Mohon tunggu...
Jeremia Simatupang
Jeremia Simatupang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa S1 Psikologi Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Jenis Perilaku Konsumen dan Proses Pengambilan Keputusan Membeli

7 Juli 2023   22:12 Diperbarui: 8 Juli 2023   11:37 271
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perilaku konsumen adalah wilayah yang menarik untuk dipelajari karena melibatkan berbagai jenis perilaku yang muncul dalam proses pembelian dan penggunaan produk atau layanan. 

"Perilaku membeli konsumen adalah tindakan dan proses keputusan orang-orang yang membeli barang dan jasa untuk konsumsi pribadi." Engel, Blackwell dan Mansard

Dalam konteks ini, empat jenis perilaku konsumen yang akan dibahas adalah complex buying behavior, dissonance-reducing buying behavior, habitual buying behavior, dan variety seeking buying behavior. 

Mari kita jelajahi masing-masing perilaku ini secara lebih mendalam!

Ada 4 jenis perilaku konsumen :
1. Perilaku membeli  yang kompleks (Complex Buying Behavior) 
Perilaku ini terjadi terutama ketika konsumen membeli produk yang mahal. Dalam transaksi langka ini, konsumen sangat terlibat dalam keputusan pembelian. Konsumen akan meneliti secara menyeluruh sebelum berkomitmen untuk berinvestasi. Perilaku konsumen sangat berbeda ketika membeli produk yang mahal atau produk yang asing baginya. Ketika risiko membeli produk sangat tinggi, konsumen akan berkonsultasi dengan teman, keluarga dan ahli sebelum membuat keputusan.


2. Disonansi - Mengurangi Perilaku Membeli (Dissonance - Reducing Buying Behavior) 
Dalam hal ini, keterlibatan konsumen sangat tinggi. Hal ini mungkin disebabkan oleh harga yang tinggi dan pembelian yang jarang dilakukan. Selain itu, ada ketersediaan pilihan yang rendah dengan perbedaan yang tidak terlalu signifikan di antara merek-merek. Pada tipe ini, konsumen membeli produk yang mudah didapatkan.


3. Perilaku Membeli yang Biasa (Habitual Buying Behavior) 
Perilaku konsumen ini digambarkan ketika konsumen memiliki keterlibatan yang rendah dalam pengambilan keputusan membeli. Dalam hal ini, konsumen hanya melihat sedikit perbedaan yang signifikan antar merek. Ketika konsumen membeli produk yang mereka gunakan untuk rutinitas sehari-hari, mereka membeli merek favorit mereka atau merek yang mereka gunakan secara teratur - atau merek yang harganya paling murah.


4. Perilaku Membeli yang Mencari Variasi (Variety Seeking Buying Behavior)
Pada kondisi ini, keterlibatan konsumen rendah. Ada perbedaan yang signifikan antara merek. Di sini konsumen sering melakukan banyak perubahan merek. Biaya beralih ke produk rendah, dan oleh karena itu konsumen mungkin ingin mencoba produk baru hanya karena rasa ingin tahu atau bosan. Konsumen di sini, umumnya membeli produk yang berbeda bukan karena kepuasan tetapi terutama dengan dorongan untuk mencari variasi.

Perilaku konsumen merupakan aspek penting dalam dunia bisnis dan pemasaran. Untuk mencapai keberhasilan dalam meraih dan mempertahankan konsumen, perlu dipahami berbagai jenis perilaku yang mungkin muncul dalam proses pembelian.

Pemahaman tentang berbagai jenis perilaku konsumen membantu perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang efektif. Mengenali dan menghargai preferensi serta kebutuhan konsumen dalam berbagai jenis perilaku tersebut dapat meningkatkan kepuasan konsumen, membangun loyalitas, dan meningkatkan kesuksesan bisnis secara keseluruhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun