Keaktifan merupakan kegiatan yang dapat bersifat fisik maupun mental. Belajar harus melalui berbagai macam aktifitas. Keaktifan siswa dalam kegiatan belajar adalah untuk menekankan pemahaman atas persoalan atau segala sesuatu yang mereka hadapi dalam proses pembelajaran. Keaktifan belajar siswa merupakan unsur dasar yang penting dalam keberhasilan dalam pembelajaran.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, keaktifan berasal dari kata dasar aktif yang memiliki arti giat. Keaktifan belajar adalah proses kegiatan belajar mengajar yang subjek didiknya secara intelektual dan emosional sehingga siswa mampu berpartisipasi secara aktif dalam melakukan kegiatan belajar.
Sehingga, keaktifan belajar siswa merupakan suatu proses kegiatan belajar mengajar yang menuntut siswa untuk ikut terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan membuat tingkah laku siswa menjadi lebih baik.
Setelah melakukan eksplorasi dan analisis (kajian literatur dan wawancara) ditemukan bahwa yang menjadi akar penyebab masalah dari situasi tersebut adalah metode mengajar guru dikelas yang tidak sesuai dengan karakteristik peserta didik.
Melalui berbagai kajian literatur dan wawancara, ditemukan bahwa salah satu metode pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan metode T.A.I.
Kegiatan Pembelajaran ini sangat ini penting untuk dibagikan karena dapat memberikan dampak yang baik dalam proses pembelajaran. Â Metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (T.A.I) adalah pembelajaran yang berbentuk kelompok kecil yang heterogen dengan latar belakang cara berfikir yang berbeda untuk saling membantu terhadap siswa lain yang membutuhkan bantuan. Dalam metode ini, diterapkan bimbingan dalam kelompok kecil. Siswa yang pandai dapat mengembangkan kemampuan dan ketrampilannya, sedangkan siswa yang lemah dapat terbantu untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Selain itu, terdapat pula bantuan individu dari guru kepada siswa yang membutuhkan., hal ini terjadi dengan adanya kesibukan siswa yang diharuskan melakukan seluruh kegiatan pembelajaran secara aktif dan
bekerja kelompok dengan antusias dan penuh tanggung jawab.
Dengan demikian, sudah jelas bahwa jika metode T. A. I ini diterapkan, maka permasalahan rendahnya keaktifan belajar siswa dapat teratasi. Sebaliknya, jika metode T. A. I ini tidak diterapkan maka harapan untuk meningkatkan  keaktifan belajar siswa sulit untuk diwujudkan. Yang menjadi peran  dan  tanggung  jawab  saya  dalam praktik ini :
Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan diantaranya :