Mohon tunggu...
Jihan Hanifah
Jihan Hanifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pendidikan Matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Manfaat Matematika Nalaria Realistik untuk Otak Siswa

3 Mei 2023   00:36 Diperbarui: 3 Mei 2023   00:43 290
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Salah satu disiplin ilmu yang sering menjadi masalah bagi siswa adalah matematika. Namun dengan pengajaran yang tepat, matematika bisa menjadi mata pelajaran yang menarik dan menyenangkan. Pendekatan matematika nalaria realistik adalah salah satu metode pengajaran matematika yang saat ini sedang populer. Metode ini dapat membantu siswa untuk menyelesaikan masalah-masalah aktual sambil menempatkan aritmatika dalam konteks kehidupan sehari-hari (Saleh, Charitas, dkk., 2018).

Siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatifnya menggunakan metode penalaran realistik (Leng et al., 2020). Hal ini menyiratkan bahwa siswa dapat lebih memahami ide-ide matematika dan menghubungkannya dengan skenario dunia nyata dalam konteks matematika. Selain itu, Siswa dapat belajar memecahkan masalah sehari-hari (Pambudi et al., 2021).

Salah satu contoh pendekatan nalaria realistik dalam pengajaran matematika adalah dengan menggunakan permainan. Disebutkan bahwa permainan dapat membantu siswa memperoleh persepsi yang lebih efektif tentang konsep-konsep matematika. Dalam permainan, siswa harus menggunakan konsep matematika untuk menyelesaikan masalah dalam konteks yang menyenangkan dan menarik (Palinussa et al., 2021).

Selain itu, siswa yang kesulitan memahami topik matematika dapat memperoleh manfaat dari pendekatan berpikir realistik. Menurut (Putrawangsa, 2020), Metode ini dapat bermanfaat bagi siswa yang kesulitan memahami konsep matematika karena konsep-konsep tersebut lebih mudah dipahami jika dimasukkan ke dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Menurut (Yosiana et al., 2021), teknik penalaran realistik dapat mendorong siswa untuk berperan aktif dalam pendidikan mereka. Siswa dapat mengambil peran yang lebih aktif dalam pemecahan masalah dan memilih solusi terbaik dalam hal matematika. Hal ini dapat membantu siswa dalam memahami ide-ide matematika dengan lebih jelas (Saleh, Charitas, et al., 2018).

Kesimpulannya, siswa dapat memperoleh manfaat yang besar dari pendekatan penalaran realistik dalam pembelajaran matematika. Strategi ini akan membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah, melatih pemikiran kritis dan kreatif, serta memahami ide-ide matematika. Oleh karena itu, salah satu pilihan untuk mengajar matematika di sekolah adalah pendekatan nalaria realistik.

Sumber :
Leng, K. S., Razali, F., & Ayub, A. F. M. (2020). The effectiveness of realistic mathematics education approach toward students learning: A systematic literaturreview of empirical evidence. Journal of Critical Reviews, 7(13), 548--552. https://doi.org/10.31838/jcr.07.13.99

Palinussa, A. L., Molle, J. S., & Gaspersz, M. (2021). Realistic mathematics education: Mathematical reasoning and communication skills in rural contexts. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(2), 522--534. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.20640

Pambudi, D. S., Aini, R. Q., Oktavianingtyas, E., Trapsilasiwi, D., & Hussen, S. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Matematika Nalaria berdasarkan Jenis Kelamin. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 136. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4206

Putrawangsa, S. (2020). Introduction to RME Characteristics , Example & Misconceptions RME-based Instructional Design The Formulation of Hypothetical Learning Trajectory RME & Design Research. June. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.24916.83841

Rusdin. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Matematika Nalaria Realistik pada Madrasah Ibtidaiyah di Kota Sorong. Jurnal Kependidikan, 11(September), 283--296. http://ejournal.stain.sorong.ac.id/indeks.php/al-riwayah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun