Seperti yang kita ketahui bahwa komunikasi terbagi menjadi 2 yaitu komunikasi verbal dan non verbal. yangdimana komunikasi verbal adalah komunikasi pesan yang menggunakan tulisan ataupun lisan dan komunikasi non verbal adalah komunikasi yang tidak menggunakan bahasa secara langsung.Â
Ada beberapa tips untuk kita agar dapat menyampaikan pesan verbal maupun non verbal dengan baik, mari kita ulas!
Verbal
1. Harus Yakin
Maksud dari harus yakin ini adalah pada saat kita berkomunikasi atau menyampaikan pesan kepada oranglain kita harus yakin dengan apa yang akan kita komunikasikan agar orang dapat mempercayai omongan kita dan juga tidak meragukan apa yang kita utarakan.
2. Penyampaian Harus Jelas
Nah, jika kita sudah yakin dengan omongan kita, kita juga harus bisa menyampaikan argumen atau pendapat kita dengan jelas agar orang lain dapat mencerna omongan kita dengan baik dan tidak kemana mana. kita harus fokus pada apa yang akan kita beritahu dan jangan sampai omongan kita memenjalar ke mana mana sehingga orang tidak menangkap omongan kita dengan jelas.
3. Jangan Terbata-bata
Jangan sampai omongan kita terbata-bata karna nantinya orang dapat meragukan apa yang kita bicarakan dan juga orang bisa salah persepsi dengan omongan yang kita berikan sehingga terjadinya kesalahpahaman dan orang tidak menangkap apa yang kita maksud
Non Verbal
1. Ekspresi wajah