Mohon tunggu...
Jane Nj
Jane Nj Mohon Tunggu... Cleaning Service -

Selanjutnya

Tutup

Humor

Di Balik Sapu dan Dustpan

30 Maret 2019   12:30 Diperbarui: 30 Maret 2019   12:47 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humor. Sumber ilustrasi: PEXELS/Gratisography

 
 *  Ada yang Usil


 
"Ngapain disini?!" teriak Bu Dara sambil memicingkan matanya ketika menemukan gue dan Bejo yang sedang menikmati segelas kopi hangat berdua di tangga exit.
 
Sial memang. Kopi itu sudah hampir setengah jam kami hadapi berdua tanpa menyesapnya karena masih panas. Sekarang, ketika sudah dingin gue sama Bejo malah ketauan sama Bu Dara.
 
Oh ya, gue belum cerita ya tentang peraturan di area sini yang di buat ibu Dara. Ada sepuluh peraturan yang di larang, yaitu tidak boleh terlambat datang, istirahat tidak boleh lewat dari satu jam, tidak boleh merokok di area, tidak boleh makan di area, harus mengumpulkan handphone saat bekerja, tidak boleh pacaran selama jam kerja, tidak boleh pakai narkoba, tidak boleh tidur di jam kerja, tidak melakukan tindakan kekerasan dan tidak boleh melakukan tindakan asusila.
 
Kasian juga sama itu kopi, akhirnya di bawa Bu Dara ke office untuk di sita. Alasan wanita itu sih sebenarnya masuk akal , dia marah karena ngeliat gue dan Bejo melalaikan tugas cuma gara-gara segelas kopi. Sudah tercatat dalam perjanjian kalau semua karyawan tidak boleh meninggalkan ploatingan selama jam kerja.
 
"Itu kan cuma kopi Bu, bukan makan," gue berusaha membela diri ketika Bu Dara menyodorkan form SP.
 
Bejo menginjak kaki gue, gak terima gue injek balik itu kakinya Si Bejo. Sial dia menghindar dan akkhirnya malah kaki bu Dara yang keinjak. Wanita itu berteriak kesakitan. Mampus Gue!!! Bisa ada SP plus plus nih...
 
Gue pasang muka melas berharap Bu Dara kasihan, tapi jurus itu ternyata gak ampuh karena dia malah mencak-mencak. Sial banget hari ini, udah ketauan nongkrong di tangga exit eh dapet SP juga. Padahal itu kopi nempel di bibir gue aja belum.
 
 "Rasain Lu, makanya kalau kerja jangan kebanyakan ngumpet" Mak Sri tertawa girang ngeliat gue sama Bejo yang baru keluar dari ruang office.
 
 "Ini pasti lu yang laporin kan Mak?" tanya gue menyelidik sambil menyipitkan mata ke arah Mak Sri. Dia langsung terdiam dan dua kali nelen ludah.
 
 "Eits. Jangan pergi dulu lu Mak," Bejo dengan sigap menarik tangan perempuan itu sebelum dia benar-benar pergi karena sudah pasang kuda-kuda siap kabur.
 
 "E...e...engga itu saya..."
 
"Saya apa Mak?" gue ngomong rada keras sedikit biar terlihat agak serem. Tapi dasar emak Sri lebay, dia malah nangis kejer gak karuan. Memancing teman-teman yang kebetulan lewat menghampiri dan nanya kenapa sama Sri.
 

"Gak apa2, bisul di ketek Mak Sri pecah. Makanya dia kejer!" Jawab gue kesel sambil menarik tas punggung Bejo, mengajaknya pergi dari kerumunan itu.
 
Bejo melepaskan cengkraman di tangan Mak Sri dengan kesal juga.  Niat buat nganterin Emak ganjen itu dibatalin, padahal tadi udah di kasih DP dua puluh ribu buat beli bensin.
 
 Gue dan Bejo yakin, Mak Sri lah yang ngadu-ngadu ke Bu Dara tentang kejadian ngopi tadi di tangga exit. Tadi kebetulan pas lagi bawa-bawa segelas kopi yang di dapet dari tenant lantai tujuh temen gue itu ketemu sama Mak Sri si tukang ngadu.
 
 Bu Dara emang beruntung banget dapet bawahan kaya dia. Minimal bisa ngeringanin tugas dia buat nangkepin operator-operator yang bandel kaya gue sama Bejo.
 
 Sepertinya Bu Dara belum puas dengan kasih SP kemarin siang, terbukti di briefing pagi  dia masih aja bahas masalah gue sama Bejo kemarin. Dia emang begitu, tidak akan melupakan masalah dalam sekejap yang artinya kuping kita harus siap buat denger hal yang sudah dilakukan berulang-ulang.
 
 "Kamu cari masalah aja sih Zai," celetuk Dian saat kami kebetulan istirahat barengan. Dian itu rekan kerja gue juga, orangnya penurut dan paling kalem diantara semua.
 
 "Yeee siapa yang cari masalah," tangan gue mengambil tempe goreng dari tempat makannya. "Itu gak bosen apa makan mie goreng terus tiap hari," candaku, dia tersenyum malu.
 
Mie  dan telur goreng itu emang menu andalan hampir semua cleaner, seperti menu wajib gitu. Apalagi ketika tanggalan sudah berada di angka sepuluh. Kalau tanggal satu sampai sembilan masih pada gaya-gayaan tuh beli makan di luar. Nasi padang pake ayam goreng untuk menu tanggal muda, kalau sudah tanggal tua beli nasi padang paket hemat sepuluh ribu  lauknya telur dadar, udah gitu pake acara ngerayu-ngerayu si Uda biar dapet tambahan nasi jadi minimal bisa dimakan berdua. Lumayankan, udah paket hemat eh belinya pun patungan sama temen.  

Untuk yang makan di warteg, tanggal muda itu pesannya dengan suara lantang dan gagah karena bayarnya cash. Tapi, kalau sudah diatas tanggal tua pesannya dengan suara pelan dibarengi dengan senyum manis karena setelah pesan biasaya kita akan bilang "dicatet aja ya, Teh."
 
Nah, kalau menu mie goreng dan telur goreng ini biasanya buat mereka yang gak mau ngutang. Kenapa du menu itu yang di pilih? Ya tau lah, selain praktis biayanya juga gak mahal. Bahkan konyolnya lagi, kadang masak mie nya di seduh pake air panas ambil dari dispenser. Hahaha.
 
Ada satu lagi yang kadang buat kita bahagia, yaitu ketika dapet nasi kotak. Lumayanlah buat irit uang makan. Kalau si Bejo punya cara lain untuk menghemat uang makannya di tanggal tua, dia cuma modal obat maag dan air putih, siangnya minum kopi biar perut kenyang. Makanya gak heran kalau kita pake istilah 'Haus minum laper minum.'
 
 "Kamu gak makan?"  tanya Dian lagi.
 
 "Ini lagi makan," jawab gue sambil ngacungi tempe yang tinggal setengah.
 
 Dia nyengir,"itu mah punya saya,"
 
 "Oh iya ya, lupa tadi ngambil dari tempat makan lu. Hehe." Tempe yang tinggal setengah tadi langsung gue masukin ke dalam mulut karena melihat Bejo dateng. Tuh anak celamitan, biar pun tinggal setengah kalau gue yang pegang dia suka main rebut aja tanpa ijin.
 
 "Pantesan aja lu gak keluar. Istirahat di sini, rupanya ada yang kasih makan nih," tuduh Bejo sambil menggerakkan alisnya yang tebal.
 
 "Rese aja lu." Gue langsung bangkit dari duduk, males kalau dia udah ledekin gitu. Alamat pasti ngecengin berjilid-jilid nanti.
 
 Dian itu kata teman-teman  emang ada hati sama gue. Katanya sihhh...ga tau juga deh faktanya, karena emang gue juga gak pernah nanya dan gak pengen tau. Bukannya sok atau gimana, tapi emang di hati sanubari yang paling dalam gue naksirnya sama si Zainab anaknya haji Imron.
 
 Lagi pula, gue udah punya prinsip males punya pacar apalagi kalau punya bini nanti satu perusahaan begini. Alasannya sih sederhana aja, kalau nanti perusahaannya bangkrut mau gak mau jadi pengangguran dua-duanya nanti.
 
 "Eh Kriting, itu tisue toilet karyawannya habis. Ganti sana!"
 
 Bete lagi deh gue. Baru juga sampai di area habis istirahat udah ketemu Emak Lebay yang satu ini. Perasaan tadi tisue baru dipasang pas mai istirahat, kenapa udah habis lagi. Emangnya itu para cowok pake tisue banyak-banyak buat apaan? Buat bandana kaya Bu Sis sekretaris  atau buat tatakan kaki pas wudhu kaya Bu Rara si akuntan  yang sampe umur lima puluh tahun itu masih melajang.
 
Kalian gak percaya kan kalau kelakuan pengguna toilet itu aneh-aneh. Gue juga baru tahu pas jadi cleaning service. Tisue yang tadi gue ceritain salah satunya.

Bahkan nih anehnya lagi, di toilet udah ada handryer tapi mereka masih pakai tisue untuk ngelap tangan setelah mereka menggunakan mesin pengering. Aneh kan?! Belum lagi ada juga yang terkadang bawa tisue di toilet untuk keruangan mereka. Gue pernah liat sendiri tuh ada staff yang bawa tissue dengan cara ditutupi majalah. Padahal, berapa sih harga tissu? Kalau tisuenya kosong kaya gini kan petugasnya yang di salahkan. Eh tapi kan itu biasanya dilakukan tenant cewek, apa mungkin yang lelaki juga melakukan hal yang sama?
 
"Makanya kerja yang rajin!" omel si emak Sri, gue sih nyengir doang. Malas lah ngeladenin orang yang udah terlanjur banyak pikiran kaya dia.
 
Dulu, gue pikir jadi cleaning service itu gampang Men. Ternyata...ckckck...banyak banget tuntutannya. Dari segi attitude aja kita nih harus selalu ramah sama staff-staff disini, baik yang cuma staff biasa sampai boss tertinggi. Bu Dara sering bilang pada saat briefing "Walau pun tanggal tua, tapi kalian harus tetap seperti tanggal muda,"
 
Susah kan! Bayangin aja disaat lu lagi bokek, tapi lu harus tetap tersenyum lebar kepada mereka para staff. Yang ngeselin lagi nih, kalau ketemu sama orang yang gak menghargai usaha keras lu untuk tersenyum di tanggal tua. Kitanya mencoba ramah eh dia cuek aja seperti menganggap lu gak ada. Hahaha...rasanya pengen kunyah stik pel-an.
 
Masalah senyum ini, gue juga pernah tuh di tegur Bu Dara gara-gara seorang tenant lapor katanya gue gak ramah sama dia. Cemberut aja ketika papasan sama dia. Kalian tahu kenapa pada saat itu gue gak senyumin tuh orang, karena gue lagi sakit gigi Men. Tau kan rasanya kalau si gigi lagi kumat. Ya udah gak usah dipikirin, cukup gue aja yang mikir lagi kenapa itu tisue udah abis aja. Gue sih yakin nih ada yang ngerjain, dan gue mau tangkep itu yang ngerjain gue biar gak kebiasaan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humor Selengkapnya
Lihat Humor Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun