Keindahan alam dan keramahan bangsa Indonesia telah lama dikenal oleh dunia. Namun masih saja banyak anak negeri yang lebih mengagungkan kehebatan negeri seberang. Lalu bagaimana membuat kreasi foto dan karya tulis yang inspiratif dari sebuah perjalanan penuh inspirasi?
Menurut Sandy Wijaya (TravelPhotographer) yang telah mengelilingi lebih dari 59 negara ini, masyarakat lokal di tanah air sangat senang ngopi & ngerumpi. Maka kita dapat terbantu untuk melakukan ice-breaking, untuk mengenalkan diri dan mendapatkan kepercayaan untuk dapat diterima dengan baik dalam lingkungan mereka.
Seorang travelphotographer harus harus terlebih dahulu melakukan pengamatan (observasi / riset) lebih dalam terlebih dahulu, terutama melalui internet sebagai salah satu sumber utama. Ada begitu banyak bahasa, cerita rakyat, adat istiadat, keyakinan. Semua itu bersifat abstrak dan dibutuhkan perspektif seorang fotografer dalam membangun "Jiwa" dalam sebuah karya foto. 'Spirit of place' merupakan sebuah esensi dari karya foto perjalanan yang berhasil.
Artikel feature sering diartikan sebagai tulisan khas media massa, berbentuk non-fiksi dengan mengedepankan karakter dan sisi humanis yang kuat. M. Arief Rachman (TravelBlogger) menyatakan bahwa feature itu didapat dari hasil peliputan, yang segala informasinya diharapkan akan mendidik, menghibur, serta menggugah empati pembaca.
Feature akan memiliki perbedaan dengan berita dan artikel. Berita akan mengedepankan fakta dan daya aktual tanpa disertai opini apapun. Sementara artikel berdasarkan data & fakta (belum tentu peristiwa faktual), yang disertai analisis dan opini dari penulis. Karakter dari tulisan feature adalah kreatif, ringan dibaca, informatif, menghibur dan penyampaian kata-kata yang ditulis sangat subyektif. Ada berbagai jenis tulisan feature, antara lain berita, tips, biografi, sejarah, alam & seisinya, politik sosial & budaya, serta catatan sebuah perjalanan. Namun tidak akan berfokus pada segi permasalahannya, tapi akan menekankan sisi manusia, hewan, tumbuhan maupun alamnya.
Selain sesi berbagi pengalaman dari perjalanan inspiratif kedua pecinta travelling ini, turut pula hadir Yulian Warman (Head of Public Relation PT Astra International Tbk), Arietta Adrianti (Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Astra - Michael Dharmawan Rusli), Henry C Widjaja (Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra), membagikan pengalaman inspirasi perjalanan 60 tahun Astra.
Perjalanan 60 Tahun Astra, menurut Yulian Warman, kini telah menjadi pohon rindang nan lebat bagi lebih dari 210 ribu karyawan & 200 anak usaha dalam tujuh lini bisnis, serta ventura bersama & perusahaan asosiasi, sembilan yayasan. Filosofi Catur Dharma Astra, menjadi landasan dalam sejahtera bersama bangsa dengan memberikan nilai terbaik kepada para pemangku kepentingan.
Ada empat pilar tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yaitu Astra untuk Indonesia Cerdas, Astra untuk Indonesia Kreatif, Astra untuk Indonesia Hijau, dan Astra untuk Indonesia Sehat. Kontribusi ini akan memperbaiki kualitas kehidupan komunitas sekitar Instalasi Astra, seperti pendidika, kesehatan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, serta upaya pelestarian lingkungan. Dimanapun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi lingkungan sekitarnya. Ini sejalan dengan butir pertama Catur Dharma Astra, yaitu Menjadi Milik yang Bermanfaat Bagi Bangsa & Negara.
Arietta Adrianti mengatakan bahwa Yayasan Pendidikan Astra - Michael Dharmawan Rusli (YPA-MDR) telah berperan aktif dalam membantu pembinaan sekolah di daerah  pra-sejahtera. Hal ini menyasar wilayah yang nilai indeks pembangunan manusia (IPM) dikategorikan masih rendah. YPA-MDR turut pula membangun kompetensi sumber daya manusia seperti murid, guru, kepala sekolah dan masyarakat sekitar sekolah.
Ada empat pilar pembinaan yaitu pilar akademik, karakter, kecakapan hidup, serta seni budaya.
Sementara itu Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) telah mengembangkan 9 sektor unggulan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang menyebar di beberapa Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) dalam naungan YDBA. Industri Kecil Menengah (IKM) Henry C Widjaja menyatakan bahwa UMKM mitra YDBA memiliki semangat ber-kaizen (continuous improvement) dengan mentalitas quality control circle (QCC). Kini YDBA telah meluncurkan kanal ekosistem digital HebatnyaUKM, dalam upaya membantu UMKM dapat berkiprah di pasar global melalui ranah digital.
LFA - APA 2017 akan berlangsung mulai 23 Agustus hingga 31 Desember 2017, yang menghadirkan tema "Perjalanan Penuh Inspirasi". Yuk berbagi inspirasi perjalanan dalam memotret keindahan alam negeri sendiri!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H