Mohon tunggu...
Uul Rohmatul Hasanah
Uul Rohmatul Hasanah Mohon Tunggu... -

aku mengagumi rembulan, api dan hujan

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Secerca Tinta Harapan

4 November 2013   12:39 Diperbarui: 24 Juni 2015   05:36 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Huh, hari ini bener-bener aneh mulai gue yang telat pergi ke sekolah, kelupaan ngerjain tugas pelajaran favorit gue (fisika), and yang paling aneh tiba-tiba cowok yang keliatan sinis tuh ngasih coklat ke gue, darimana dia tau kalo gue suka ama coklat? terus.. cuacanya juga aneh, habis mendung, cerah, panaz, hujan, cerah lagi, hujan lagi,,, aduh.. poko’nya hari ini mbulet aja kaya’ benang wol kalo gue yang nenun,, so pasti mbulet, oh iya ada satu lagi yang ketinggalan, itu-tuh tadi yang gue bilang cowok sinis plus aneh itu ngasih buku diarynya ke gue, hem,, loe-loe gak bakalan percaya kan?? mana ada orang yang rela catatan hariannya di baca ma orang lain, tapi… sayangnya gue gak bakalan ngerti apa tulisan di dalam buku itu karena catatannya make’ bahasa inggris,, hem,, kalo gini gue jadi inget tuh bagaimana gue bisa terperangkap di pondok pesantren Nurul Huda Kediri ini and sejak sebulan yang lalu gue harus pindah ke SMAN 2 Kediri yang sekarang jadi sekolah gue,, itu semua hukuman dari bokap gue gara-gara pas liburan kenaikan kelas 3 gue les alias kursus bahasa inggris, and itu adalah hal yang paling menakutkan bagi gue, denger-denger kan kalo kursus di Pare tuh 2-3 bulan kursus udah pinter banget ma bahasa inggris kaya’ temen sekalas gue yang kursus tahun lalu di tempat kursus yang sama ma gue, tapi ganasnya, gue di suruh buat puisi bahasa inggris, oh my god jangankan bikin puisi pake’ bahasa inggris, nyusun katanya aja udah repot terus biasanya ada kata yang harus di bolak-balik,aduh,, bikin gue stress, and solusi paling mantap gue kabur sama temen gue yang juga tetangga gue di Surabaya ke alun-alun kota Kediri saat malam minggu, and ternyata hal itu ketahuan bokap, gue gak boleh balik ke Surabaya and hukumannya gue harus nayangkut di pondok ini and harus sekolah disini, pake’ jilbab and rok panjang, aduh.. bikin gue hampir mampus, tapi untung aja gak sampe’ gitu, hihihi

“Rose..??” seseorang memanggil gue and gue pun menoleh ke sumber suara, ternyata si vian, yupz tepat banget cowok yang kemaren ngasih buku diary and coklat ke gue “eh loe, emang ada apa’an?” jawab gue sok jual mahal “gimana loe udah nulis harian loe ke buku gue make’ bahasa inggris kan?ucapnya terang “hah..??” gue melongo’ “jadi loe ngasih buku tuh ke gue dengan maksud loe nyuruh gue nulis harian gue ke buku diary loe?” Tanya gue makin bingung “yupz,,biar loe gak bego’-bego’ amat ma bahasa inggris masa’ namanya ja sok inggris orangnya bego’ ama bahasa inggris” ucapnya nyolot  plus nyengir dan langsung pergi begitu aja “kurang ajar banget tuh anak, baru kali ne ada anak apalagi cowok yang menghina gue terang-terangan di depan muka gue, tapi kalo di pikir-pikir emang gue bego’ sih ma bahasa inggris, huh.. sebel,sebel, ingat Rose.. dulu di SMAN Surabaya loe slalu jadi peringkat 1 di kelas IPA meskipun slalu nyontek si Rina saat ujian bahasa ingris “jelas aja si Rina kan kaya’ kamus hidup”, masa’ loe pindah ke sini malah jadi bahan ejekan cowok gak penting kaya’ dia, yupz.. gue gak akan ngebiarin cowok nyebelin tuh ngatain gue mentah-mentah kaya’ tadi” ucap gue dalam hati berusaha memadamin emosi yang bekobar di ujung kepala gue.

Sejak saat itu gue akrab ama vian ya meskipun dia cowok yang aneh, dia cowok pendiem, blak-blak_an and dia juga sering nraktir gue hanya gara-gara dia kalah taruhan nilai ulangan pelajaran exact. Tapi, kalo waktunya ulangan pelajaran bahasa inggris tetap aja gue yang harus nraktir dia makan sepuasnya di kantin sekolah gara-gara nilai dia lebih tinggi dari gue, meski dengan berat hati gue harus tetap akuin kalo dia buat semangat gue hidup and yang terpenting dia selalu mendukung gue untuk terus berusaha supaya gue bisa berbahas inggris dengan baik and bener, tak hanya itu di pondok pesantren gue, ada Madrasah Diniyah yang pelajarannya sangat-sangat asing bagi gue kaya’: fiqih,quran-hadist,tafsir and pelajaran-pelajaran agama yang lain, and dalam pelajaran tafsir  harus mengartikan bahasa arab ke bahasa jawa alias pego, jangankan pake’ pego nulis arab aja morat-marit, and gak nyangka si vian yang sering gue panggil Tom itu bisa bahkan jago banget lo,hem,,, nama itu gue ambil dari nama depannya “Tommy Alviansyah” and gue baru tau kalo dia adalah anak pindahan kelas 2 dari MA MA’ARIF 7 SUNAN DRAJAT dia lulusan SMP disana katanya sih MA yang juga dalam lembaga PONPES tuh letaknya di kabupaten Lamongan sebelah pantura, ya lebih spesifiknya lagi gue kurang tau, dia ngajarin gue hal-hal yang gue gak tau sama sekali, dia jadi guru plus sahabat gue yang selalu mendukung gue untuk semangat dalam belajar.

“happy birthday to you…happy birthday to you..” nyanyian itu tiba” terdengar saat gue masuk ke ruang kelas and yang berdiri di depan gue sekarang yakni Vian alias Tom yang selalu marah saat gue manggil dia Tom, katanya sih nama itu adalah tokoh kucing yang nakal and nyebelin dalam kartun Tom & Jerry, and sekarang gue terpaksa harus niup lilin diatas kue tar yang berangka 17 di depan kelas dengan di perhatikan anak-anak sekelas yang juga ikut bernyanyi untuk gue, “nih buat loe, and selamat menjadi cewek 17 tahun” ucapnya dengan tersenyum, “aduh pasti muka gue memerah saat nih” gerutu gue dalam hati. Gue langsung membuka bungkusan kado dari Tom sepulang sekolah di kamar asrama gue, dia ngasih gue sebuah sapu tangan and coklat disitu juga ada sebuah kartu ucapan selamat ulang tahun and pesan “don’t be cry again” pesan itu mengingatkan gue akan kejadian 2 minggu yang lalu, gue harus pulang ke Surabaya karena mamy gue harus ninggalin gue untuk selamanya, beliau mengalami kecelakaan saat berada di Singapore untuk menghadiri acara pernikahan anak sahabatnya, gue sangat terpukul akan kejadian itu, saat di rumah gue hanya menangis dan menangis,, gue gak nyangka ternyata Tom juga ada di rumah gue saat itu, darimana dia tau akan kiamat yang menerpa keluarga gue? And dari mana dia tau letak rumah gue di Surabaya? ah.. gak penting, sejak tragedi itu gue emang sering murung and mungkin udah stress, gue inget akan harapan mamy gue, dulu saat dia ngunjungin gue ke Pondok Pesantren and tau kalo gue udah mampu beradaptasi and seneng tinggal disini beliau bilang kalo beliau pengen putrinya menghafal al-quran and kuliah di bidang agama islam, namun gue justru menolaknya mentah-mentah dengan nada marah, karena cita-cita gue sejak kecil adalah dokter, and gue gak bisa ngelepas cita-cita itu begitu aja, and itu adalah alasan gue kenapa gue selalu tekun dalam belajar di bidang exact khususnya biologi yang juga jadi pelajaran favorit gue setelah fisika, gue gak rela cita-cita gue harus kandas ditengah jalan setengah tahun sebelum gue masuk ke perguruan tinggi meskipun itu adalah impian dari mamy gue sendiri, ya,, itu pendirian gue beberapa bulan yang lalu ketika mamy gue masih hidup and sekarang… sekarang… tiba-tiba air mata gue mengalir begitu saja, apa mamy gue bisa bahagia ketika putri kesayangannya selalu bersikokoh dalam egonya sendiri meskipun dalam urusan masa depan? “Semua orang tua selalu ingin anaknya bahagia and tak ada orang tua yang ingin melempar anaknya ke dalam jurang” itu kalimat terakhir dari mamy saat ia memintaku untuk mengahafal al-quran ketika gue lulus. Sejak mamy gue pergi and sampe’ detik ini gue selalu memikirkan tentang cita-cita gue and harapan orang tua gue, mana yang harus gue pilih?? Gue bingung, and gue takut, gue ingat saat gue belajar  quran hadist, ada hadist nabi yang menerangkan bahwa “ketika orang tua meridhoi kita maka Allah juga akan meridhoi kita dalam hal apapun”

>><<

Hari yang mendebarkan bagi gue sekaligus melegakan bagi gue, yupz ne adalah hari terakhir gue ujian nasional kelas 3 setelah melewati kehidupan gue selama kurang lebih setahun di Kediri, hidup di pesantren dengan ala kadarnya and kenal si Tom yang juga aneh, opz. Ne udah detik-detik terkhir gue bisa ketemu sama temen-temen gue si Linda yang jadi temen sekamar gue di pesantren, dia orang yang baik and setia kawan, dia juga jadi pertama kali orang yang gue kenal saat gue di pesantren, yang menghibur gue saat gue nangis karena gue gak betah and selalu pengen pulang, bahkan dia juga sering bantuin gue nyuci baju, karena saat hari-hari pertama gue mondok juga merupakan hari-hari pertama gue untuk nyuci baju sendiri, and gue gak bakalan ngelupain jasa-jasanya dalam hidup gue, si Ratna yang jadi teman sekelas sekaligus se asrama ma gue, dia juga pinter berbahasa arab and inggris, saat ada PR dari sekolah maupun Madrasah Diniyah gue selalu minta’ dia untuk ngajarin gue, and Dino, Silvi, Monic and yang terkhir adalah si Tom, orang yang super duper aneh, aneh,aneh,aneh…! hahaha gue serasa pengen ketawa terus kalo menceritakan tentang dia, cowok yang sering ngajak gue taruhan dalam hal nilai ulangan maupun rangking, and gue masih punya 1 taruhan ma dia yakni siapa yang akan jadi lulusan terbaik di SMAN Kediri periode 2003/2004 so pazti gue kan??hahaha”ucap gue dalam hati dengan berjuta ke PD an” “jenn…” tiba-tiba ada yang menepuk bahu and memanggil gue dengan sebutan “Jenn” what? Siapa yang dia maksud jenn? Hal itu sekaligus melenyapkan bayangan-bayangan gue tentang teman-teman gue “ah loe vian, eh vian, Tom aja deh, loe emang kaya’ kucing ko’” ucap gue nyolot “kalo gue kucing berarti loe tikus nya. Jerry..?hahaha” balas Tom yang semakin bikin gue marah “trus maksud loe manggil gue Jenn tuh apa’an? Nama gue kan Rose Diandra mana ada nama Jenn disitu? tanya gue penasaran “hahaha kamu kan selalu manggil aku Tom jadi aku manggil kamu Jerry nah biar gak keliatan terlalu katrok jadi di bulatkan jadi Jenn. yupz Jenny, hehe gimana? Terangnya sambil nyengir “ah, apa’an tuh masak nama bagus-bagus loe panggil Jen? Jenny.. trz berarti tikus lagi, ogah ah..” “ya itu sih masalah kamu yang penting mulai sekarang aku akan terus manggil kamu dengan sebutan itu” ucap Tom lalu pergi and hilang dari hadapan gue” ya terserahlah, tapi lebih untung gue kan dalam tokoh kartun Tom and Jerry tuh, katanya si Jerry yang selalu menang dalam hal apapun” ucap gue dalam hati berusaha menerima apapun keputusan Tom.

>><<

“sekarang adalah saat yang kita tunggu-tunggu.. yakni mengumumkan siapa yang menjadi siswa ataupun siswi lulusan terbaik di SMAN Kediri di tahun pelajaran 2003/2004 ini adalah…..” suara pak Burhan yang juga jadi MC di acara wisuda  gue itu membuat detak jantung gue berdetak sangat cepat, gue harap nama gue yang akan disebutnya “ Tommy Alviansyah.. kita beri oplos yang meriah bagi siswa berprestasi ini” tepuk tangan para siswa-siswi and wali muridpun semakin meriah saat si Tom melangkahkan kakinya menaiki mimbar aula sekolah “ah. Sial banget,, tapi ya udahlah emang dia pantes ko’ dapetin semua itu, selamat Tom..” ucap gue dalam hati sambil terus memperhatikan  Tom yang terus tersenyum setelah menerima piagam dan piala penghargaan itu. Kau menang tom dan gue,, eh maksudnya aku, aku yang kalah,, yupz,, seperti perminta’an kamu kalo aku kalah di taruhan terakhir kita kata-kata gue akan di ganti dengan aku and kata-kata loe akan di ganti dengan kamu. aku kalah and kamu menang Tom,,,

Dan seseorang pun menang dalam perasaannya, selama ini aku merasa seseorang mencintaiku dengan sepenuh hatinya, tak peduli bagaimana menyebalkannya aku, tak peduli bagaimana banyaknya kekuranganku, tak peduli bagaimana pendapatku tentang dirinya, namun ia terus menghujaniku dengan cinta, tak satu pun ia mengatakan ia menyayangiku, ia mencintaiku, namun sejak beberapa waktu lalu aku sendiri yang telah merasakannya dari ujung kepala hingga ujung kakiku, ya..mungkin terlalu GR atau PD jika aku bilang ia pun telah mencintaiku,dan ia menang karena ia telah mampu mengendalikan perasaanya, “seseorang telah menang ketika ia mampu mengendalikan kemarahannya”, dan ia lebih dari itu karena ia mampu mengendalikan cintanya…

Tujuh tahun lagi aku ingin ia menemuiku di depan auditorium ini.. jika ia benar-benar datang berarti yang selama ini kurasakan begitu benar adanya.

“Tom,,, ketika kau baca semua ini kelak kau akan tersenyum atau justru sebaliknya kau akan menangis.. kisah kita tersimpan rapi di buku diarymu, kisah kita di goreskan oleh pena-pena yang kan terus and senantiasa berdoa sesuai kalimat-kalimat yang merangkai mereka” Vian membaca rangkaian kata itu di penghujung halaman buku diary dimana mereka mencurahkan semua penat hati yang mereka lalui saat masa-masa SMA di Kediri dengan menulis catatan harian mereka dalam satu buku secara bergantian, kini 7 tahun telah berlalu tanpa tatapan mata keduanya, lantas vianpun beranjak untuk bangun dari tempatnya menyandarkan tubuh di tiang serambi auditorium tempat dimana 7 tahun lalu ia menerima penghargaan sebagai siswa lulusan terbaik tahun pelajaran 2003/2004 silam, namun sesuatu terjatuh dari ratusan lembar diary biru yang tengah dipegangnya, lantas ia pun memungutnya, dan ia sangat terkejut ketika menyadari jika lembaran kertas yang terjatuh itu adalah bekas bungkusan coklat dari Vian yang ia berikan ke Rose saat ia berulang tahun ke 17, matanya terus menatap sejejer kaliamat yang terangkai apik di bungkusan coklat itu, dan ia membaca…

20 septembaer 2004

“gue pengen menulis novel yang menceritakan tentang kisah kita”

“gue pengen pergi ke Paris and melihat menara Effel dengan ke dua bola mata gue sendiri”

“hari ini tiba-tiba gue pengen memenuhin keinginan mamy gue untuk menghafal al-quran”

“and gue pengen suatu saat nanti gue bisa ketemu sama si Tom yang nyebelin itu lagi”

“Thank my God”

Vian tertegun membaca cercaan harapan Rose, dan dengan tak disadari air matanya telah membelah pipinya, air mata kerinduan kepada orang yang amat di kasihinya “Rose, kau benar aku memang menang dalam perasaanku, aku menang bisa mengendalikannya sebegitu lama, aku menang karena mampu menahannya, tapi…” suara lirihnya padam tersapu air mata yang terus mengalir dari pelupuk matanya “aku telah kalah, semua yang kau tulis benar, semua harapan dari sederet kalimat-kalimat yang kau rangkai telah menjadi kenyataan, tapi aku tetap kalah, karena dari kemenanganku aku tak mempunyai waktu, karena Allah lebih dulu memanggilmu sebelum ku berani mengakui dan mengungkapkan perasaanku kepadamu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun