Mohon tunggu...
Jesicha Nataly
Jesicha Nataly Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Suka membaca artikel berita yg berkaitan tentang kuliner, musik

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Boikot Tidak Menghentikan Rasa minuman Istimewa dari Produk Haus

14 Desember 2023   00:36 Diperbarui: 14 Desember 2023   02:00 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Melihat banyaknya minuman yang mulai banyak beredar dengan inovasi dan memiliki daya tarik dari masing-masing produk, kini telah hadir produk baru bernama “HAUS” perusahan yang bergerak di bidang minuman dan makanan ini kini hadir dengan rasa dan variasi yang berbeda dengan minuman lain tentunya masyarakat sudah tidak asing lagi dengan produk ini , ditambah lagi dengan harga yang terjangkau membuat banyak anak muda lebih memilih haus  meskipun dengan harga yang terjangkau , namun tidak mengurangi cita rasa. Haus sendiri membuat tagline “Semua Berhak Minum Enak” sasaran semua kalangan sebagai target marketnya dengan dimulai dari tingkat ekonomi bawah (middle low). Saat ini Haus Indonesia sudah ekspansi ke kota-kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya dengan memiliki kedai sebanyak 126 cabang. Haus Indonesia juga akan terus melakukan ekspansi ke kota-kota lainnya di Indonesia, serta terus melakukan pengembangan dan inovasi produk.

Kedai minuman yang dibangun oleh PT. Inspirasi Bisnis Nusantara atau yang lebih dikenal dengan merek “Haus ini dibangun oleh 4 orang Gufron Syarif, Daman, Feri, dan Sigit, alasan mereka lebih memilih Nama “Haus” yang diberikan pada usaha minuman mereka sangat sederhana dan cukup mudah diingat serta dimengerti oleh banyak orang. Oleh karena itu para pendiri Haus Indonesia ini meyakini bahwa produk minuman mereka tidak mirip dengan industri fashion yang tiap produknya hanya memiliki satu varian atau disebut life cycle. Oleh karena itu, mereka tidak ingin usaha minumannya ini hanya terpaku pada satu jenis varian minuman yang monoton sehingga mereka membuat inovasi dengan varian minuman yang beragam.

Tidak hanya Stasiun Gambir yang terlihat padat pengunjung, hal itu  juga dirasakan oleh kedai minuman Haus. Ardiansyah, pegawai Haus cabang Stasiun Gambir, menyampaikan bahwa penjualan minuman Haus ini per hari bisa mencapai 300 sampai 400 cup terjual. Dalam rangka memperingati Hari Raya Natal dan Tahun Baru, Haus mengadakan promo dengan tema yang unik dan menarik konsumen yaitu Haus Pahala untuk Palestina. Promo ini menawarkan dua paket minuman yaitu paket pertama yang berisi Greentea (L)+ Choco Hazelnut(M) + Strawberry Tea (L) dan paket kedua Thai Tea(L) + Taro(L) + Mango Tea(L). Kedua menu tersebut hanya seharga 30.000 . Maksud tujuan dibuatnya promo ini Haus memiliki niat untuk berkontribusi dalam membela palestina yaitu dengan  yang  jajan 30.000 sudah bisa menyumbang 1000 untuk bantuan ke saudara kita di Palestina #HausBersamaPalestina #WargaHaus. Pada outlet Haus cabang Gambir terdapat pernyataan terbuka tentang pihak Haus yang menaati Fatwa MUI  No.83 Tahun 2023 bahwa hukum mendukung agresi Israel ke Palestina baik secara langsung ataupun tidak langsung adalah haram.

 Perusahaan Haus juga melalukan Gerakan untuk mendukung Palestina ,dengan turut serta menyumbang menu minuman sebanyak 1000 cup. Minuman tersebut akan di bagikan kepada orang-orang yang berkumpul di Monas  pada saat aksi membela Palestina di Monas. Ada beberapa jenis minuman yang menggunakan bahan baku atau brand yang mendukung atau pro terhadap Israel seperti contoh menu Haus Kit Kat yang berubah menjadi Choco Cheese Crunchy dengan bahan baku coklat Take It. Menu tersebut menjadi Best Seller di Haus. Selain itu terdapa juga beberapa makanan yang menjadi daya tarik para konsumen dengan adanya  menu “GANJEL ROTI” yang memiliki beragam varian. Tidak kalah dalam cita rasa, namun memiliki harga yang terjangkau .Beberapa menu roti Haus yaitu Roti Maryam, Roti Bakar, Roti Kukus cocok untuk di padukan dengan beberapa menu minuman di Haus.

Oleh sebab itu Perusahaan Haus menerapkan per tanggal Kamis,16 November 2023 Haus memutuskan segala bentuk muamalah (Kerjasama bisnis) dengan semua produk (bahan baku) dan brand yang teridentifikasi berafiliasi dengan Israel sampai terdapat Keputusan lanjutan dari MUI yang bertujuan untuk membela Palestina supaya tragedy ini segera berakhir dan Palestina bisa menjadi negara yang Merdeka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun