Mohon tunggu...
Jeanny Octavia
Jeanny Octavia Mohon Tunggu... Desainer - Surabaya

Mahasiswa Desain Interior Universitas Kristen Petra Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

5 Tips Penataan Interior Ini Dapat Meningkatkan Produktivitas Anda Saat WFH (Work Form Home)

8 November 2020   11:25 Diperbarui: 8 November 2020   11:35 273
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source : www.thezoereport.com

Saat ini, dunia sedang dilanda pandemi Covid-19, termasuk juga di Indonesia. Pemerintah Indonesia pun memberikan kebijakan untuk mengurangi rantai penyebaran virus Covid-19. 

Salah satunya yaitu bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Namun, tidak sedikit masyarakat Indonesia yang merasa kurang nyaman bahkan merasa lebih melelahkan saat bekerja di rumah. 

Salah satu cara sederhana untuk meningkatkan kenyamanan dalam rumah adalah dengan menciptakan suasana rumah yang baik agar dapat memberikan energi postif. Jadi, yuk simak beberapa tips penataan interior rumah ini agar Anda tetap dapat produktif saat WFH.

1. Pilihlah Area Kerja yang Dekat dengan Jendela

Keberadaan jendela pada ruang kerja merupakan salah satu faktor penting untuk meningkatkan mood. Jendela pada ruang kerja tidak hanya berfungsi sebagai tempat masuknya cahaya alami dan pertukaran sirkulasi udara yang baik untuk kesehatan, tetapi juga dapat menjadikan Anda lebih energik, karena sinar matahari membantu Anda untuk mengatur jam tubuh lebih baik.

Source: www.homeguide.com.sg
Source: www.homeguide.com.sg

Letakkan meja kerja Anda dekat dengan arah datangnya cahaya. Hal ini dapat membuat Anda menjadi lebih segar, tidak cepat lelah dan tidak cepat ngantuk saat bekerja. 

Selain itu, ruang kerja yang terdapat jendela membuat Anda menjadi lebih nyaman karena dapat memanjakan mata dengan melihat pemandangan di luar saat Anda merasa lelah seharian bekerja. 

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah tidak meletakkan meja kerja yang membelakangi arah datangnya cahaya agar tidak terlalu silau dan menganggu saat bekerja.

2. Sesuaikan Warna Ruang dengan Kebutuhan

Warna-warna dalam ruang kerja sangat mempengaruhi mood dan produktivitas seseorang. Sesuaikan karakter warna dengan kebutuhan anda saat bekerja, maka mood dan produktivitas Anda akan meningkat.

modern-home-office-yellow-accents-5fa7669ed541df3a650bea32.jpeg
modern-home-office-yellow-accents-5fa7669ed541df3a650bea32.jpeg

Source : www.bestar.ca

Warna biru langit memberikan efek menenangkan, rileks dan meningkatkan konsentrasi. Warna ini sesuai jika diaplikasikan pada ruangan diskusi yang membutuhkan ketenangan untuk memperlancar komunikasi. 

Warna kuning memberikan perasaan nyaman, ceria dan sesuai untuk ruang kerja yang membutuhkan ide-ide kreativitas seperti mendesain. Jika jenis pekerjaannya dominan menggunakan komputer, maka warna hijau dalam ruang diperlukan untuk memberikan kesan yang sejuk, menyegarkan dan harmoni, serta dapat mengurangi rasa lelah. 

Warna cokelat memiliki karakter yang natural dan memberikan kesan yang hangat dan serius. Warna putih merupakan warna netral yang banyak digunakan karena memberikan kesan luas, sehingga memudahkan Anda untuk berkonsentrasi.  Warna putih sesuai untuk diaplikasikan pada ruang kerja yang sempit agar terlihat lapang.

Anda dapat mengaplikasikan warna-warna tersebut pada hiasan ruang, furniture seperti kursi, sofa, kabinet penyimpanan, dan juga warna dinding ruangan. 

Namun, perlu diketahui bahwa semua penggunaan warna-warna tersebut tidak boleh diaplikasikan pada ruangan secara berlebihan, karena dapat menyebabkan depresi dan perasaan emosional yang tidak menentu. Bahkan dapat menciptakan mood yang kurang baik.

3. Terapkan Pencahayaan Buatan Dalam Ruang

Pencahaayan buatan ditambahkan apabila ruang kerja kurang mendapat cahaya alami yang cukup. Gunakan pencahayaan tidak langsung (indirect lighting), yaitu cahaya yang tidak langsung mengarah pada area kerja, karena pencahayaan langsung dapat membuat mata cepat lelah akibat silau, dan berdampak pada produktivitas yang menurun. 

Pencahayaan tidak langsung lebih memanfaatkan bias cahayanya ke permukaan lain, seperti dinding atau plafon agar ruangan tetap dapat terang secara keseluruhan dan tidak menyilaukan mata. Jika perlu, gunakan cermin untuk membantu pemantulan cahaya agar dapat merata pada ruangan.

4. Tambahkan Tanaman dalam Ruang

Meletakkan tanaman alami dapat memperbaiki kualitas udara, terutama bagi Anda yang sering merasakan sakit kepala, pusing, dan masalah pernapasan saat bekerja. 

Selain itu, dengan menambahkan tanaman alami dalam ruang dapat mengurangi stress, menjernihkan pikiran dan memberi rasa rileks. Tanaman yang diletakkan pada meja kerja juga dapat menjadi dekorasi yang menarik.

Source : www.bestar.ca
Source : www.bestar.ca
5. Dekorasi Meja kerja

Source : www.bestar.ca
Source : www.bestar.ca

Dekorasi juga merupakan salah satu faktor penting untuk menaikkan semangat kerja. Denga adanya hiasan meja, maka meja kerja tidak akan lagi terlihat monoton, tetapi menjadi lebih bewarna dan menjadikan mood lebih rileks saat sedang bekerja seharian. Namun, beberapa hal juga perlu diperhatikan saat mendekorasi agar Anda tetap dapat fokus pada pekerjaan. 

Hindari ukuran dekorasi yang terlalu besar dan menghambat gerak kerja Anda. Pilihlah dekorasi yang multifungsi untuk menyimpan dokumen atau alat tulis sekaligus, dan sesuaikan dekorasi dengan kebutuhan Anda.

Semoga tips ini dapat membantu anda untuk lebih giat dan pastinya tetap produktif walau bekerja di rumah saja. 

Sumber Referensi: [1] [2] [3] [4] [5]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun