[caption id="attachment_354565" align="aligncenter" width="780" caption="Unimog/Kompasiana (Kompas.com)"][/caption]
Banyak kalangan orang awam tidak paham dan tahu, merek dan jenis kendaraan apa yang sempat menggegerkan barisan pengamanan saat Pembacaan Putusan Sidang di Mahkamah Konstitusi 19 Agustus 2014 kemarin.
Kendaraan khas militer, tiba-tiba berbaris rapi dengan penuh pasukan pendemo dengan berseragam ala militer. Bagi yang belum mengerti, itu adalah salah satu kendaraan handal Mercedes-Benz Unimog. Varian hadir setelah berakhirnya Perang Dunia II tersebut, kini menjadi salah satu legenda hidup di ranah automotive engineering. Unimog mampu bertahan ditengah berbagai kondisi, perubahan ekonomi dan pergantian karakter konsumen.
[caption id="attachment_354487" align="aligncenter" width="700" caption="http://s1.cdn.autoevolution.com/images/news/gallery/unimog-60-years-of-an-ugly-extreme-machine_2.jpg"]
Dan dengan digunakan jenis mobil ini pada Demontrasi oleh Pendukung Koalisi Merah Putih, tentu akan memicu para pecinta Otomotif untuk bisa memilikinya.
Kemampuan Unimog
Kemampuannya fenomenal, dengan bodi besar, ground clearance tinggi, suspensi sangat fleksibel, dan drivetrain superior, memungkinkan truk ini tangguh di segala medan. Truk asal Jerman ini menggunakan empat roda dengan konfigurasi sistem penggerak semua roda.
Unimog 1300L punya panjang 5,54 m, lebar 2,30 m, tinggi 2,83 m dan berat 7.500 kilogram. Mengusung mesin diesel Mercedes-Benz enam silinder type OM, tenaganya mencapai 130 tk pada putaran mesin 2.800 RPM yang disalurkan melalui transmisi delapan percepatan. Kapasitas bahan bakar 160 liter dengan jarak tempuh 350 kilometer.
"Unimog dijual resmi oleh Mercedez-Benz Indonesia (MBI), tapi hanya berdasarkan pemesanan terlebih dahulu. Kita tidak bisa membeberkan harga jualnya maupun unit yang sudah beredar di Indonesia," jelas sumber internal MBI kepada Kompas Otomotif, Kamis (21/8/2014).
Varian ini awalnya adalah kendaraan pertanian, buah karya Albert Friedrich yang sebelumnya merupakan Head of Aeroengine Design di Daimler-Benz. Mulanya Friedrich berkomitmen untuk membentuk tim insinyur pembangunan Messrs dan merangkul Erhard & Sons di Göppingen, Jerman, sebagai mitra.
Produksi dimulai tahun 1948 di pabrik Messrs Boehringer di Schwäbisch Gmünd. Namun untuk memenuhi permintaan konsumen butuh investasi yang cukup besar. Maka kemudian proyek ini diambil alih oleh Daimler-Benz pada musim gugur 1950 dan mulai diproduksi di pabrik Gaggenau satu tahun kemudian.
[caption id="attachment_354488" align="aligncenter" width="700" caption="http://blog.hemmings.com/wp-content/uploads//2011/06/Unimogs_03_1000.jpg"]