Mohon tunggu...
James P Pardede
James P Pardede Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Menulis itu sangat menyenangkan...dengan menulis ada banyak hal yang bisa kita bagikan.Mulai dari masalah sosial, pendidikan dan masalah lainnya yang bisa memberi pencerahan

Selanjutnya

Tutup

Money

Online Shop, Peluang 'Emas' Bagi Perusahaan Jasa Pengiriman Logistik

16 November 2014   05:41 Diperbarui: 17 Juni 2015   17:42 392
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_354392" align="aligncenter" width="300" caption="JNE"][/caption]

PENGALAMAN penulis saat menggunakan jasa pengiriman ekspres PT Jalur Nugraha Eka Ekspres (JNE) ke Jakarta, pada awalnya ada perasaan takut juga. Apakah benar barang yang saya kirim sampai ke alamat yang dituju tepat waktu ? Apakah kiriman saya aman ? Pertanyaan-pertanyaan itu pada awalnya menggugah pikiran saya untuk memutuskan apakah menggunakan jasa pengiriman JNE atau lewat jasa pengiriman ekspres lainnya.

Sebelumnya, saya sudah mendapat referensi dari teman yang sudah pernah menggunakan jasa pengiriman ekspres JNE bahwa surat atau barang yang dikirimnya ke Jakarta sampai tepat waktu. Tiba saatnya untuk memilih jasa pengiriman ekspres, saat bahan lomba karya tulis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional sudah dimuat di media massa dan klipingnya sudah dimasukkan dalam amplop tertutup. Motor yang saya kendarai melaju ke Jalan Brigjend Katamso Medan. Di sana ada banyak penyedia jasa pengiriman barang atau paket ekspres.

Sepeda motor saya berhenti di persimpangan Jalan Juanda dan Jalan Brigjend Katamso. Di sana ada satu perusahaan jasa pengiriman barang bernama JNE. Saya mencoba bertanya kepada pegawainya, apakah paket surat bahan lomba karya tulis saya bisa sampai ke Jakarta besok harinya ? Karena batas waktu pengiriman bahan lomba telah ditentukan dan harus sampai besok harinya. Dengan cepat pegawai yang ada disana memastikan bahwa kiriman saya bisa sampai di Jakarta paling lambat sore.

Saya langsung menyerahkan amplop berisi bahan lomba karya tulis dan membayar biaya pengirimannya. Waktu itu masih sangat pagi sekali. Sepulang dari JNE, saya mulai mencari informasi tentang jasa pengiriman barang dan paket ekspres JNE, dimana barang atau paket yang kita kirim bisa dipantau lewat internet.

Esok harinya, tepat pukul 16.00 WIB saya membuka website JNE di www.jne.co.id dan mencari kolom tracking. Saya memasukkan nomor resi pengiriman titipan saya. Hampir tidak percaya, saya melihat bahwa kiriman saya sudah diterima dengan baik oleh panitia. Bukti bahwa kiriman saya sudah sampai ke meja panitia semakin diperkuat dengan email langsung dari panitia yang memberitahukan bahwa bahan lomba tulisan saya sudah sampai ke panitia.

Penantian yang cukup panjang, setelah hampir satu bulan menantikan pengumuman lomba karya tulis Kemdiknas, saya ditelepon panitia dari Jakarta yang memberitahukan bahwa saya menjadi pemenang ketiga tingkat nasional. Satu hal yang terbersit di pikiran saya adalah, berkat jasa pengiriman ekspres JNE bahan lomba karya tulis saya sampai ke pantitia tepat waktu. Mungkin kalau pakai jasa pengiriman lain belum tentu sampai tepat waktu. Terimakasih JNE yang telah menambah daftar penghargaan saya sebagai pemenang dalam beberapa lomba karya tulis tingkat nasional.

Membaca website dan beberapa informasi yang ditampilkan JNE, bahwa sampai hari ini JNE tetap komit dalam memberikan pelayanan terbaik patut diberi apresiasi. JNE merupakan perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian. Selain kegiatan utama tersebut, JNE juga telah memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/money remittance. Di akhir tahun 2012, JNE melakukan spin off divisi Logistik, menjadi unit usaha tersendiri terpisah dari unit kurir ekspres.

Oleh karena itu, di tahun 2013, JNE siap berekspansi di bidang logistik, dengan berfokus pada layanan yang mencakup pergudangan, cargo, pengiriman melalui jalur darat, sea freight, dan air freight. Selain itu, di sisi penjualan retail, jaringan penjualan JNE dapat dipastikan akan mencapai 3,000 outlet di seluruh Indonesia di tahun ini, yang terhubung secara on-line real time dengan data center di kantor pusat.

Sejak berdirinya di tahun 1990, JNE bertekad fokus pada kepuasan pelanggan dengan senantiasa memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan melalui layanannya.

Seiring dengan perkembangan jaman dan makin maju pesatnya informasi teknologi kita, masyarakat sekarang sudah banyak yang ‘malas’ untuk berbelanja ke pasar atau memilih-milih barang elektronik di toko. Saat ini, untuk membeli barang kebutuhan rumah tangga, barang elektronik untuk peralatan kerja atau sekadar membeli kamera DSLR untuk penyaluran hoby sudah sangat mudah. Tinggal buka laman perusahaan jasa penjualan barang online (Online Shop), kemudian pilih dan pesan. Dalam waktu satu hari, kalau agak jauh 2 atau 3 hari barang pesanan sudah sampai ditangan.

[caption id="attachment_354393" align="aligncenter" width="300" caption="Jasa Pengiriman Barang dan Logistik"]

14160660121780108846
14160660121780108846
[/caption]

Pertumbuhan bisnis belanja online semakin pesat, iklan belanja online sudah masuk ke media elektronik. Perkembangan bisnis ini secara otomatis akan mengikutsertakan perusahaan jasa pengiriman barang/logistik untuk ikut berkembang dan melaju dengan pesat. Selain perusahaan bisnis online, masyarakat dan pelaku usaha kecil menengah (UKM) pun sudah ada yang menjual produknya lewat bisnis online. Bisnis online ini menjadi peluang yang sangat menguntungkan bagi perusahaan jasa pengiriman barang dan logistik.

JNE lewat PT Jalur Nugraha Eka Ekspres, menjadi salah satu perusahaanexpress delivery di Indonesia, yang pada akhir tahun lalu mulai mengembangkan sayapnya ke dunia logistik. Yang mana hal itu dimulai dengan pembentukan PT Jalur Nugraha Eka Logistik akhir 2012. Walaupun kontribusi anak usaha logistik ini masih kecil, namun JNE tetap optimis akan bisa menjadi salah satu perusahaan logistik lokal yang besar di nusantara.

Bisnis online yang semakin berkembang sebenarnya tak perlu khawatir dengan masalah pengiriman barang yang dibeli oleh konsumen. Jasa pengiriman barang atau logistik pasti siap bermitra dengan peruahaan bisnis online di tiap kota. Seperti segitiga sama kaki, sama-sama diuntungkan. Pembeli menginginkan barang yang dibeli online lewat perusahan bisnis online  bisa sampai ke tangannya secepat mungkin.

Perusahan jasa pengiriman barang/logistik sudah pasti menjual kecepatannya. Perusahaan bisnis online ketika bermitra dengan jasa pengiriman barang pun menginginkan barang yang mereka kirim sampai ke pembeli tepat waktu. Sistem pembayaran yang dianut ada beragam. Urusan ini sudah menjadi ranah dan kebijakan kedua perusahaan.

Di masa mendatang, produk–produk yang dihasilkan sektor UKM tidak lagi dirundung rasa khawatir barangnya rusak atau sampai ke pelanggan tidak tepat waktu. Urusan kirim barang bisa diserahkan ke jasa pengiriman barang seperti JNE. Di beberapa daerah, beberapa produsen barang masih mengantar sendiri atau menggunakan (transportasi) seadanya dalam mengantar produk pesanan konsumen. Ketika urusan pengiriman barang diserahkan ke perusahan jasa pengiriman seperti JNE, akan banyak sekali titik efisiensi yang bisa terjadi.

Persaingan di bisnis jasa logistik Indonesia saat ini sangat kompetitif. Apalagi perusahaan jasa logistik asing juga ikut meramaikan pasar di dalam negeri. Menghadapi era pasar bebas, perusahaan jasa logistik JNE dalam kiprahnya melayani konsmen selama 24 tahun pasti akan terus melakukan inovasi-inovasi untuk memanjakan konsumennya. Semua perusahaan jasa pengiriman logistik menjanjikan barang cepat diantar dan sampai di tujuan tepat waktu, tinggal bagaimana perusahaan benar-benar dalam menempatkan orang yang jujur dan bertanggungjawab dalam proses pengiriman barang sampai ke tujuan. Selamat Ulang Tahun yang ke-24 untuk JNE.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun