Mohon tunggu...
Jandris Slamat Tambatua
Jandris Slamat Tambatua Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pascasarjana MSDM, Pemerhati Lingkungan, Competency Assessor

"Manusia Kerdil Yang Berusaha Mengapai Bintang"

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Taktik dan Strategi Ekonomi: Membidik Target Pengguna Pasar E-Commerce di Indonesia dengan Presisi dan Akurat

24 Juni 2024   17:00 Diperbarui: 24 Juni 2024   17:05 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Membidik target pengguna pasar e commerce di Indonesia dengan presisi dan akurat (sumber:  bing/AI)

Dalam era digital yang semakin berkembang, strategi ekonomi yang efektif adalah kunci untuk memenangkan persaingan di pasar e-commerce. 


Di Indonesia, pasar e commerce menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Menurut data dari Departemen Riset Statista, jumlah pengguna pasar e-commerce di Indonesia pada tahun 2024 diperkirakan mencapai 65,65 juta. 

Angka ini diproyeksikan akan meningkat sebesar 33,5 juta pengguna atau 51,03 persen antara tahun 2024 dan 2029, sehingga mencapai 99,1 juta pengguna pada tahun 2029. 

Peningkatan ini menandakan potensi besar yang dapat dimanfaatkan melalui taktik dan strategi ekonomi yang tepat.

Menentukan Target Pengguna dengan Presisi

Langkah awal dalam menyusun strategi ekonomi adalah mengidentifikasi dan memahami target pengguna. Segmentasi pasar menjadi alat yang sangat penting di sini. 


Pengelompokan konsumen berdasarkan demografi, psikografi, perilaku, dan geografis memungkinkan perusahaan untuk mengenal lebih dekat siapa saja yang menjadi target utama mereka. 

Dengan demikian, sumber daya dapat dialokasikan secara efisien untuk mencapai segmen pasar yang paling potensial.

Analisis Data untuk Keakuratan

Pemanfaatan big data dan analitik menjadi kunci dalam mengembangkan strategi yang presisi. 

Data pengguna yang dikumpulkan dari berbagai sumber, seperti riwayat pembelian, preferensi produk, dan aktivitas online, memberikan wawasan yang mendalam tentang perilaku dan kebutuhan konsumen. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun