Mohon tunggu...
Jelia Megawati Heru
Jelia Megawati Heru Mohon Tunggu... -

Music Educator, lecturer, clinician, music advisor, pianist, and writer www.jeliaedu.blogspot.com www.piano-ensembles.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pendidikan Musik: "Kapan Anak Mulai Belajar Instrumen Musik?"

29 Agustus 2012   01:47 Diperbarui: 4 April 2017   16:23 3435
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Artikel Majalah STACCATO (edisi April 2012)

"Kapan Anak Mulai Belajar Instrumen?"

Oleh: Jelia Megawati Heru

http://jeliaedu.blogspot.com/2012/04/artikel-majalah-staccato-edisi-april.html

sumber: dokumen pribadi (Jelia Megawati Heru)

Sumber: Majalah STACCATO, edisi April 2012

"Apakah anak saya siap untuk mempelajari instrumen?" "Sebenarnya umur berapakah anak bisa mulai bermain instrumen?" Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang umumnya sering diajukan oleh setiap orang tua, ketika mereka ingin memasukkan anak mereka ke lembaga formal/kursus musik.

CHILD-LED Semuanya tergantung dari sang anak Tidak ada umur yang pasti yang bisa ditentukan, apakah anak Anda siap untuk mempelajari instrumen. Semuanya tergantung dari perkembangan, minat, dan bakat sang anak. Mempelajari instrumen 'terlalu dini' (*anak belum siap) dikhawatirkan akan  membuat anak putus/berhenti untuk bermain instrumen di tengah jalan, karena mereka memulai pelajaran formal terlalu awal pada usia dua dan tiga tahun. Umumnya anak akan mengalami kesulitan untuk menangkap materi yang diberikan, karena materi terlalu sulit dimengerti bagi anak usia dini. Mulailah pelajaran bermusik untuknya lebih awal hanya jika Anda mempunyai waktu dan energi untuk berlatih bersamanya setiap hari, dan pengamatan yang jelas untuk menghentikan kegiatan bila motivasinya menurun. Belajar membaca adalah pekerjaan yang berat; demikian pula belajar untuk memainkan alat musik. Melakukan keduanya sekaligus tidak menyisakan banyak waktu untuk bersenang-senang, relaksasi, atau menguasai ketrampilan sosial. Hal-hal yang dibutuhkan dalam mempelajari instrumen tahap awal:

  • Kesiapan perkembangan otot motorik halus: kontrol & koordinasi jari-jari dan tangan

- Mampu mengangkat masing-masing jari tangan tanpa rasa sakit dan cukup kuat untuk menekan tuts atau memetik senar - Jari-jari mempunyai ukuran yang cukup besar untuk membentuk posisi bermain instrumen. Misalnya: pada instrumen piano - jari-jari sudah berada dalam posisi lima jari, dimana setiap jari sudah berada tepat di masing-masing tuts piano (C D E F G)

- Pada instrumen tiup, sebaiknya anak memulai mempelajari instrumen ini, apabila anak mempunyai gigi tetap (karena tekanan udara dari meniup), badan yang cukup besar/kuat untuk menopang instrumen, mulut yang kuat, perkembangan otot bibir yang baik, dan kemampuan meniup yang baik pula

- Pada pelajaran vokal, lebih baik dimulai apabila anak telah mengalami perubahan suara (setelah proses puber). Karena  setelah perubahan suara tsb., otot-otot yang diperlukan dalam bernyanyi telah berkembang dengan sempurna dan siap untuk dilatih. Apabila latihan vokal tidak dilakukan dengan benar, maka dikhawatirkan pita suara dapat menjadi rusak. Sampai saatnya tiba, fokuskan anak untuk mempelajari instrumen lain yang akan mendukung pembelajaran vokal di masa yang akan datang.

  • Daya tangkap, perhatian, dan konsentrasi (minimal sekitar 10-15 menit)
  • Kesiapan kognitif (*Kognitif: mencakup semua hal yang berhubungan dengan penerimaan serta pemahaman informasi, yaitu pengetahuan, pengertian, pemahaman - logika & assosiasi)
  • Pengetahuan dasar berhitung (1234), membaca (ABCDEFG), dan menulis
  • Kesiapan sosial: mampu berinteraksi dengan orang lain, mampu menerima keberadaan orang lain, dan mengekspresikan dirinya (kontak mata, menjawab pertanyaan, mampu menerima instruksi, pujian, toleransi, menghadapi tantangan, dll.)

Setiap anak mempunyai perkembangan yang berbeda-beda - ada anak yang mempunyai perkembangan motorik halus yang luar biasa cepat pada usia 4 tahun; ada pula anak yang baru mempunyai perkembangan motorik halus yang baik pada usia 8-9 tahun. Perkembangan setiap anak sangat bervariasi, oleh karena itu sudah merupakan tanggung jawab orang tua untuk mengobservasi perkembangan anak dan menentukan apakah anak Anda siap untuk mempelajari instrumen.

Apabila anak belum mempunyai otot motorik halus yang cukup kuat, lebih baik tundalah dulu pelajaran instrumen anak untuk setahun ke depan.

Karena apabila dipaksakan, maka otot motorik halus anak dapat mengalami cidera, yang berujung pada posisi bermain yang salah. Kebiasaan yang buruk ini akan sulit diubah, karena telah berakar kuat dalam diri anak.

13462044441817099167
13462044441817099167
Sumber: dokumen pribadi (Jelia Megawati Heru) Berikut ini beberapa tips untuk mengetahui apakah anak Anda siap mempelajari instrumen atau tidak. 1. Watch & Learn
  • Observasi minat dan bakat anak dalam bidang musik
  • Apakah anak Anda musikal dan mencintai musik?
  • Apakah anak Anda suka menyanyi?
  • Bagaimana reaksi anak Anda ketika mendengar musik?
  • Apakah anak Anda cepat mengimitasi bunyi dan suara-suara di sekitarnya?

2. Komunikasikan ke anak tentang belajar instrumen!

  • Apakah dia tertarik untuk mempelajari instrumen?
  • Apa manfaat mempelajari instrumen?
  • Jelaskan dalam mempelajari instrumen dibutuhkan latihan dan komitmen! *Terutama pada anak berumur 7-8 tahun mulai bisa dituntut untuk bertanggung jawab atas pilihannya dan diberikan penjelasan mengenai konsekuensi latihan. Apakah anak bersedia untuk latihan?
  • Alat musik/instrumen manakah yang tertarik ingin dimainkan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun