Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk dan luas wilayah. Luas daratan Indonesia kurang lebih 1,9 juta kilometer persegi, dan jumlah penduduknya sekitar 260 juta jiwa. Angka tersebut dapat menjadi peluang bagi para pengusaha bisnis waralaba.Â
Manajemen waralaba merupakan bentuk bisnis kerjasama antara franchisor dan franchisee, di mana franchisor memberikan hak kepada franchisee untuk menjual produk atau jasa dengan memanfaatkan merk dagang yang dimiliki oleh franchisor sesuai dengan prosedur atau sistem yang diberikan.Â
Berikut adalah beberapa bisnis waralaba terbesar di Indonesia:
1. Indomaret - Merupakan bisnis waralaba retail yang menyediakan berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman dan produk rumah tangga.
2. KFC - Merupakan bisnis waralaba restoran cepat saji yang menyediakan makanan khas Amerika seperti ayam goreng dan burger.
3. Alfamart - Merupakan bisnis waralaba retail yang menyediakan produk kebutuhan sehari-hari seperti Indomaret.
4. Es Teler 77 - Merupakan bisnis waralaba makanan yang menyajikan es buah dengan variasi rasa dan topping yang berbeda.
5. Bakmi GMÂ - Merupakan bisnis waralaba restoran yang menyajikan masakan khas Indonesia seperti bakmi dan nasi goreng.
6. Ace Hardware - Merupakan bisnis waralaba retail yang menyediakan berbagai macam produk peralatan rumah tangga dan perkakas.
7. Pizza Hut - Merupakan bisnis waralaba restoran cepat saji yang menyajikan pizza dan makanan Italia lainnya.
8. J.CO Donuts & Coffee - Merupakan bisnis waralaba kedai kopi dan donat yang terkenal dengan berbagai macam varian rasa dan topping donat.