Mohon tunggu...
Jalil Ludin
Jalil Ludin Mohon Tunggu... Akuntan - Pekerja Swasta dan Mahasiswa

Nama saya Jalil Ludin, dan saya adalah seorang profesional yang berdedikasi bekerja sebagai Person In Charge (PIC) di Shopee, serta seorang mahasiswa aktif di Universitas Islam Negeri (UIN) Cirebon. Dalam peran saya di Shopee, saya bertanggung jawab atas pengelolaan dan koordinasi berbagai proyek serta memastikan bahwa setiap tugas diselesaikan dengan efisiensi dan kualitas tinggi. Saya memiliki kemampuan manajemen waktu yang sangat baik, keterampilan komunikasi yang kuat, dan kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan, yang semuanya penting untuk kesuksesan dalam peran saya. Sebagai mahasiswa di UIN Cirebon, saya mengejar gelar di bidang Program Studi Akuntansi Syariah, di mana saya mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang relevan untuk mendukung karier profesional saya. Saya aktif dalam berbagai kegiatan kampus dan organisasi mahasiswa, yang membantu saya mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan kerja sama tim. Kombinasi pengalaman profesional saya di Shopee dan pendidikan saya di UIN Cirebon telah memberi saya perspektif yang unik dan kemampuan untuk mengatasi tantangan dengan cara yang inovatif dan efektif. Saya selalu berusaha untuk belajar dan berkembang, baik dalam lingkungan kerja maupun akademis, dan saya berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif dalam setiap peran yang saya jalani. Di waktu luang, saya senang berbagi pengetahuan dan pengalaman saya melalui tulisan di Kompasiana. Dengan kombinasi antara dunia kerja dan pendidikan, saya berharap dapat memberikan perspektif yang unik dan bermanfaat bagi para pembaca.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Kolaborasi Kelompok 167 Berupaya Menangani Masalah Banjir di Desa Cilengkrang

6 Agustus 2024   20:02 Diperbarui: 6 Agustus 2024   20:02 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar : Dokumentasi Penulis

Cilengkrang, 6 Agustus 2024 -- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari tiga kampus Universitas Islam Negeri (UIN) yakni UIN Bandung, UIN Yogyakarta, dan UIN Cirebon yang tergabung dalam kelompok 167, berkolaborasi dalam upaya menangani masalah banjir yang kerap melanda Desa Cilengkrang. Program kerja yang diusung dalam kolaborasi ini mengusung tema "Lingkungan Bersih" dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan terbebas dari banjir.

Program "Lingkungan Bersih" ini terdiri dari dua kegiatan utama. Pertama, audiensi dengan pihak terkait untuk membahas normalisasi Kali Cisanggarung. Upaya audiensi ini bertujuan untuk mendapatkan dukungan dan solusi dari pihak berwenang dalam menangani pendangkalan dan penyumbatan yang terjadi di Sungai Cisanggarung, sehingga aliran air dapat kembali normal dan tidak menyebabkan banjir.

Kegiatan kedua adalah membersihkan saluran air di Desa Cilengkrang. Para mahasiswa KKN bekerja sama dengan warga setempat membersihkan saluran-saluran air yang selama ini tersumbat oleh sampah dan endapan. Pembersihan ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi saluran air sehingga air dapat mengalir dengan lancar dan tidak meluap saat hujan deras.

Dalam rangka meningkatkan fungsi saluran air di desa tersebut, para mahasiswa KKN secara gotong royong membersihkan saluran air yang tersumbat. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan aliran air agar dapat mengalir dengan lancar dan mengurangi risiko banjir yang kerap melanda desa terutama pada musim hujan.

"Kami melihat bahwa salah satu penyebab banjir di Desa Cilengkrang adalah saluran air yang tersumbat oleh sampah dan lumpur. Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk membersihkannya agar aliran air kembali normal dan banjir bisa dicegah," ujar salah satu mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini.

Kepala Desa Cilengkrang menyambut baik inisiatif para mahasiswa ini dan berharap kolaborasi ini dapat terus berlanjut. "Kami sangat mengapresiasi kerja keras dan kepedulian mahasiswa KKN dari UIN Bandung, UIN Yogyakarta, dan UIN Cirebon. Upaya mereka sangat membantu desa kami dalam mengatasi masalah banjir yang selama ini menjadi kendala bagi warga," ungkapnya.

Dengan kolaborasi ini, diharapkan permasalahan banjir di Desa Cilengkrang dapat teratasi dan lingkungan desa menjadi lebih bersih dan sehat. Para mahasiswa KKN juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan berperan aktif dalam upaya pencegahan banjir.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun