Berbicara tentang kesetaraan gender berarti berkaitan dengan relasi yang sejajar antara laki-laki dan perempuan, terkhusus dalam hal perlakuan, akses dan kesempatan di berbagai bidang kehidupan.Â
Contoh nyata yang bisa kita lihat saat ini adalah belum ada kesetaraan gender dan adanya pembatasan untuk memasuki bidang-bidang tertentu baik bagi perempuan maupun laki-laki.Â
Tidak jarang kita memandang dengan sebelah mata laki-laki yang bergelut di bidang tata boga dan begitu juga dengan perempuan yang memiliki minat pada bidang otomotif atau pertambangan.
Sampai saat ini sring kita temui bahwa diskriminasi terhadap perempuan merupakan masalah yang kerapkali terjadi di seluruh lapisan kelompok masyarakat, bahkan di sebagian besar belahan dunia sekalipun.Â
Alasan hal ini masih terjadi sampai saat ini dikarenakan masyarakat belum mmampu melepaskan diri dari budaya patriarkhis yang selama ribuan tahun  menjerat dan memaksa perempuan berada dibawah kekuasaan laki-laki.
Dalam dunia pendidikan bukan tanpa sebab perempuan sangat penting, karean perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam peningkatan kualitas generasi muda.Â
Sesuai dengan harkat, martabat dan kodratnya, kaum perempuan mempunyai peran dalam membentuk, menentukan dan memberi warna terhadap kualitas bangsa.Â
Namun yang sering terjadi adalah gerakperempuan dibatasi karena perspektif ynag kurang adil dalam mendudukkannya sebagaimana semestinya termasuk dalam hal pendidikan.
Dalam upaya memajukan kesetaraan gender, pendidikan perlu memenuhi dasar yang dimilikinya, yakni menghantarkan setiap individu mendapatkan pendidikan baik sehingga bisa disebut pendidikan berbasis kesetaraan. Untuk melihat kesetaraan gender dalam pendidikan bisa dilihat dari beberapa ciri-ciri dibawah ini antara lain:
- Perlakuan dan kesempatan yang sama dalam pendidikan pada setiap jenis kelamin dan tingkat ekonomi, sosial, politik, agama dan lokasi geografis publik. Dalam konteks ini sistem pendidikan, tidak boleh melakukan tebang pilih terhadap  kondisi masyarakat, terutama dari segi jenis manusia, yaitu laki-laki dan perempuan
- Adanya pemerataan pendidikan yang tidak mengalami bias gender. Dunia pendidikan, sistem dan SDM di dalamnya harus memiliki kesadaran bahwa semua manusia layak mendapatkan pendidikan, baik laki-laki maupun perempuan. Dengan bagitu, maka hal-hal yang bersifat bias gender dapat diminimalisasikan
- Memberikan mata pelajaran yang sesuai dengan bakat dan minat setiap individu.Para pengambil kebijakan di dunia pendidikan perlu memiliki kesadaran bahwa setiap individu memiliki minat dan bakat dalam menjalani aktivitas pembelajan di kelas. Dengan minat dan bakat yang berbeda tersebut, setiap pendidik perlu menyediakan model dan pembelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki oleh setiap peserta didik, baik laki-laki maupun perempuan
- Pendidikan harus menyentuh kebutuhan dan relevan dengan tuntutan zaman
Adanya diskriminasi dalam kesempatan memperoleh pendidikan, seringkali kita melihat perempuan dinomorduakan dalam keluarga, terutama dalam hal memperoleh pendidikan.Â
Tidak jarang kita menemukan keluarga yang berusaha memberikan pendidikan tertinggi untuk anak laki-lakinya namun tidak demikian dengan anak perempuannya.Â