Mohon tunggu...
Jeanifer Lidya
Jeanifer Lidya Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Berbicara Mengenai Etnografi Itu Sendiri

9 April 2016   22:24 Diperbarui: 9 April 2016   22:43 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Tepat di hari selasa kemarin pada tanggal 5 april 2016 di pertemuan ketiga pada mata kuliah saya yaitu antropologi, saya membahas mengenai apasih etnografi itu? Berbicara etnografi saya sebetulnya juga agak bingung dan kewalahan mendengar kata itu karena kata ini mempunyai banyak artian yang mecakup sangat luas dan saya mempunyai arti yang bagus,karena kata itu berkaitan tentang manusia juga dan unsur kebudayaan itu sendiri. Lama kemudian akhirnya saya dapat memahami sedikit demi sedikit apasih etnografi itu sendiri, karena saya belajar dari teman saya dan saya juga sangat penasaran dengan kata itu kemudian saya menggali dan mempelajarinya dengan baik sehingga saya memahami setiap kata yang saya tau.

Okeh lanjut disini saya ingin menjelaskan sedikit definisi dari kata etnografi itu sendiri. Kata etnografi berasal dari kata ethnos dan graphein. Masing-masing dari kata itu memiliki artian tersendiri kata ethnos artiannya adalah bangsa dan graphein itu artinya tulisan. Jadi kita dapat memetik sedikit dari etnografi itu mengenai  bangsa atau suku yang di ceritakan yang mengenai dengan kebudayaan suku atau masyarakat tepatnya pula. Seorang antropolog jika ingin menulis seperti karangan etnografi ini sangat teliti bahkan penelitian ini harus turun kelapangan demi mendapatkan hasil yang sangat sempurna karena di etnografi ini tidak lepas pula dari kebudayaan masyarakat bersuku dan berbangsa.

Dan etnografi ini sendiri banyak menyajikan seperti kajian tentang kehidupan dan kebudayaan, tentu tidak heran bukan jikalau manusia tidak lepas dari namanya kebudayaan,yah manusia sangat lekat dengan kebudayaan dan adat istiadat itulah manusia. Kemudian berbicara mengenai unsur-unsur itu sendiri terdapat ada 7 unsur dari kebudayaan. Yaitu system teknologi,religi,keseniaan,organisasi sosial,bahasa,system pengetahuan dan system ekonomi .hanya itu yang dapat saya sampaikan karena dalam tulisan etnografi ini sendiri saya masih kurang banyak tau dan saya akan belajar lebih giat dan lebih memahami lagi apasih etnografi itu di antropologi.

Akhirkata,saya banyak memohon maaf jikalau ada kurang yang berkenaaan dengan tulisan saya ini dan saya banyak mengucapkan terima kasih kepada para pembaca.

Sekian.terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun