Mohon tunggu...
Jandris Slamat Tambatua
Jandris Slamat Tambatua Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pascasarjana MSDM, Pemerhati Lingkungan, Competency Assessor

"Manusia Kerdil Yang Berusaha Mengapai Bintang"

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Makna Warna dalam Identitas Visual Brand: Kasus Studi Brand Terkenal

19 Oktober 2023   07:52 Diperbarui: 19 Oktober 2023   07:55 426
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Brand-brand yang sukses menciptakan pesan yang diinginkan melalui identitas visual (Dok. Pribadi)

Setiap warna memiliki karakteristik unik yang memengaruhi cara kita merasakannya. Sebagai contoh, merah seringkali dikaitkan dengan energi, keberanian, dan gairah, sementara biru cenderung memberikan perasaan ketenangan, kepercayaan, dan keandalan.


Dalam dunia pemasaran dan branding, penggunaan warna bukanlah kebetulan semata. Psikologi warna telah mengungkap bahwa setiap warna memiliki makna dan efek psikologis tertentu, dan brand-brand yang sukses telah memanfaatkan pengetahuan ini untuk menciptakan pesan yang diinginkan melalui identitas visual mereka. 

"Warna bukan sekadar elemen visual, tetapi sebuah bahasa yang mampu memengaruhi emosi, persepsi, dan tindakan individu".

Makna warna telah menjadi aspek kritis dalam perancangan identitas visual sebuah brand. Dalam artikel ini, kita akan membahas contoh konkret dari brand-brand terkenal dan melihat bagaimana mereka memanfaatkan psikologi warna untuk menciptakan asosiasi yang mendalam dengan audiens mereka. Dari merah bersemangat hingga hijau berkelanjutan, masing-masing warna yang digunakan dalam branding memiliki tujuan dan pesan tersendiri.

Berikut adalah penjelasan makna warna yang digunakan dalam identitas visual beberapa brand terkenal:

Coca-Cola (Dok. Pribadi)
Coca-Cola (Dok. Pribadi)

1. Coca-Cola:

   - Warna Utama: Merah

   - Makna: Coca-Cola menggunakan warna merah yang kuat untuk menciptakan kesan semangat, kegembiraan, dan gairah. Merah juga sering dikaitkan dengan keberanian, dan Coca-Cola telah memanfaatkan warna ini untuk menarik perhatian konsumen dan menggugah emosi.

McDonald's ((Dok. Pribadi)
McDonald's ((Dok. Pribadi)

2. McDonald's:

   - Warna Utama: Merah dan Kuning

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun