Mohon tunggu...
Januariska Bayu Dwinanda
Januariska Bayu Dwinanda Mohon Tunggu... Full Time Blogger - A Lifetime Learner 🌾

A working mom

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Internet Cepat Membantu Mendatangkan Cuan

5 Mei 2023   23:38 Diperbarui: 5 Mei 2023   23:44 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Unsplash.com

Seperti yang sedang kita rasakan saat ini, cepatnya perkembangan teknologi membuat zaman kini telah beralih ke serba digital. Segala sesuatu pun kini menjadi mudah. Berkah digitalisasi pun sangat dirasakan hampir di segala aspek kehidupan.

Salah satu hal yang sangat saya rasakan dari manfaat teknologi yaitu perkembangan usaha yang saya rintis dari nol. Dengan modal yang tidak seberapa, tidak memerlukan biaya sewa, hanya bermodalkan sedikit uang, internet, dan e-commerce, usaha kecil-kecilan yang saya kembangkan dengan tujuan "iseng-iseng" sebagai tambahan pendapatan dari penghasilan saya dan suami di kantor ternyata menjadi sumber utama pendapatan keluarga.

Pada nyatanya memang betul bahwa di era digitalisasi ini banyak sekali peluang usaha online yang bisa di coba. Orang-orang kini tidak hanya mencari hiburan dari internet, tetapi juga mulai mencari cara mendapatkan uang dari internet. Kecanggihan teknologi digital membuat siapa saja dapat memulai bisnis mereka sendiri.

Ya, melalui internet kita bisa mempromosikan produk-produk di e-commerce, mengupload foto-foto produk, membuat konten video produk dengan mudah dan menarik melalui aplikasi online, menemukan pelanggan dan reseller melalui iklan online, dan berbagai manfaat lainnya.

Dalam mempermudah bisnis online yang saya telah lakukan hampir dua tahun ini, kualitas internet menjadi hal utama yang menjadi perhatian saya, apalagi saat dirumah. Sebab  setelah pulang dari kantor dan di hari libur, tentunya banyak sekali hal yang saya lakukan untuk toko online saya. Misalnya seperti live streaming di toko online, membalas chat customer yang tentunya harus direspon dengan cepat, membuat konten social media, membuat konten untuk e-commerce, dan membuat konten untuk iklan. 

Selama dua tahun ini saya pun telah beberapa kali mengganti internet provider untuk wifi dirumah. Hal ini karena beberapa provider yang pernah saya coba jaringan internetnya yang kurang bagus -alih alih orang biasanya mengatakan "jaringan yang lemot" dan "sering bermasalah", sehingga biasanya saya juga perlu menggunakan kuota bulanan dengan internet provider yang ada di handphone saya melalui tathering. Namun pada percobaan terakhir, akhirnya saya memutuskan untuk beralih wifi di rumah dengan IndiHome.

Alhamdulillah, setelah beberapa bulan ini saya rasakan saya merasa bahwa saya telah menemukan provider wifi yang tepat untuk mensupport kebutuhan bisnis online saya. Proses editing desain dan video secara online yang biasa saya lakukan untuk konten social media dan e-commerce pun cepat sehingga membuat waktu saya lebih efisien. Selain itu, menurut saya dengan harga paket bulanan yang ditawarkan IndiHome pun tidak mahal, sehingga bisa mengurangi biaya pengeluaran operasional bisnis dibandingkan saya harus memasang wifi dirumah dengan provider yang sebelumnya dan mengisi kuota internet di handphone untuk tathering.

Ini tentunya juga berpengaruh dengan berbagai aktivitas perkembangan bisnis saya lainnya, seperti menjadi penambah semangat saya untuk terus berkonten ria mengenai produk bisnis saya. Bagaimana tidak, jika dianalisis dari pertumbuhan penjualan, saya melihat bahwa ketika saya memasarkan produk dengan banyaknya variasi konten ternyata penjualan saya terus meningkat. Maka saya bersyukur sekali dipertemukan dengan Internet Provider IndiHome dari Telkom Indonesia yang sangat membantu saya saat mengedit konten desain dan video secara online. Saya sangat berharap IndiHome akan terus mempertahankan kualitas internet yang diberikan kepada pelanggan, dan semoga IndiHome terus berinovasi dan semakin lebih baik lagi sehingga dapat mempermudah kami, para UMKM Online ataupun content creator di Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun