Mohon tunggu...
Jandris Slamat Tambatua
Jandris Slamat Tambatua Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pascasarjana MSDM, Pemerhati Lingkungan, Competency Assessor

"Manusia Kerdil Yang Berusaha Mengapai Bintang"

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Menulis Artikel Kompasiana: Lebih dari Sekadar Bonus

10 September 2023   13:23 Diperbarui: 10 September 2023   13:26 991
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
K-Rewards Kompasiana bulan Agustus 2023 (Dok. Kompasiana)

Artikel ini bukanlah untuk memamerkan prestasi saya, karena apa yang bisa dipamerkan dari mendapatkan reward? Namun, artikel ini memiliki tujuan yang lebih mulia. Saya ingin menggunakan pengalaman ini sebagai sumber inspirasi bagi teman-teman supaya menuangkan inspirasi menulis sebagai landasan pengembangan literasi di Kompasiana.

Sebuah perjalanan menarik, dimulai ketika saya memutuskan untuk menulis artikel selama 2 bulan di Kompasiana. Awalnya, saya tidak pernah membayangkan bahwa tulisan-tulisan saya akan mendapatkan perhatian yang signifikan. Sebulan lalu, saya hanya menulis 30 artikel dengan total views sebanyak 7700. Namun, apa yang terjadi selanjutnya sungguh mengejutkan.

Tangkap layar di Kompasiana (Dok. Kompasiana)
Tangkap layar di Kompasiana (Dok. Kompasiana)

Saya menemukan diri saya masuk dalam 25 besar daftar penerima K-Reward Agustus 2023 di Kompasiana. Saya selalu berpegang pada prinsip bahwa K-Reward adalah bonus, bukan tujuan utama saya dalam menulis. Saya tidak ingin memamerkan prestasi ini, karena apa yang bisa dipamerkan dari mendapatkan reward? Ini adalah semacam bonus yang datang begitu saja.

Hasil K-Rewards selama 2 bulan menulis artikel di Kompasiana (Dok. Pribadi)
Hasil K-Rewards selama 2 bulan menulis artikel di Kompasiana (Dok. Pribadi)

Namun, ada yang lebih penting daripada sekadar hadiah uang. Saya ingin menggunakan pengalaman ini sebagai motivasi bagi teman-teman untuk berkreasi dan memberikan inspirasi untuk menulis di Kompasiana. 

Tangkap layar di Kompasiana (Dok. Pribadi)
Tangkap layar di Kompasiana (Dok. Pribadi)

Saya ingin mereka kembali menulis dan berbagi pikiran mereka dengan dunia. Juga, bagi teman-teman yang ragu untuk memulai menulis, saya ingin memberikan dorongan agar lebih percaya diri untuk memulai perjalanan menulis mereka sendiri.

Kompasiana memang memberikan imbalan bagi penulisnya. Kita bisa menulis secara gratis di platform ini, dan jika tulisan mencapai minimal 3000 views dalam sebulan, kita bisa mendapatkan K-Rewards dalam bentuk saldo Gopay.

Selama artikel mendapat label pilihan atau artikel utama, peluang Anda untuk mendapatkan K-Rewards semakin besar. Meskipun jumlahnya tidak besar, rasanya sangat membanggakan menerima apresiasi ini. Selain itu, Kompasiana sering mengadakan berbagai event berhadiah yang bisa memberikan hadiah menarik.

Lebih jauh lagi, ada peluang untuk menjadi Exclusive Writer di Kompasiana. Ini merupakan posisi istimewa ketika kita menulis artikel sesuai dengan arahan mitra kerja. Bayarannya sangat menggiurkan, bahkan bisa mencapai satu juta rupiah atau lebih untuk satu tulisan. Ini seharusnya menjadi dorongan besar untuk kita semua agar semakin bersemangat dalam menulis di Kompasiana.

Statistik penulis artikel di Kompasiana (Dok. Pribadi)
Statistik penulis artikel di Kompasiana (Dok. Pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun