Nama saya Sitti Jamiah Madjid, S.Pd., saya mengajar di MAN 2 Barru Sulawesi Selatan.
Proses belajar mengajar tidak hanya sekedar menyampaikan materi ajar ataupun menerima materi ajar namun perlu adanya konsep yang jelas sehingga materi ajar dapat tersampaikan dan diterima dengan jelas. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar perlu adanya perancangan pengajaran agar proses belajar mengajar berjalan efektif dan efisien sehingga memicu siswa yang aktif dalam belajar. Guru berperan sebagai pengajar, motivator, fasilitator, mediator, evaluator, pembimbing, dan pembaru sehingga dituntut untuk dapat mengusai kelas saat proses belajar mengajar berlangsung.
Ada banyak cara menjadi guru yang kreatif dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan memanfaatkan media pembelajaran dalam proses belajar. Penggunaan media pembelajaran merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dan sudah merupakan suatu integrasi terhadap metode belajar yang dipakai. Kedudukan media pembelajaran memiliki peranan yang penting karena dapat membantu proses belajar siswa. Penggunaan media pembelajaran, bahan belajar yang abstrak bisa di kongkritkan dalam pembelajaran.
Kemajuan teknologi mendorong  terjadinya banyak perubahan, salah satunya dalam bidang pendidikan yang melahirkan konsep media learning. Penggunaan media learning akan menjadi efektif dan efisien, karena belajar tidak hanya terpaku pada pertemuan antara guru dengan murid dalam satu waktu.Â
Media pembelajaran merupakan salah satu bentuk belajar mengajar yang melibatkan siswa dan guru dengan menggunakan sumber belajar baik di dalam kelas ataupun di luar kelas.Â
Penggunaan media dalam proses pembelajaran tidak harus dihadiri oleh seorang guru, karena tanpa seorang guru proses pembelajaran dapat berlangsung atau dengan kata lain siswa dapat melakukan proses pembelajaran secara individual dengan materi pembelajaran yang telah disusun sesuai dengan kesiapan siswa sehingga mampu mempertunjukkan perilaku kesiapan siswa sesuai yang diharapkan.Â
Dalam situasi seperti ini guru dapat berdiri di belakang layar dan dapat lepas tangan dari tugas-tugasnya sebagai pemberi informasi karena tugasnya telah digantikan oleh media pembelajaran yang ada. Jadi, dengan adanya media pembelajaran diharapkan siswa dapat interaktif, berfikir kritis, dan tidak mengalami kebosanan saat proses pembelajaran berlangsung sehingga pembelajaran yang ada akan tersampaikan dengan baik dan sesuai dengan tujuan awal.
Olehnya itu pelatihan dogmit (diklat online guru melek IT) ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan aspirasi kita membuat media pembelajaran berbasis android. Saya sangat termotivasi untuk selalu mengikuti E-Training Guru Melek IT ini. Ini sangat menambah wawasan kita sebagai guru untuk menciptakan sesuatu yang menarik buat siswa-siswi kita.
Kita tidak hanya terfokus pada buku pembelajaran saja tapi dengan adanya media ini kita bisa mengajar tanpa menggunakan buku lagi. Dan saya sudah buktikan motivasi anak-anak lebih meningkat semangat  belajarnya sewaktu saya menggunakan aplikasi video maker dalam materi dimensi tiga, mereka lebih antusias untuk mengikuti semua pembelajarannya.
Terima kasih kami ucapkan kepada trainer guru melek IT ini yang membimbing kami para guru untuk keluar dari keterbelakang IT untuk membuat media pembelajaran.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H