Mohon tunggu...
Jandris_Sky
Jandris_Sky Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pascasarjana MSDM, Pemerhati Lingkungan, Competency Assessor

"Manusia Kerdil Yang Berusaha Mengapai Bintang"

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

30 Cara Menemukan Peluang Bisnis Baru

21 Mei 2023   00:19 Diperbarui: 21 Mei 2023   00:28 306
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Untuk menemukan peluang bisnis, diperlukan berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meraih peluang dalam bisnis. 

Berikut ini kami rangkum 30 cara dalam menemukan  peluang bisnis:

1. Riset pasar: Melakukan riset pasar dapat membantu pengusaha dalam mengidentifikasi celah di pasar, menentukan kebutuhan dan preferensi pelanggan serta mengidentifikasi peluang potensial.

2. Relasi: Relasi dapat membantu pengusaha dalam membangun hubungan dengan profesional lain di industri, mengidentifikasi kolaborator atau mitra potensial dan tetap mengikuti tren dan perkembangan industri.

3. Mengamati tren: Mengawasi tren di industri, serta tren sosial dan ekonomi yang lebih luas, dapat membantu pengusaha dalam mengidentifikasi peluang baru serta tetap terdepan dalam persaingan.

4. Brainstorming: Sesi brainstorming dapat membantu pengusaha untuk menghasilkan ide-ide baru dan mengidentifikasi peluang bisnis baru.

5. Analisis SWOT: Melakukan analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman) dapat membantu pengusaha dalam bisnis untuk mengidentifikasi peluang potensial dan mengembangkan strategi.

6. Analisis kompetitif: Menganalisis persaingan dapat membantu pengusaha dalam mengidentifikasi celah di pasar dan peluang bisnis baru.

7. Umpan balik pelanggan: Mengumpulkan umpan balik dari pelanggan dapat membantu peluang bisnis dalam mengidentifikasi area untuk peningkatan dan kwalitas produk serta layanan baru.

8. Seminar dan acara industri: Menghadiri seminar dan acara di industri dapat membantu pengusaha agar tetap mengikuti tren dan perkembangan serta mengidentifikasi peluang bisnis.

9. Pemantauan media sosial: Pemantauan media sosial dapat membantu pengusaha untuk mengetahui preferensi pelanggan dan mengidentifikasi peluang bisnis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun