Perjalanan kemajuan dan perkembangan globalisasi menimbulkan ledakan yang cukup menggetarkan, siapapun yang tak siap menerima paparan radiasi zaman modern akan terkikis hingga habis. Perkembangan teknologi kian menyebar pesat, namun moral yang dilahirkan justru mengalami penyusutan, arus globalisasi terus memperkosa umat manusia untuk memenuhi tuntutan zaman yang kian hari kian edan. Maka bukanlah hal yang aneh jika disuatu daerah yang mayoritasnya di isi oleh sekelompok manusia instan memiliki jargon tersendiri untuk menghadapi globalisasi yang kian hari kian subur, misalnya : "Siapapun yang tidak mengikuti perkembangan zaman, cepat atau lambat akan tertimbun bongkahan kemajuan peradaban."
Saat ini semua orang disibukkan dengan berbagai fasilitas yang telah tersedia dalam genggaman tangan, hal tersebut bukannya malah menambah nillai positif, namun yang terjadi malah sebaliknya. Semuanya begitu instan. Nilai positifnya seseorang dapat menjadi ahli dalam berbagai hal yang mereka inginkan. Sosialisasi pun yang dulunya harus bertatap, bertemu, silaturrahmi, bertegur salam dan sapa, kini sudah bisa dilakukan hanya dengan mengomentari status WhatsApp dengan ketikan jemari yang menggelitik ;"HAHAHA" "WKWKWKWK."
Mungkin dari beberapa paparan tersebut saya sendiri merasakan ada semacam kehawatiran kaitnnya dengan perkembangan karakter, moral, adab, etika, akhlaq dari peserta didik. Hal-hal yang dulunya dianggap sakral dan terhormat kini hanya tinggal nama. Sepertihalnya adab seorang peserta didik yang terlihat makin tak terarah, komunikasi dengan sosok guru sudah seperti teman sendiri, tak ada adab, sopan santun, bahkan moral yang tersirat makin trasnparan dan jauh dari nama lembaga pendidikan itu sendiri. Memang hal tersebut ada baiknya jika dalam rangka melakukan pendekatan, dan pemahaman karater. Namun, jika terus dibiarkan hal tersebut bisa dimanfatkan dan dianggap suatu kewajaran atau suatu norma adat baru yang membawa dampak negative untuk kedepannya. Lalu bagaimana dunia pendidikan mengkontrol, menyikapi, menghadapi hal semacam ini?
"ketika suatu negara tidak menaruh perhatian terhadap suatu pendidikan, maka negara tersebut tidak membangun sumber kekuatan, sumber kemajuan, sumber kesejahteraan, dan sumber marabatnya yang selalu bisa diperbaharui, yaitu kualitas manusia dan kualitas masyarakatnya. Kualitas ini ditentukan oleh tingkat kecerdasan dan tingkat kekuatan karakter rakyatnya."
Pendidikan karakter tugas utama yang terpinggirkan
Pendidikan karakter bukanlah hal baru dalam sejarah manusia. Orangtua, dengan berbagai cara, sejak dahulu kala sebelum ada lembaga pendidikan formal yang bernama sekolah seperti sekarang, sudah berusaha mendidik anak-anak mereka menjadi anak yang baik menurut norma-norma yang berlaku pada budaya mereka.
Dewasa ini, ketika peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menentukan kesejahteraan suatu negara semakin besar, lembaga-lembaga pendidikan formal diharapkan dapat berkontribusi lebih besar dalam meningkatkan kemampuan suatu bangsa untuk penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ada beberapa penyebab faktor yang menyebabkan berkurangnya perhatian terhadap pendidikan karakter. Faktor-faktor ada yang bersifat global, ada yang bersifat lokal.
Kurangnya perhatian sekolah terhadap pengembangan kebajikan dan karakter sangat berkaitan dengan munculnya revousi industri yang berawal di Inggris pada abad ke-18, yang kemudian meluas ke negara-negara di daratan Eropa, Amerika, Jepang, dan ke seluruh dunia. Terjadinya revosi dipicu oleh kemampuan manusia menciptakan mesin yang pada awalnya digerakkan oleh tenaga uap. Dengan adanya mesin, proses produksi yang semula memanfaatkan tenaga manusia dan tenaga hewan kemudian digantikan dengan tenaga mesin. Pemanfaatan mesin ini telah memungkinkan suatu perusahaan melakukan produksi massal, yaitu menghasilkan barang dengan jumlah yang sangat banyak dan seragam; suatu hal yang tidak bisa dilakukan sebelumnya.
Cara berpikir dalam mengelola pabrik tersebut ternyata juga diterapkan disekolah; sekolah dipandang sebagai mesin atau pabrik; hasilnya adalah "model sekolah yang terpisah dari kehidupan yang diurus secara otoriter, yang orientasi utamanya adalah menghasilkan produk yang baku, yaitu input tenaga kerja bagi industry pada saat itu; ...model sekolah zaman revousi industry ini tidak anya mengubah cara belajar siswa, tetapi juga mengubah bahan ajaran." Ciri utama sekolah seperti ini adalah mempunyai kecenderungan kuat untuk penyeragaman mekanistik, dan memandang siswa hanya sebagai objek.