Mohon tunggu...
FBD Jantra 66 Kebobang
FBD Jantra 66 Kebobang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Brawijaya

Kelompok KKN FISIP-FIB FBD Jantra 66 Desa Kebobang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kegiatan PKM-FBD Jantra 66 Kebobang: Pengadaan Sistem Token Reward di SDN 03 Kebobang untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

31 Agustus 2024   06:25 Diperbarui: 31 Agustus 2024   06:35 31
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi

Minat belajar siswa merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan proses pembelajaran. Untuk meningkatkan minat belajar siswa, berbagai upaya telah dilakukan, salah satunya adalah dengan menerapkan sistem reward (pemberian hadiah). Penerapan ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa di SDN 03 Kebobang.

Program ini dilaksanakan di SDN 03 Kebobang mulai dari tanggal 31 Juli hingga 2 Agustus. Target program ini adalah seluruh siswa kelas 2 sampai dengan kelas 6. Kami tidak menerapkan program pemberian hadiah ini di kelas 1, karena kami tidak mendapatkan perizinan dari pihak sekolah untuk melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas tersebut.

Pemberian Token: Setiap kelas diberikan lembar berisi tabel kosong. Setiap kali siswa berhasil menjawab pertanyaan dengan benar, membantu teman yang kesulitan, atau menunjukkan perilaku positif lainnya, guru akan memberikan stiker dan siswa akan menempelkannya pada lembar tersebut.

Penukaran Token: Di akhir setiap sesi pembelajaran, siswa yang berhasil mendapatkan stiker akan mendapatkan hadiah kecil, seperti pensil atau penghapus. Selain itu, pada hari terakhir program, siswa dengan jumlah stiker paling banyak di setiap kelas akan mendapatkan hadiah utama berupa tepak, pulpen, buku, dan pensil.

Sebelum penerapan sistem token reward, minat belajar siswa masih tergolong rendah. Hal ini terlihat dari rendahnya tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar, seringnya siswa mengganggu teman, dan kurangnya motivasi untuk menyelesaikan tugas. Setelah penerapan sistem token reward, terjadi peningkatan minat belajar siswa secara signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar, berkurangnya perilaku mengganggu, dan meningkatnya motivasi siswa untuk menyelesaikan tugas. Siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran karena mereka memiliki tujuan untuk mendapatkan token dan menukarkannya dengan hadiah yang menarik.

Peningkatan minat belajar siswa setelah penerapan sistem token reward dapat dijelaskan melalui teori motivasi. Token yang diberikan sebagai penghargaan merupakan bentuk pengakuan atas prestasi yang telah dicapai oleh siswa. Hal ini memberikan rasa puas dan kepuasan yang mendorong siswa untuk terus berprestasi. Selain itu, hadiah yang dapat ditukarkan dengan token juga menjadi motivasi tambahan bagi siswa untuk terus belajar.

Penerapan sistem token reward di SDN 03 Kebobang terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa. Sistem ini dapat menjadi alternatif yang menarik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun