Lokasi : SMAN 1 MALINAU, Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara
Lingkup Pendidikan : Sekolah Menegah Atas
Tujuan yang ingin dicapai :
•Aksi 1
Meningkatkan pemahaman konsep matematis Peserta didik kelas XI dalam menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan Program Linear Dua Variabel melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD
•Aksi 2
Meningkatkan pemahaman konsep matematis Peserta didik kelas XI dalam menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan Program Linear Dua Variabel melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL)
Penulis : Jerry Simon, S.Pd
Tanggal Aksi 1
-Pertemuan 1 : Selasa, 30-08-2023 (09.45 – 11.15)
-Pertemuan 2 : Rabu. 31-08-2023 (09.45 – 11.15)
Aksi 2
-Pertemuan 1 : Senin, 12-09-2023 (09.45 – 11.15)
-Pertemuan 2 : Rabu. 14-09-2023 (09.45 – 11.15)
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:
•Kurangnya konsep matematis peserta didik
•Minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran matematika kurang
•Model pembelajaran yang guru gunakan dalam proses pembelajaran kurang inovatif
•Penggunaan dan pemanfaatan media pembelajaran yang guru gunakan belum maksimal
Praktik pembelajaran ini penting untuk dibagikan agar:
•Mengatasi masalah yang akan diselesaikan yaitu meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik terhadap materi program linear dua variabel
•Pembelajaran ini lebih memfokuskan peserta didik sebagai pusat kegiatan pembelajaran (Student Centered)
•Pembelajaran ini bisa memotivasi guru lain dalam mendesain pembelajaran yang kreatif dan inovatif
•Menjadi refrensi dan inspirasi bagi guru-guru yang lain dalam mengatasi permasalahan dalam pembelajaran
Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu:
•Sebagai fasilitator yaitu mengarahkan peserta didik serta bertanggung jawab terlaksananya pembelajaran dengan baik serta membimbing peserta didik dalam proses pembelajaran
•Bertanggung jawab dalam mendesain pembelajaran yang inovatif dan kreatif dengan menggunakan model, metode dan media pembelajaran yang tepat sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai.
Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Tantangan yang di alami yaitu
•Mendesain pembelajaran yang inovatif sesuai dengan materi program linear dua variabel
•Mencari dan menentukan masalah kontekstual yang mudah dipahami peserta didik dan yang berkaitan dengan materi program linear dua variabel
•Mendesain powerpoint (PPt) menjadi menarik agar peserta didik fokus terhadap proses pembelajaran
•Menyusun LKPD yang baik serta dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
•Mengkolaborasikan media pembelajaran yang berbasis TPACK yang efektif dan efisien untuk mengatasi masalah pembelajaran
•Menyusun bahan ajar yang bermuatan materi HOTS
•Menentukan proyek apa yang dapat dilaksanakan oleh peserta didik agar dapat menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan program linear dua variabel
Yang terlibat dalam proses pembelajaran yaitu
1.Kepala Sekolah sebagai pimpinan sekolah
2.Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum
3.Peserta didik sebagai target dan tujuan pembelajaran
Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini