terminal umum penyeberangan angkutan sungai, danau, dan ferry, serta
menjamin keselamatan pada sistem transportasi tersebut. Pada tahun 1986,
PASDP bermetamorfosis menjadi Perusahaan Umum Angkutan Sungai,
Danau, dan Penyeberangan (Perum ASDP). Pada tahun 1992, Perum
ASDP diubah menjadi persero dengan nama PT Angkutan Sungai, Danau,
dan Penyeberangan (Persero). Perubahan tersebut mengindikasikan bahwa
ASDP dapat bersaing dengan perusahaan swasta dan BUMN lainnya, tanpa
meninggalkan fungsinya sebagai penyedia jasa angkutan penyeberangan
perintis. Pada tahun 2004, perusahaan ini mengubah namanya menjadi PT
ASDP Indonesia Ferry (Persero), sebagai bagian dari proses transformasi
bisnis untuk mengubah posisi perusahaan ini menjadi BUMN yang dapat
memberikan kontribusi lebih bagi negara. Pada tahun 2008, perusahaan ini
ASDP melakukan transformasi bisnis yang ditandai dengan modernisasi
operasional, infrastruktur, dan teknologi menuju standar internasional.
Dengan motto "We Bridge The Nation", ASDP Indonesia Ferry melangkah
maju menjadi perusahaan ferry modern. Pada tahun 2019, anak usaha ASDP, yakni Indonesia Ferry Property mengadakan joint
venture dengan Pembangunan Perumahan untuk mengembangkan
infrastruktur Kawasan Marina Labuan Bajo yang merupakan salah satu
destinasi pariwisata super prioritas. Pada tahun 2018 kinerja perusahaan
tumbuh positif. Jumlah trip, penumpang, kendaraan dan barang mengalami
peningkatan yang signifikan, seperti :
Trip = 233.023
Penumpang = 7.126.250
Kendaraan roda 2&3 = 4.184.546
Kendaraan roda 4 = 2.272.030
Barang = 861.811
II. 2. Visi dan Misi PT Asdp Indonesia Ferry (Persero)
1. Visi
Terdepan dalam menghubungkan masyarakat dan pasar melalui jasa
penyeberangan-pelabuhan terintegrasi dan tujuan wisata waterfront
2. Misi
Menciptakan dan mengoptimalkan nilai perusahaan dengan
menghubungkan masyarakat dan pasar.
Menekankan keunggulan operasional melalui:
 - Budaya Pelayanan yang profesional dan berkualitas
 - Fasilitas pelabuhan terintegrasi, armada dan infrastruktur yang
handal
 - Penerapanteknologi berbasis nilai
Aktif mendukung dan berperan dalam pengembangan ekonomi
melalui layanan logistik dan tujuan wisata pilihan.
Secara konsisten mengedepankan keselamatan dan layanan
penuh keramahan, tulus dan berkualitas.
Penerapan standar lingkungan berkelanjutan.
II. 3. Proses Manajemen Sumber Daya Manusia PT Asdp Indonesia Ferry
(Persero)
Manajemen Sumber Daya Manusia adalah suatu ilmu atau cara
bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga
kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat
digunakan secara maksimal sehingga (goal) bersama perusahaan, karyawan
dan masyarakat maksimal.
a. Performa & Rewards ( Perfomance & Rewards )
Melakukan seluruh kegiatan terkait perfoma karyawan dan rewards
melalui evaluasi kinerja karyawan untuk meningkatkan SDM Perusahaan,
pelaksanaan kebijakan remunerasi yang sesuai dengan kebijakan
perusahaan dan pasar, pemberian usulan mengenai kenaikan remunerasi
karyawan, dan pelaksanaan kegiatan penilaian performa karyawan secara
individu