Mohon tunggu...
Jasa Nova
Jasa Nova Mohon Tunggu... Novelis - Menulis untuk kebadian

Menulislah maka kamu akan dikenang dengan abadi

Selanjutnya

Tutup

Money

Pentingnya Melatih Vendor Sebelum Mulai Bekerja

16 April 2020   00:26 Diperbarui: 16 April 2020   00:30 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam bisnis layanan jasa, kehadiran penyedia jasa atau vendor menjadi faktor yang sangat menentukan kepuasan dan kepercayaan pelanggan. Melalui tangan penyedia jasa, reputasi sebuah perusahaan bisa terbangun. Karena itu sangat penting untuk melakukan pelatihan vendor yang sudah direkrut oleh perusahaan sebelum mereka turun ke lapangan, ini beberapa manfaat yang akan didapat.

Penyedia Jasa Akan Memiliki Standar Kualitas Layanan
Setiap perusahaan layanan pasti memiliki standar kualitas yang harus dipenuhi oleh semua penyedia jasa. Jika perusahaan tersebut melakukan pelatihan sebelum penyedia jasa mulai bekerja, maka akan lebih mudah dalam menjaga kualitas mereka sesuai dengan standar karena masing-masing sudah belajar dan mengetahui seperti apa kualitas pelayanan yang perusahaan inginkan.

Keahlian Penyedia Jasa Akan Mengalami Improvement
Penyedia jasa yang ingin bergabung dalam suatu perusahaan layanan memang bisa dipastikan sudah memiliki keahlian. Meski begitu, keahlian yang dimiliki mereka pasti memiliki kualitas yang berbeda karena perusahaan tidak bisa menentukan dari mana para penyedia jasa memperoleh keahlian tersebut. Karenanya, pelatihan menjadi sangat penting. Sebab dengan dilakukannya pelatihan, perusahaan akan bisa menentukan sejauh mana kualitas keahlian yang ingin dicapai, keahlian penyedia jasa yang sebelumnya berada di bawah standar juga bisa mengalami peningkatan.

Penyedia Jasa Bisa Mendapat Pelatihan dari Tenaga Ahli
Agar bisa mencapai target yang diinginkan, sebuah perusahaan layanan pasti akan mengusahakan yang terbaik, termasuk menyediakan tenaga ahli untuk melatih para penyedia jasanya. Pelatihan vendor ini pastinya harus dilakukan sebelum para vendor turun kepada pelanggan. Pelatihan dari ahli selain akan dapat mengembangkan keahian penyedia jasa, juga berguna untuk meyakinkan pembeli jika penyedia jasa yang digunakan memang memiliki kualitas yang tidak main-main.

Kepercayaan Pelanggan Semakin Terjaga
Dengan hanya menyediakan penyedia jasa yang sudah melewati pelatihan sebelumnya, maka keraguan pelanggan terhadap perusahaan layanan jasa akan berkurang. Ini tentu akan menguntungkan perusahaan, sebab mereka sudah bisa mendapatkan kepercayaan pelanggan bahkan sebelum pelayanan dilakukan.  

Mendapatkan Kepuasan Pelanggan Jadi Lebih Mudah
Saat penyedia jasa sudah menjalani sesi pelatihan vendor, maka mereka akan lebih mudah untuk memuaskan pelanggan karena merasa lebih percaya diri dalam bekerja. Pelanggan juga akan mendapatkan pelayanan dengan kualitas yang terstandar dan bisa dipertanggung jawabkan. Tak hanya menguntungkan pelanggan, dengan dilakukannya pelatihan sebelum penyedia jasa turun ke lapangan, perusahaan juga pasti diuntungkan karena pelanggan akan menaruh kepercayaan yang lebih besar.

Referensi: www.halojasa.com

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun