Semarang -- pada kemarin hari Selasa (2/5) mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang mengadakan kegiatan Workshop dengan salah satu materi yaitu "Pengelolaan Media Sosial Sebagai Media Promosi UMKM". Acara yang bertempat di Aula Kelurahan Pedurungan Lor Kota Semarang ini dihadiri oleh kurang lebih 20 peserta pelaku UMKM.Dalam kegiatan workshop ini juga memberikan kesempatan para mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang untuk menjadi pembicara yang tentunya didampingi langsung oleh dosen Universitas Semarang.Menurut Kepala Kelurahan Ngadirin, kegiatan ini merupakan momentum bagi para pelaku UMKM untuk belajar dan mengamati pentingnya media sosial sebagai sarana memasarkan produknya mengikuti perkembangan zaman yang ada, sehingga bisa menarik keuntungan yang bagi para pelaku UMKM itu sendiri.
Edy Nurwahyu sebagai pembicara sekaligus Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Semarang menyampaikan jika tema kali ini sangat cocok untuk para pelaku UMKM. Hal ini karena dibutuhkan cara promosi yang menarik dan sederhana sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa memungut biaya yang besar. "Ada beberapa hal yang biasa disiapkan untuk membuat konten promosi produk UMKM, seperti mulai dari memilih platform media promosi, foto / video produk, logo produk , icon social media, icon marketplace, payment, konten audio, serta template konten teks."ujarnya.Sementara itu di dalam kegiatan workshop ini terdapat sesi pelatihan yang dikemas dalam bentuk game yang menarik dengan tujuan para pelaku UMKM dapat mempraktekan langsung pemaparan materi yang diberikan.Kegiatan Workshop ini diharapkan akan bermanfaat bagi peserta pelaku UMKM untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memasarkan produknya di sosial media.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H