"Guru memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan masa depan para siswa"
Mereka tidak hanya bertanggung jawab untuk mentransfer pengetahuan akademis, tetapi juga membimbing siswa dalam pengembangan keterampilan sosial, emosional, dan moral yang memengaruhi mereka sebagai individu yang bertanggung jawab dalam masyarakat.Â
Dalam konteks ini, konsep "guru penggerak" muncul sebagai sebuah paradigma baru yang menyoroti peran guru dalam memotivasi, menginspirasi, dan memimpin siswa mereka ke arah yang positif.
Tidak semua guru memiliki dampak yang sama dalam mendorong siswa mereka untuk tumbuh dan berkembang.Â
Sementara beberapa guru diakui sebagai "penggerak" yang berhasil memotivasi siswa mereka untuk meraih prestasi yang luar biasa, ada juga yang hanya memenuhi peran dasar mereka sebagai pengajar tanpa memberikan dorongan yang signifikan bagi perkembangan siswa di luar ruang kelas.
Dalam konteks ini, ada perbedaan antara "guru penggerak"Â dan "penggerak lingkungan."Â
Guru penggerak adalah mereka yang tidak hanya menyampaikan materi pelajaran, tetapi juga berperan aktif dalam membimbing, memotivasi, dan menginspirasi siswa untuk mencapai potensi mereka yang sebenarnya.Â
Mereka menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, mendorong diskusi terbuka, dan memberikan tantangan yang memicu perkembangan siswa secara holistik.
Di sisi lain, "penggerak lingkungan" mungkin merupakan guru yang hanya memenuhi tugas-tugas akademis dasar mereka tanpa memberikan dorongan atau dukungan tambahan bagi siswa di luar kelas.Â
Mereka mungkin kurang aktif dalam memotivasi siswa, kurang bersedia untuk berinvestasi dalam hubungan pribadi dengan siswa, atau tidak memberikan perhatian yang cukup terhadap kebutuhan individual siswa.
Contoh Guru Penggerak: