Mohon tunggu...
Ananda Jasmin
Ananda Jasmin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Pariwisata

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Persaingan Sempurna Lokal Brand Kosmetik di Indonesia

27 Januari 2022   15:19 Diperbarui: 27 Januari 2022   15:23 3479
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Persaingan antar industri kosmetik dan perawatan badan di Indonesia semakin kompetitif.  Hal ini dibuktikan dengan munculnya banyak brand-brand lokal baru yang memproduksi banyak jenis kosmetik. Suatu pasar bisa dikatakan memiliki persaingan yang sempurna jikalau dalam pasar tersebut dari penjual maupun pembeli tidak dapat mempengaruhi harga. Seperti yang kita ketahui sebelumnya sudah ada nama-nama pemain lama dalam industri kosmetik di Indonesia seperti, Sari Ayu Martatilaar, Mustika Ratu, Paragon Group yang membawahi tiga nama brand besar yaitu Makeover, Wardah dan Emina. Sebenarnya pemain lama ini sudah membuat persaingan yang sempurna dalam industri kosmetik di Indonesia, contohnya adalah mereka telah memiliki karakteristik pasar persaingan sempurna yaitu harga produk yang mereka tawarkan cukup stabil dan bersaing.

Munculnya nama - nama pemain baru seperti Somethinc, By Lizzie Parra Beauty, Rollover Reaction menjadi penyempurna persaingan di industri ini. Brand - brand ini memproduksi jenis kosmetik yang beragam mulai dari, riasan bibir yang beraneka ragam seperti Lipstick, Lipcream, riasan wajah seperti alas bedak atau Foundation. Karena munculnya beragam jenis produk yang ditawarkan, dari pembeli dan penjual sama -sama dapat mengetahui info pasar. Informasi pasar ini sangat dibutuhkan oleh pembeli dan calon pembeli untuk mengetahui produk  yang penjualtawarkan.  Selain pembeli, penjual juga dapat mengetahui target pasar mereka yang lebih niche. 

Persaingan antar brand kosmetik lokal ini memenuhi karakteristik persaingan pasar sempurna antara lain

  1. Produk yang ditawarkan Sama ( Homogen )
    Dari segi jenis dan kualitas produk yang di produksi oleh brand - brand baru dan lama pun tidak jauh berbeda. Seperti yang sudah di uraikan di atas, sebelumnya brand dari Paragon seperti Makeover dan Wardah sudah memproduksi jenis kosmetik alas bedak cair atau foundation. Di Brand baru seperti By Lizzie Parra Beauty pun mengeluarkan jenis kosmetik yang sama. Kualitasnya pun tidak jauh berbeda.

  2.  Banyaknya Penjual dan Pembeli
    Pada Pasar persaingan Sempurna penjual maupun pembeli sama banyaknya, mereka sama-sama memiliki banyak variasi produk untuk dijual. Sama halnya dengan pembeli, dengan adanya variasi produk yang dijual oleh banyaknya Brand, pembeli bisa menentukan berapa kuantitas produk  dan jenis produk apa yang akan mereka beli.

  3. Mengetahui informasi pasar
    Seperti yang sudah dijelaskan di paragraf kedua, informasi pasar menjadi faktor penting bagi penjual dan pembeli, di lain sisi pembeli bisa mengetahui produknya secara jelas. Mulai dari brand identity, Ingredients dari produk yang akan mereka beli selain itu juga sertifikasi halal dan nomor BPOM. Informasi ini lah yang bisa membual calon pembeli menentukan apakah produk kosmetik tersebut bisa mereka gunakan. Di sisi penjual, para brand lokal bisa menganalisis produk seperti apa yang di butuhkan oleh pembeli, range harga suatu jenis produk kosmetik di pasaran, dan juga bisa mengetahui trend yang sedang viral di pasar.

  4. Muncul Brand lokal berskala kecil
    Selain brand-brand lokal yang memang sudah matang dan siap bersaing seperti yang sudah disebutkan diatas, muncul juga brand-brand lokal yang berskala kecil yang hanya memproduksi sedikit jenis produk kosmetik, contoh brandnya adalah Roseallday Cosmetics, Luxcrime Cosmetics, dan Reveline. Produk kosmetik yang mereka tawarkan pun tidak jauh  berbeda dengan produk - produk yang sudah di jual oleh brand lokal lain. Sehingga tidak ada brand lokal yang merasa mengontrol pasar.

Diluar dari ciri-ciri diatas balik lagi bahwa kosmetik adalah produk yang memiliki fleksibilitas tinggi. Apa yang dimaksud dengan fleskibilitas disini? sifat dari kosmetik disini adalah personal, semua balik lagi dengan kecocokan dan persepsi dari pembeli atau si pengguna produk kosmetik tersebut. Jadi dengan ada nya persaingan ini, para lokal brand kosmetik di Indonesia diharapkan tetap bisa berinovasi untuk mengeluarkan produk-produk kosmetik yang berkualitas dengan harga yang stabil dan bersaing sesuai dengan keinginan pasar yaitu pengguna produk kosmetik di Indonesia khususnya wanita Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun