Kabupaten Pekalongan-- Sejumlah mahasiswa Universitas Pekalongan berinisiatif membantu Ibu Andrisa seorang pembisnis cemilan kering di Pekalongan, untuk membantu mengembangkan dan mengenalkan digital marketing melalui usahanya. Program ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan pasar dan penjualan produk Ibu Andrisa di era digital sekarang ini. Selama beberapa bulan terakhir mahasiswa telah memberikan pelatihan dan pendapingan dalam hal pembuatan website, pengelolaan media sosial, serta strategi pemasaran online lainnya. Hasilnya cukup membanggakan, penjualan produk cemilan itu mulai mengalami kenaikan dan kemajuan dalam pengembangan pasar penjualan online dan mendapatkan untung yang lumayan. "Sebelumnya saya kurang dalam menjualkan produk saya mba, dan untung yang saya dapatkan bisa dibilang sangat sedikit. Namun setelah saya diberikan beberapa ilmu yang bermanfaat ini alhamdulillah dapat membantu sekali dalam pengembangan produk saya" Ujar Ibu Andrisa. Tak hanya itu, para mahasiswa Unikal ini juga membantu Ibu Andrisa dalam membuatkan google maps agar para peminat Wolu Cemilan bisa menemukan lokasi penjualan itu. Selain itu mahasiswa tersebut juga memberikan konsultasi mengenai strategi pemasaran dan promosi yang efektif.Â
Program pendampingan mahasiswa ini diharapkan bisa menjadi contoh untuk mahasiswa lainnya untuk turut serta memberdayakan UMKM di Indonesia. Dengan memanfaatkan teknologi digital yang semakin berkembang dan dapat bersaing dipasar yang semakin kompetitif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H