Mohon tunggu...
jamal setyawan
jamal setyawan Mohon Tunggu... karyawan swasta -

My life my pride

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Masakan Padang Lebih Mahal dari Kota Asalnya Padang

8 April 2018   09:27 Diperbarui: 8 April 2018   09:43 729
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kuliner. Sumber ilustrasi: SHUTTERSTOCK via KOMPAS.com/Rembolle

Siapa yang tidak mengenal rumah makan padang hampir di sudut kota di indonesia berdiri rumah makan padang bahkan sampai ke negeri tetanga ,citra makanan padang yg nikmat enak membuat rumah makan padang ramai dikunjungi baik yang skala kecil sekelas ampera maupun skala besar sekelas restaurant.

Di pekanbaru sendiri jika makan di rumah makan padang harganya sngat terjangkau sekali di kantong tergantung kita punya dana mau yg murah bisa di ampera yg masih tersedia harga Rp 8000 samapi Rp 10000 sangat murah bukan untuk ukuran anak kos yahh paslah rasanya juga tetap nikmat , jika mau yg lebih nikmat bisa di coba di rumah makan yg lbih besar seperti rumah makan sederhana, pak datuk,pak nurdin,bareh solok dll harganya gak mahal mahal amat hanya Rp 18000 sampai paling mahal Rp 20000 yahh masih kuat lah di kantong.

Beda halnya bila berkunjung di kota padang  saya sungguh terkejut saat bayar makan di kota padang ternyata lebih mahal saya gak tau kenapa lbih mahal entah karna saya orang luar padang mungkin makanya mahal, saya pernah makan di rumah makan gak terlalu besar gak sebesar rumah bareh solok di jl a. Yani kota pekanbaru, rumah makannya di tengah kota saat makan di sana saya dan teman saya makan nasi putih lauknya tongkol balado yg di potong, dan secangkir teh manis ukuran kecil saya sendiri hanya minum air putih hangat untuk itu semua saya harus membayar Rp 60 ribu, kalau di bagi 2 jadi Rp 30 ribu perorang mahalkan lebih mahal jika di bandingkan makan di Rm bareh solok di pekanbaru yg hanya Rp20 rbu..

Keesokan harinya masih di kota padang saya coba makan di rumah makan yang lebih kecil ya kurang lebih kayak ampera di pekanbarulah, pikir saya lebih murah lah dari pada yg kemarin. Ternyata tidak harganya masih mahal juga satu porsi makanan yg kami makan dengan lauk yg sama dan minum teh tawar(teh goyang) kami berdua sama teman harus membayar Rp. 45 ribu kalu di bagi 2 jadi Rp 22,500/porsi. Masih kemahalan menurut saya sebagai traveling yg punya budget kecil, padahal bila asal masakan padang dari kota padang kenapa bisa lebih mahal ya dari pekanbaru di pekanbaru sayuran beras dll semuanya banyak di datangkan dari daerah sumatra barat. 

Rumah makan padang memang lebih mahal dari kota asalnya, kalu di sumatra barat sendiri kayak di kota solok ,batu sangkar, payakumbuh untuk makan harganya boleh di bilang masih sangat terjangkau, di kota payakumbuh sendiri misalnya masih bisa di dapati rumah makan ampera yg harganya 10 ribu begitupun di solok dan batusangkar rumah makan amperanya juga masih standar murah Rp 15 rbu/porsi ,jika rumah makan yg cukup besar harganya juga masih standar murah 18 ribu sampai 20 rbu perporsi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun