Mohon tunggu...
Jamilah rosnina
Jamilah rosnina Mohon Tunggu... Guru Mata Pelajaran IPA

Belajar Hal Baru

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Modul 1.2.a.4 Eksplorasi Konsep Tugas A

7 November 2022   19:37 Diperbarui: 7 November 2022   19:43 29465
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

  1. Bagaimana Bapak/Ibu memahami cara kerja otak, 5 kebutuhan dasar manusia, tahap tumbuh-kembang anak berserta pengaruhnya pada pembentukan kebiasaan dan nilai-nilai hidup manusia? Mengapa demikian?
  • Otak bekerja dengan 2 sistem berfikir berbeda, yaitu berfikir cepat dan berfikir lambat. Kedua cara berfikir tersebut sangat mempengaruhi manusia dalam berprilaku. Fungsi otak tersebut diumpakan dengan eskalator yang dimana pada saat eskalator bergerak turun. Posisi eskalator bergerak turun dan posisi manusia adalah searah dengan arah gerak turun eskalator adalah ibaratkan dengan sistem berfikir cepat manusia tidak perlu menggunakan energi yang besar dalam prosesnya, tetapi posisi eskalator bergerak turun tetapi gerak manusia berlawanan arah dengan gerak eskalator (gerak manusia naik) adalah diibaratkan dengan sistem kerja otak berfikir lambat yaitu gerak yang membutuhkan energi yang besar dalam prosesnya.
  • Sistem pada otak manusia terdiri dari :
    • Otak mamalia yang mengatur emosi, yaitu: takut, sedih, marah, senang, terkejut, dll.
    • Otak Reptil yang mengatur cara bertahan hidup, yaitu yang mengatur cara melawan, bertahan dan diam, serta sistem otomatisasi sistem organ tubuh manusia dan bekerja secara tidak sadar.
    • Otak Berfikir (otak luhur, otak manusia, otak primata) adalah bagian dari otak untuk mengatur kemampuan berfikir kompleks, berfikir secara logis, rasional, terstruktur, kemampuan berbahasa. Bagian otak yang mampu memproses perencanaan, pemecahan masalah, berimajinasi, berfikir kreatif. Namun cara kerja otak ini memerlukan banyak energi dalam prosesnya dibandingkan dengan otak reptil dan otak mamalia.
    • Cara kerja otak tersebut adalah sebagai bentuk keyakinan bahwa manusia mampu berfikir dan menganalisa suatu informasi, karena otak manusia mampu untuk menganalisa agar suatu informasi apakah tergolong ancaman atau tidak, manusia mampu menggunakan sistem berfikir lambat dalam upaya untuk tidak memperkenankan sistem berfikir cepat mengendalikan prilaku manusia, yang mana sistem berfikir cepat hanyalah untuk mengatur rasa emosi dan cara bertahan dan tidak untuk berfikir secara logis, kreatif, dan upaya untuk memecahkan masalah.
  • 5 dasar Kebutuhan manusia:
    • kasih sayang dan diterima = Kebutuhan akan kasih sayang dan bisa diterima
    • Kekuasaaan = kebutuhan akan diakui kekuatannya
    • Bertahan Hidup = kebutuhan untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan
    • Kesenangan = kebutuhan akan kesenangan
    • Kebebasan = kebebasan dalam memilih
  • Tahap Perkembangan anak menurut Erik Erikson kepribadian seseorang tumbuh dalam rangkaian 6 tahapan
  • 0-1,5 tahun = menyediakan kasih sayang,kelembutan dan kepedulian sehingga menimbulkan harapan dan kepercayaan pada prilaku tersebut apabila tidak dipenuhi maka akan menimbulkan tidak kepercayaan.
  • 1,5-3 tahun = mengembangkan kontrol diri dan kemandirian  sehingga menimbulkan tekad dan apabila tidak dipenuhi oleh pengasuh/orangtua maka akan menimbulkan sikap rendah diri
  • 3-5 tahun = memberi kesempatan anak untuk mempunyai inisiatif apabila tidak terpenuhi maka akan mengakibatkan anak merasa salah.
  • 5-12 tahun = menyediakan waktu untuk anak menumbuhkembangkan produktifitas mereka dalam belajar apabila tidak terpenuhi maka anak akan merasa rendah diri/ tidak produktif.
  •  12-18 tahun = anak perlu penuntun dalam mendapatkan identitasnya menemukan jati diri agar mereka tidak kebingungan
  • 18-40 tahun = pada fase ini adalah tahapan memerlukan cinta dan kasih sayang menjalin hubungan intim dengan seseorang dan keluarga apabila tidak anak akan merasa terisolasi dari lingkungannya.
  • Selain itu juga tahapan tumbuh kembang anak menurut Ki Hajar Dewantara terbagi atas 3, yaitu :
    • Wiraga (0-8 tahun) yaitu tahap bermain, belajar, ekplorasi, dan pengalaman
    • Wiraga-Wirama (8-16 tahun) yaitu tahapan selaras dan seirama antara wiraga dan wirama tetapi keinginan untuk bermain berkurang.
    • Wirama (17-24) yaitu tahapan pembiasaan, tanggung jawab dan kegiatan rutin selaras dengan sesama dan semesta.

2.  Menurut Bapak/Ibu nilai-nilai apa yang perlu dikuatkan sebagai guru penggerak? Mengapa demikian?

  • Menurut saya adalah nilai-nilai yang perlu dikuatkan dalam pendidikan calon guru penggerak adalah
  • Mandiri mampu mendorong diri untuk kreatif dan inovatif
  • Reflektif mampu introspeksi diri dan perbaikan diri baik secara sistem pengajaran maupun sebagai teladan siswa
  • Kolaboratif mampu bekerjasama dengan baik untuk hasil yang terbaik
  • Inovatif menemukan gagasan/ ide baru dalam pendidikan
  • Berpihak kepada murid mengutamakan kebutuhan murid untuk perkembangan pendidikannya.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun