Mohon tunggu...
Jenner Mahardika Hutabarat
Jenner Mahardika Hutabarat Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa IAKN TARUTUNG

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

"Menembus Batas Imajinasi: Perjalanan Mahasiswa Semester 3 Membangun VR Karton pada mata kuliah Teknologi Informasi dan Literasi"

17 Desember 2024   11:30 Diperbarui: 17 Desember 2024   11:30 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tarutung 17 Desember 2024,Dalam era digital yang terus berkembang, inovasi di bidang teknologi pendidikan semakin penting. Mahasiswa semester 3 dari INSTITUT AGAMA KRISTEN NEGERI TARUTUNG (IAKN) dari jurusan Pendidikan Agama Kristen(PAK) mengambil langkah berani dengan mengembangkan proyek Virtual Reality (VR) berbasis karton. Di bawah bimbingan Dosen Pengampu, Dr. Sandy Ariawan, S.M.G., S.Pd.K., M.A., M.Pd.K.,proyek ini tidak hanya menghadirkan pengalaman interaktif yang menarik, tetapi juga menunjukkan bagaimana bahan sederhana dapat digunakan untuk menciptakan teknologi yang kompleks.

K

Proses pembuatan VR karton dimulai dengan riset mendalam mengenai teknologi VR dan desain yang ramah pengguna. Dengan arahan dari Dr. Sandy Ariawan, S.M.G., S.Pd.K., M.A., M.Pd.K.,mahasiswa bekerja dalam tim, membagi tugas antara perancangan, pengkodean, dan pengujian. Menggunakan karton sebagai bahan utama, mereka berhasil menciptakan perangkat VR yang dapat diproduksi dengan biaya rendah, menjadikannya aksesibel bagi banyak orang.

Keterangan:Dr. Sandy Ariawan mendampingi mahasiswa dalam proses pembuatan VR
Keterangan:Dr. Sandy Ariawan mendampingi mahasiswa dalam proses pembuatan VR

Proyek ini juga melibatkan kolaborasi dengan dosen dan mahasiswa , yang memberikan wawasan berharga mengenai tren terkini dalam teknologi VR. Bimbingan Bapak Sandy Aryawan dalam mengintegrasikan teori dan praktik sangat membantu mahasiswa dalam memahami pentingnya desain dan pengalaman pengguna. Hasilnya adalah sebuah prototipe yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi, mulai dari pendidikan hingga hiburan.

 

Setelah beberapa minggu berkerja keras, mahasiswa mempresentasikan hasil proyek mereka dalam sebuah acara yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa.Antusiasme dan respons positif dari para mahasiswa menunjukkan bahwa proyek VR karton ini memiliki potensi untuk berkembang lebih jauh. Inovasi ini tidak hanya menampilkan keterampilan mahasiswa, tetapi juga membuka peluang baru dalam pengembangan teknologi pendidikan, berkat bimbingan yang diberikan oleh Dr. Sandy Ariawan, S.M.G., S.Pd.K., M.A., M.Pd.K.

Keterangan:Mahasiswa mempraktikan VR
Keterangan:Mahasiswa mempraktikan VR

Perjalanan mahasiswa semester 3 dalam membangun VR karton adalah contoh nyata bagaimana kreativitas dan kolaborasi dapat mengubah ide sederhana menjadi inovasi yang mengesankan. Proyek ini tidak hanya menembus batas imajinasi, tetapi juga memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk terus mengeksplorasi dan menciptakan solusi inovatif dalam dunia teknologi. Dengan semangat yang sama, mereka siap menghadapi tantangan masa depan dan berkontribusi pada kemajuan teknologi yang lebih inklusif, berkat dukungan dari Dr. Sandy Ariawan. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun