Mohon tunggu...
Jihan DzakiyahNurmajid
Jihan DzakiyahNurmajid Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa 2020

.....

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perspektif Teori Talcott Parsons terhadap Pendidikan Era Pandemi Covid-19

28 Desember 2021   21:22 Diperbarui: 28 Desember 2021   21:29 995
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendahuluan 

 Pada awal tahun 2020 merupakan tahun yang membuat seluruh negara mengalami kedilemaan karena pada akhir bulan Desember tahun 2019 , WHO telah mengumumkan pertama kali adanya virus covid yang bernama SARS-CoV-2 dari Wuhan, China. Virus ini sangat mematikan dan tentu harus diwaspadai oleh manusia. Virus Corona ini telah berdampak pada semua aspek kehidupan masyarakat, seperti pada aspek ekonomi, kesehatan, terutama pada aspek pendidikan.

Selama masa pandemi, pemerintah membuat kebijakan untuk mengatur pada sistem pendidikan lebih lanjut. Berdasarkan surat edaran mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Corona Virus Disiase (Covid-19), didalam surat tersebut tertulis bahwa pemerintah membuat kebijakan proses pembelajaran dari rumah (daring) dan juga Ujian Nasional diseluruh jenjang pendidikan ditiadakan. Proses pendidikan di fokuskan dengan pendidikan kecakapan hidup mengenai virus covid-19 (Kemendikbud,2020). Dalam kebijakan permerintah dijelaskan bahwa pendidikan harus tetap dijalankan dengan menerapkan pembatasan sosial dan mengabaikan pembelajaran tatap muka sistem (offline).

 Sekolah-sekolah mulai ditutup dari Taman kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan juga Perguruan Tinggi. Pendidik dan peserta didik menggunakan bantuan teknologi seperti handphone, laptop, dan platform-platform yang mendukung dalam proses pembelajaran seperti aplikasi zoom, Whatsapp untuk memudahkan berkomunikasi, goole classroom, dsb. Penggunaan teknologi ini sangat berperan penting untuk berlangsungnya proses pendidikan selama masa pandemi.

Pembelajaran online menyebabkan perubahan sosial di bidang pendidikan, karena pendidik dan siswa perlu melek teknologi. Transisi sosial ini memiliki konsekuensi yang tidak dapat diprediksi (Rasyid, 2015). Misalnya, pembelajaran online menyebabkan guru mengalami berbagai kendala dalam mengkondisikan siswa masuk kelas tepat waktu; tugas belajar yang tidak terkendali. Akibatnya pembelajaran menjadi tidak efektif dan membuat siswa tidak memahami materi yang dipelajari (Rahmah Fitriyani, 2020).

Perubahan sosial dalam tatanan masyarakat tersebut tidak terlepas dari konsep revousi seperti pada perubahan masyarakat Eropa abad ke-20. Revolusi berubah secara signifikan perubahan yang terjadi tidak menjadi lebih baik, tetapi malah mengarah ke kerusakan sosial, salah satunya adalah keresahan sosial dalam masyarakat.

Tulisan ini akan mengkaji bagaimana Pendidikan era pandemi covid-19 dalam pandangan ahli sosiologi yaitu Talcott Parsons dengan teorinya perubahan sosial dalam structural fungsionalisme. Pada kajian sosiologi pendidikan menekankan implikasi dan akibat sosial dari pendidikan dan memandang masalah pendidikan dari sudut totalitas ruang lingkup sosial, kebudayaan, politik, dan ekonomisnya bagi masyarakat (Khaldun, 2008:73).

Pembahasan 

Menurut Syukurman (2020:175) Perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi di dalam atau mencakup sistem sosial. Lebih singkatnya, terdapat perbedaan antara keadaan sistem tertentu dalam jangka waktu yang berbeda. Semua orang berbendapat bahwa kehidupan sosial tidaklah statis (tidak berubah keadaannya). Tetapi juga semua orang tidak mempunyai kesepakatan Bersama dalam mengartikan perubahan sosial.

Perubahan sosial secara sadar maupun tidak sadar begitu cepat terjadi, tetapi untuk menghadapi efek-efek negatifnya ini tidak secepat perubahan itu berjalan. Ini merupakan fenomena global yang dialami oleh semua manusia pada masa sekarang ini. Kelambatan untuk menghadapi perubahan negative menyebabkan realitas sosial tidak berjalan dengan harapan kehidupan, misalnya fenomena yang dihadapi oleh manusia sekarang yaitu pandemic covid-19 dimana Pendidikan ini berubah menjadi pembelajaran daring (online) sehingga para pemangku pendidikan dan peserta didik sulit untuk menghadapi perubahan sosial yang terjadi secara cepat. Kondisi-kondisi ini sedang menjejal di hadapan kita semua.

Adapun pandangan Parsons dalam (Ritzer dkk., 2004) mendefinisikan  arti dari perubahan sosial yaitu sebagai pertukaran yang berlaku dalam sistem sosial. Parsons membuat sesuatu yang baru berdasarkan contoh yang sudah ada tentang perubahan sosial pada masyarakat sama hal nya pertumbuhan pada makhluk hidup. Perubahan sosial dapat muncul karena adanya bencana global yang mengharuskan seluruh masyarakat di dunia harus menghadapinya dengan cara-cara yang berbeda dengan yang sudah terjadi. Terkait dengan pandemic covid-19, masyarakat mengalami perubahan-perubahan seperti harus mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak) setiap keluar rumah. Cara bergaul dengan orang lain pun harus berjarak tidak boleh berkerumun dengan orang banyak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun