Mohon tunggu...
Jawara Online
Jawara Online Mohon Tunggu... Editor - Low Profile High Quality

Maaf tulisanku tak sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Tuhan.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Fokus Layanan Kuis, Kuis Milioner Jadi Startup yang Berbeda

12 Desember 2019   22:44 Diperbarui: 13 Desember 2019   01:00 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi oleh Pixabay

Di tengah marak dan gencarnya toko online yang sedang menjamur, mulai dari pemain lama hingga startup - startup baru bermunculan, semua berlomba menjadi yang terbaik dalam menawarkan layanan jual - belinya. Tak ayal saat ini, Bisnis di bidang e-commerce masih menjadi salah satu jenis bisnis yang banyak digandrungi. 

Tidak hanya itu saja, start up-start up yang bergerak dalam bidang lain rupanya sedang gencar tawarkan layanan dan memanjakan calon penggunanya dengan hadirkan berbagai promo menarik. Bisa kita lihat pada layanan jasa keuangan atau lebih dikenal dengan sebutan FinTech. FinTech di Indonesia seolah ikut menjamur dan bersaing memberikan layanan terbaiknya. Seperti pada sobat kompasiana, tentu sudah tak asing lagi dalam menggunakan layanan pembayarana dari Gojek (gopay), Ovo, Kredivo, dan lain sebagainya.  Ternyata, pergerakan layanan FinTech ini sangat cepat dan tak terbendung lagi. 

Pembahasan mengenai FinTech di Indonesia bisa anda lihat pada artikel sebelumnya dengan judul Pelayanan Mulai Digandrungi, "Startup Fintech" di Indonesia Makin Menjamur.

Berbicara mengenai inovasi dan teknologi memang tidak ada habisnya. Di Indonesia sendiri, lewat Kementrian Komunikasi dan Informatika telah hadirkan sebuah gerakan bernama 1000 Startup Digital. Hal ini tentu menjadi sebuah gambaran bahwa startup di Indonesia sangat berperan penting dalam mengiringi sebuah perkembangan di era digital ini. Tak lama ini ternyata saya pun telah menemukan jenis startup yang menurut saya berbeda dari kebanyakan jenis startup yang sempat saya jelaskan di atas. Kira-kira jenis bisnis apa yang digunakan pada start-up tersebut? dan "Kemasan" seperti apa yang membuatnya berbeda? mari kita simak bareng!

Layanan Kuis Turut Iringi Perkembangan Dunia Digital 

Beberapa pekan ini, saya telah menemukan hal unik dari sebuah start-up yang menurut saya berbeda dari kebanyakkan startup yang ada. Disaat para pelaku usaha bersaing dengan jenis bisnis/start-up yang tak jauh berbeda, ternyata start-up yang memiliki nama Kuis Milioner ini cukup out of the box. Mengapa demikian?

Pasalnya, saya sudah cukup lumrah dengan jenis bisnis e-commerce seperti (Tokopedia, Shopee, Bukalapak atau bahkan OLX) yang menawarkan tempat untuk menjualkan produk-produknya, atau seperti Jenis FinTech yang menawarkan layanan keuangan. Namun, dengan saya melihat ke start-up yang satu ini, rasanya ini merupakan hal yang unik dari ribuan start-up yang ada.

Saya sempat masuk ke situsnya untuk mencoba fitur dan mencari tahu layanan apa saja yang tersedia di Kuis Milioner (website: kuismilioner.com), dan ternyata berisi kumpulan kuis yang bisa kita mainkan dengan berbagai kategori yang disediakan. Apa saja kategorinya? banyakkk! Ada movie/film, musik, flora/fauna, pengetahuan umum dan banyak kategori lainnya. 

Kategori Kuis di Kuis Milioner
Kategori Kuis di Kuis Milioner

setelah saya cari tahu lebih dalam, mengutip penjelasan dari beberapa sumber berita yang sempat saya kumpulkan, bahwa Kuis Milioner merupakan sebuah platform (media) kuis yang disajikan dalam bentuk digital. Mengambil kata platform, dengan kata lain berarti start-up ini menyediakan tempat kepada siapa pun yang menggunakannya untuk turut serta membuat kuis pada platform tersebut. 

Tak hanya itu saja, dijelaskan pula beberapa keuntungan yang bisa kita peroleh dari Kuis Milioner. apa saja itu?

  1. Menambah pengetahuan serta menguji wawasan, - Ini bener sih, apa yang saya sudah alami saat mainkan beberapa kuisnya. 
  2. Mendapatkan Brand Awareness dari kuis, - memang ada beberapa kuis yang isinya membahas sebuah produk, dan yang dikatakan brand awareness itu cukup masuk akal. You know lah, orang mainkan kuis seputar produk tentu secara tak langsung akan ke-trigger terhadap produk tersebut.
  3. Product Knowledge, - of course, nggak beda jauh dari Brand awareness. Sebuah produk diperkenalkan lewat kuis. ini jenius. 
  4. Dapat Meningkatkan Traffic, - ini bisa jadi sih, karena sama juga sempat menemukan beberapa pertanyaan kuis yang memberi jawabannya mengarah ke web atau situs lain. 
  5. Dapat Hadiah, - kalau ini udah barang tentu. saya belum lama coba intip IG nya yang mengumumkan beberapa pemenang dari salah satu kuis yang telah selesai dimainkan. cekidot deh!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun