Catatan modul perkuliahan komunikasi ketika menjadi dosen STIEBI Jakarta Selatan 2012, semoga bermanfaat.
Masalah-Masalah Dalam Komunikasi
- Masalah dalam menafsirkan pesan
- Kondisi ekonomi, budaya, temperamen, agama
- Perbedaan penafsiran
- Perbedaan latar belakang budaya
- Perbedaan reaksi emosional
Ciri-ciri Komunikasi yang Efektif
- Persepsi: komunikator dapat memprediksi apakah pesan-pesan yang disampaikan  dapat diterima atau tidak.
- Ketepatan: mengekspresikan sesuai dengan kerangka berpikir audiens
- Kredibilitas: komunikator harus dapat memahami dengan baik apa maksud dan tujuan penyampaian pesan
- Pengendalian:reaksi audiens bergantung pada kepiawaian komunikator dalam mengendalikan audiens
- Keharmonisan:komunikator menghormati dan memberikan kesan yang baik kepada audiens
TIPS: mengatasi hambatan komunikasi
- Membuat pesan lebih hati-hati
- Perhatikan maksud dan tujuan
- Gunakan bahasa yang jelas, sederhana, mudah dipahami dan tidak bertele-tele
- Penekanan pada pesan yang penting
- Menelaah kembali pesan yang akan diberikan
- Minimalisir gangguan proses komunikasi, lokasi penyampaian pesan teratur, rapi, nyaman dan sejuk
- Mempermudah umpan balik dengan tatap muka, Telpon,Surat
ORGANISASI adalah Sekelompok masyarakat yang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
sedangkanÂ
Komunikasi adalah perekat yang memungkinkan kelompok masyarakat tersebut secara bersama-sama melakukan fungsinya dengan baik
Keterangan:
1. Peran Antar Pribadi
- Tokoh Figur  : perwakilan organisasi, yang dituakan pada acara formal maupun informal
- Pemimpin          :Do the right things, motivasi, stability and control
- Penghubung  :Mediator kepada pelanggan, pemasok, klien dan pemerintah
2. Peran Informasional
- Monitoring:Mengawasi bawahan agar sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan
- Penyebar Informasi:menyampaikan informasi secara menyeluruh agar karyawan dapat memahami dengan baik berbagai kebijakan
- Peran juru bicara:menyampaikan kebijakan-kebijakan penting organisasi baik kepada internal maupun eksternal
3. Peran Pengambil Keputusan
- Wirausaha:peran sebagai wirausahawan yang jujur, dinamis, ulet, kreatif, inovatif, responsif, bertanggung jawab, risk taker dan wawasan yang luas.
- Pemecah masalah:kemampuan mengatasi masalah dalam pekerjaan
- Peng-alokasi sumberdaya:mengoptimalkan sumberdaya
- Negosiator:negosiator dengan pihak eksternal maupun internal
Kegiatan Pertukaran Informasi
1. Menetapkan tujuan organisasi pada aspek finansial, mutu produk / layanan, kepuasan karyawan
2. Membuat dan melaksanakan keputusan yang mendukung terlaksananya tujuan
3. Mengukur prestasi kerja dengan tolak ukur biaya, penjualan, market share, produktifitas, tingkat persediaan
4. Merekrut dan mengembangkan staf
5. Pelayanan pelanggan
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!