Salah satu keterampilan terpenting yang dapat kita ajarkan kepada setiap peserta didik di merdeka belajar adalah bagaimana mereka mengajukan suatu pertanyaan yang benar-benar menjadi akar permasalahan dari gerakan literasi sains (garasi) pada merdeka belajar.
Pada projek penguatan profil pelajar pancasila (P5), yaitu kegiatan kokurikuler berbasis projek.
Kegiatan yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai profil pelajar pancasila yang disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan.
Peserta didik tidak perlu menanyakan beberapa pertanyaan yang terlalu detail.
Pertanyaan-pertanyaan seperti:
Mengapa ada lebih banyak cacing tanah dihalaman sekolah ini dari pada tempat yang lain?
Mengapa tanaman ini tumbuh disini dan tidak ada disana?
Hal itu merupakan salah satu pertanyaan yang ingin kita ajukan kepada peserta didik.
Mengajukan pertanyaan adalah dasar dari gerakan literasi sains pada kurikulum merdeka.
Gerakan literasi sains di merdeka belajar pada projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) bahwa setiap peserta didik mendapatkan kesempatan dalam melakukan survei didaerah sekitar rumah maupun sekolah untuk mengamati dan menyelidiki objek, materi dan peristiwa yang menarik minat mereka.
Peserta didik telah memperoleh pengetahuan substansial di merdeka belajar mengenai alam sekitarnya dan menghasilkan banyak ide-ide bagi mereka sendiri mengenai bagaimana dan mengapa terjadinya hujan yang dapat membasahi tanah dan mengairi daerah persawahan.