Mohon tunggu...
Jati Sampurno
Jati Sampurno Mohon Tunggu... Penulis - Saya seorang yang sudah memasuki usia pra manula

Wirausaha, pecinta alam, blogger, youtube Channel Jati Sampurno

Selanjutnya

Tutup

Money

Marketing Research Tools

28 Mei 2020   15:00 Diperbarui: 28 Mei 2020   15:02 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Marketing Research Tools atau Alat Riset Pemasaran Untuk memudahkan Pengambilan Keputusan Riset Anda.
Ditulis oleh Jati, https://jati882.my.id
Tools

Marketing Research atau riset pemasaran adalah proses atau serangkaian proses yang menghubungkan produsen, pelanggan, dan pengguna akhir dengan pemasar melalui informasi yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mendefinisikan peluang dan masalah pemasaran, menghasilkan, memperbaiki, dan mengevaluasi tindakan pemasaran, memantau kinerja pemasaran, dan meningkatkan memahami pemasaran sebagai suatu proses.

Marketing Research atau riset pemasaran menentukan informasi yang diperlukan untuk mengatasi masalah ini, merancang metode untuk mengumpulkan informasi, mengelola dan mengimplementasikan proses pengumpulan data, menganalisis hasil, mengkomukasikan temuan dan implikasinya. (Wikipedia)

Marketing Research atau riset pemasaran menurut Philips Kotler adalah perencanaan, pengumpulan, analisis serta pelaporan yang telah disusun secara sistematis berdasarkan data atau aneka penemuan yang sesuai dengan situasi pemasaran tertentu.

Dari definisi-definisi diatas dapat dikatakan bahwa Marketing Research atau riset pemasaran merupakan suatu proses yang sifatnya praktis, digunakan oleh Manajemen untuk mengambil keputusan.

Bagi perusahaan, Marketing Research atau riset pemasaran merupakan kegiatan yang sangat penting, untuk membantu mencapai tujuan dan keberhasilan perusahaan.

Di era digital sekarang ini, Marketing Research atau riset pemasaran dapat dilakukan lebih mudah lagi dengan menggunakan Marketing Research Tools, seperti :

1. Google Trends
Alat pencarian online ini dapat membantu anda mengetahui seberapa sering sebuah kata kunci, subjek, dan frasa tertentu telah dicari orang selama periode waktu tertentu.

Alat ini mempunyai fungsi dan menganalisis sebagian pencarian Google untuk menghitung berapa banyak pencarian yang telah dilakukan untuk istilah tersebut, relatif terhadap jumlah total pencarian yang dilakukan Google selama waktu yang sama.

2. Statista
Alat statistik online ini juga alat riset pasar dan intelijen bisnis yang menyediakan akses ke data dari lembaga riset pasar dan opini, serta data dari organisasi bisnis dan lembaga pemerintah dalam pilihan empat bahasa.

Alat ini mempunyai sejumlah besar grafik dari berbagai pasar dan wilayah. Layanan premiumnya memiliki banyak alat dan layanan untuk melakukan riset pasar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun