Mohon tunggu...
Jandris Slamat Tambatua
Jandris Slamat Tambatua Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pascasarjana MSDM, Pemerhati Lingkungan, Competency Assessor

"Manusia Kerdil Yang Berusaha Mengapai Bintang"

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

"Tingkatkan Kepercayaan Konsumen Pasca Rebranding: Kunci Sukses Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian"

29 Juli 2024   01:00 Diperbarui: 29 Juli 2024   03:03 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tingkatkan kepercayaan konsumen pasca rebranding, kunci sukses dalam pengambilan keputusan pembelian(sumber: bing/AI)

 

Pengaruh brand trust terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh kepuasan konsumen pasca rebranding

Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat, perusahaan dituntut untuk terus berinovasi dan menjaga kepercayaan konsumen. 

Salah satu strategi yang kerap digunakan adalah rebranding, yang bertujuan untuk memperkuat citra merek dan menarik lebih banyak konsumen. 

Namun, sejauh mana pengaruh brand trust atau kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian, terutama setelah rebranding, dan bagaimana peran kepuasan konsumen dalam proses tersebut?

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa brand trust memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. 

Brand trust adalah keyakinan konsumen bahwa merek akan memenuhi janjinya dan memberikan kualitas yang konsisten. 

Ketika konsumen memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap sebuah merek, mereka cenderung lebih loyal dan bersedia melakukan pembelian berulang.

Namun, pasca rebranding, tantangan baru muncul. Rebranding dapat mengubah persepsi konsumen terhadap merek, baik secara positif maupun negatif. 

Dalam beberapa kasus, rebranding yang sukses dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, sementara rebranding yang gagal dapat merusaknya. 

Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana rebranding mempengaruhi brand trust dan keputusan pembelian konsumen.

Studi yang dilakukan oleh sejumlah akademisi di Indonesia pada tahun 2023 mengungkapkan bahwa kepuasan konsumen memainkan peran mediasi yang penting dalam hubungan antara brand trust dan keputusan pembelian. 

Pasca rebranding, konsumen yang merasa puas dengan perubahan yang dilakukan oleh merek cenderung mempertahankan atau bahkan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap merek tersebut. 

Kepuasan konsumen ini kemudian mempengaruhi keputusan mereka untuk tetap melakukan pembelian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun