Mohon tunggu...
Jennifer Setiawan
Jennifer Setiawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Tarumanagara 2018

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Strategi-strategi Perencanaan Produk yang Baik

6 Juni 2021   09:12 Diperbarui: 6 Juni 2021   09:30 468
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebelum lebih memperdalam apa saja tahapan perencanaan produk (product planning). Perencanaan produk sendiri adalah proses menciptakan ide produk serta menindaklanjuti sampai produk diperkenalkan ke pasar. Walaupun perusahaan telah mempunyai perencanaan produk, perusahaan harus tetap membuat strategi cadangan apabila produk gagal dalam pemasarannya. Termasuk diantaranya ekstensi produk atau perbaikan, distribusi, perubahan harga dan promosi.

Perusahaan harus mampu mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, kemudian perusahaan harus cepat menciptakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan biaya yang rendah. Dalam hal ini banyak sekali fungsi yang dilibatkan di dalam perusahaan selain bagian pemasaran, bagian manufaktur, atau bagian desain.

Jika perencanaan produk adalah bagian yang tidak pernah berakhir dari manajemen produk. Jika itu harus dijalin ke dalam semua yang kita lakukan sebagai manajer produk untuk membantu kita mengembangkan produk dengan sukses, lalu seperti apa seharusnya porsi perencanaan produk dari peran kita? Bagaimana seharusnya kita menjadwalkan perencanaan produk? Siapa yang harus kita libatkan, dan kapan? Mari kita lebih mengenal strategi-strategi untuk perencanaan produk yang baik.

1. Ciptakan budaya organisasi yang memandang perencanaan produk sebagai proses yang berkelanjutan.

Bagi sebagian besar perusahaan, ini akan membutuhkan perubahan besar dalam pemikiran, tetapi akan sepadan dengan usaha. Kita tidak ingin mengubah misi inti kita setiap minggu, tentu saja. Tetapi kita juga tidak boleh merasa terikat pada serangkaian rencana strategis yang dihasilkan dari satu pertemuan beberapa bulan sebelumnya hanya karena kita menyebutnya sebagai "rapat perencanaan produk" dan semua orang menyetujui keputusan tersebut saat itu. Ketika kita dapat meyakinkan tim inti kita, pemangku kepentingan kita, dan organisasi kita secara umum bahwa perencanaan produk harus berkelanjutan dan harus membiarkan kemampuan untuk mengubah arah atau prioritas terbuka ketika fakta menuntutnya, kita pada akhirnya akan berada dalam posisi yang jauh lebih baik untuk memberikan lebih banyak produk yang sukses.

2. Tetapkan budaya komunikasi yang sering selama proses pengembangan produk.

Jika ingin mendorong organisasi untuk menyesuaikan pemikirannya dan memahami bahwa perencanaan produk mungkin memerlukan perubahan prioritas ketika realitas strategis menuntutnya, kita akan ingin berkomunikasi lebih sering dengan tim  dan juga untuk mendorong lebih banyak komunikasi dari mereka.

Karena keputusan tahap awal tidak ditentukan, mungkin membuat perubahan pada rencana di berbagai tahap selama proses berlangsung. Dan karena tim kita sekarang tahu bahwa mereka dapat menyarankan perubahan juga jika mereka memiliki data atau wawasan untuk mendukungnya, mereka mungkin juga ingin mengusulkan pembaruan pada rencana strategis. Karena alasan ini, kita akan ingin berkomunikasi lebih sering di seluruh organisasi untuk memastikan semua orang tahu tentang pembaruan atau penambahan apa pun pada rencana.

3. Ringkas penelitian dengan kesimpulan dan kesimpulan utama

Sebagai manajer produk, ketika ingin menyarankan rencana atau sasaran strategis untuk produk atau mengusulkan perubahan strategis sebagai bagian dari perencanaan produk berkelanjutan yang sedang kita diskusikan, sebaiknya mencadangkan perubahan tersebut dengan data. Tapi itu tidak berarti hanya membuang banyak penelitian ke tim dan mengharapkan mereka menemukan kesimpulan sendiri.

Manajer produk yang baik akan meringkas data dan menyajikan apa yang menjadi lembar teratas yang dengan jelas dan cepat menunjukkan dukungan untuk ide. Lembar teratas ini mungkin merupakan poin data yang ditarik dari laporan industri yang relevan. Mungkin beberapa kutipan kunci dari pelanggan, diambil dari survei atau wawancara yang dilakukan. Intinya jika ingin menarik informasi yang relevan dari penelitian yang membantu menyampaikan maksud tanpa membuat pemangku kepentingan dan tim menyaring data mentah dan menemukannya sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun