Mohon tunggu...
Jalil Ludin
Jalil Ludin Mohon Tunggu... Akuntan - Pekerja Swasta dan Mahasiswa

Nama saya Jalil Ludin, dan saya adalah seorang profesional yang berdedikasi bekerja sebagai Person In Charge (PIC) di Shopee, serta seorang mahasiswa aktif di Universitas Islam Negeri (UIN) Cirebon. Dalam peran saya di Shopee, saya bertanggung jawab atas pengelolaan dan koordinasi berbagai proyek serta memastikan bahwa setiap tugas diselesaikan dengan efisiensi dan kualitas tinggi. Saya memiliki kemampuan manajemen waktu yang sangat baik, keterampilan komunikasi yang kuat, dan kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan, yang semuanya penting untuk kesuksesan dalam peran saya. Sebagai mahasiswa di UIN Cirebon, saya mengejar gelar di bidang Program Studi Akuntansi Syariah, di mana saya mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang relevan untuk mendukung karier profesional saya. Saya aktif dalam berbagai kegiatan kampus dan organisasi mahasiswa, yang membantu saya mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan kerja sama tim. Kombinasi pengalaman profesional saya di Shopee dan pendidikan saya di UIN Cirebon telah memberi saya perspektif yang unik dan kemampuan untuk mengatasi tantangan dengan cara yang inovatif dan efektif. Saya selalu berusaha untuk belajar dan berkembang, baik dalam lingkungan kerja maupun akademis, dan saya berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif dalam setiap peran yang saya jalani. Di waktu luang, saya senang berbagi pengetahuan dan pengalaman saya melalui tulisan di Kompasiana. Dengan kombinasi antara dunia kerja dan pendidikan, saya berharap dapat memberikan perspektif yang unik dan bermanfaat bagi para pembaca.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Festival Kuliner UMKM Desa Cilengkrang Girang: Membangun Kekuatan Ekonomi Lokal Melalui Pemberdayaan Masyarakat Desa

16 Agustus 2024   22:28 Diperbarui: 16 Agustus 2024   22:35 24
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar : Dokumentasi Narasumber

[Cilengkrang Girang, 16 Agustus 2024]- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon Kelompok 168 menyelenggarakan Festival Kuliner di Desa Cilengkrang Girang, Kecamatan Pasaleman Kabupaten Cirebon yang mengusung tema "Membangun Ekonomi Lokal Melalui Pemberdayaan Masyarakat Desa" dalam rangka memajukan perekenomian lokal dan memberdayakan masyarakat. Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 13-14 Agustus 2024 di Lapangan Jaya Raya. Festival ini diselenggarakan bersamaan dengan perkemahan Kuartir Ranting se-Kecamatan Pasaleman ditingkat SD/MI dan SMP yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang tahun Pramuka yang ke-63,  yang dirancang untuk  menumbuhkan semangat kebersamaan dan kemandirian bagi anak-anak.

Sumber gambar : Dokumentasi Narasumber
Sumber gambar : Dokumentasi Narasumber
Festival kuliner UMKM ini tidak hanya sebagai ajang untuk memamerkan makanan saja , namun merupakan upaya konkret dalam mendukung, memperkenalkan dan mempromosikan berbagai produk lokal yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Cilengkrang Girang seperti produk yang paling terkenal adalah Tahu gejrot dan produk tambahannya yaitu rengginang, kue-kue basah, es teh dan lain sebagainya. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat tercipta peluang usaha baru, peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta penguatan kemandirian ekonomi lokal. Sebelum festival kuliner ini digelar, terdapat pelatihan untuk para UMKM dengan topik utama "Manajemen Keuangan dan Bisnis Digital" sebagai bagian dari rangkaian kegiatan festival Kuliner yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan  keterampilan dalam mengembangkan usahanya.

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari warga Desa Cilengkrang Girang. Salah satu warga, Ibu Ayi, mengungkapkan, "Kami sangat berterima kasih kepada para mahasiswa/i yang telah berinisiatif mengadakan acara ini. Festival ini bukan hanya memperkenalkan kuliner desa, tapi juga memberikan kesempatan bagi kami untuk meningkatkan pendapatan keluarga."

Mahasiswa  KKN yang terlibat dalam kegiatan ini juga merasa antusias dan bangga bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. "Kami berharap festival ini dapat menjadi contoh bagaimana kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat dapat menghasilkan dampak positif bagi ekonomi lokal," ujar Ibrahim, salah satu mahasiswa KKN Kolaboratif.

Acara ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk mendorong pengembangan ekonomi lokal yang berkelanjutan di Desa Cilengkrang Girang, serta mempererat hubungan antara perguruan tinggi dengan masyarakat sekitar. Dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah, akademisi, maupun masyarakat umum, sangat diharapkan untuk kesuksesan acara ini. Selain itu, Festival Kuliner ini diharapkan dapat menjadi agenda rutin yang akan terus dikembangkan di tahun-tahun mendatang, dengan harapan semakin banyak masyarakat yang terlibat dan merasakan manfaatnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun