"Berikut ini kita akan membahas aliran-aliran yang terdapat dalam filsafat pendidikan beserta tokoh pelopor dan pemikiran tokoh-tokoh filsafatnya."
A. Aliran Filsafat Pendidikan
1. Â Aliran Progresivisme
Dalam pandangan aliran progresivisme manusia harus selalu maju, bertindak konstruktif, inovatif, reformatif, aktif, dan, dinamis. Karena manusia selalu menginginkan perubahan untuk meningkatkan kehidupan yang lebih baik lagi.Â
Hubungan aliran progresivisme dalam pendidikan adalah manusia dapat progresif atau maju sehingga manusia akan bertindak dengan intellegensi.Â
Contohnya model sekolah zaman sekarang bisa jadi tidak relevan d imasa mendatang, sehingga aliran progresivisme menyiapkan peserta didik untuk bertindak konstruktif, reformatif, aktif,dab selalu menginginkan perubahan agar mengalami kemajuan di masa yang akan datang.Â
Baca juga : Pendidikan: Filsafat dan Radikalisme
Kekurangan aliran progresivisme bila diterapkan dalam pendidikan adalah kesenjangan pengetahuan. Kenapa begitu? Karena siswa dituntut untuk lebih maju, aktif, dan inovatif seperti penjelasan diatas.Â
Tidak semua siswa mampu untuk memenuhi kriteria atau syarat diatas. Dan inovatif juga perlu untuk pendidik karena masih ada pendidik yang kurang mampu mengikuti perkembangan zaman untuk maju.Â
Setiap teori memiliki kelebihan dan kelemahan atau kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, mengkontekskan teori ke dalam kehidupan nyata sangat penting seperti teori yang dikemukakan Jean Piaget yaitu belajar otodidak.