Mohon tunggu...
Jalesa Mutiara Dewi
Jalesa Mutiara Dewi Mohon Tunggu... Guru - Guru di SDN 3 Mojopuro Kecamatan Jatiroto Kabupaten Wonogiri

Jalesa Mutiara Dewi, S,Pd.SD guru di SDN 3 Mojopuro, Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi

7 Maret 2023   07:00 Diperbarui: 7 Maret 2023   07:00 232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada awal modul 2 ini, saya merefleksikan hasil dari kegiatan yang saya ikuti di LMS ini dalam bentuk jurnal refleksi. Jurnal Refleksi ini membahas materi pada Modul 2.1 mengenai Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal refleksi ini saya tulis sebagai media untuk mendokumentasikan perasaan, gagasan dan pengalaman serta praktik baik yang telah saya dilakukan. Model refleksi yang saya pakai adalah Model 1: 4F (Facts, Feelings, Findings, Future).

Di minggu ini ada beberapa aktivitas pembelajaran yaitu diawali dengan Test Awal Paket Modul 2, dilanjutkan aktivitas pembelajaran di LMS dimulai dengan 2.1.a .3.Mulai dari diri, 2.1.a.4. Eksplorasi konsep, 2.1.a.5.1. Ruang Kolaborasi 1, 2.1.a.5.2. Ruang Kolaborasi 2 Google Meet; 2.1.a.6. Refleksi Terbimbing - Modul 2.1; 2.1.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.1).

1. Facts (Peristiwa)

Aktivitas pertama yaitu Test Awal Paket Modul 2, dilanjutkan aktivitas pembelajaran di LMS dimulai dengan 2.1.a .3.Mulai dari diri, 2.1.a.4.Eksplorasi konsep, 2.1.a.5.1. Ruang Kolaborasi mempresentasikan hasil kolaborasi pertemuan sebelumnya tentang skenario pembelajaran berdiferensiasi. Alhamdulillah, Pada kesempatan kali ini kelompok saya kebagian presentasi ke-1 . Anggota kelompok kami yang terdiri dari Bu Isnita Lastyarini, Bu Anita Cahyani, Bu Indri Marlitasari dan saya sendiri Jalesa Mutiara Dewi. Syukurlah kami semua bisa hadir tepat waktu. Kami mempresentasikan Skenario pembelajaran berdiferensiasi untuk jenjang SD. Banyak manfaat yang kami peroleh dari sesi ini. Saya dapat memahami pembelajaran berdiferensiasi, sehingga dapat mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik.Berikutnya, saya melakukan Refleksi terbimbing. Kami diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang makin memperkuat kami meningkatkan pemahaman terkait pembelajaran berdiferensiasi. Di aktivitas ini tidak ada hambatan yang dirasakan karena di sesi ini bagaimana CGP menggali lebih dalam konsep pembelajaran berdiferensiasi. Aktivitas berikutnya yaitu demonstrasi kontekstual. Di aktivitas ini kami diminta membuat Rencana pembelajaran berdiferensiasi dan mengevaluasi efektivitas RPP yang dibuat oleh sesama rekan CGP. Saya membuat RPP berdiferensiasi dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik ditinjau dari minat belajarnya.

2. Feelings (Perasaan)

Saya antusias dan semangat mengikuti aktivitas pembelajaran modul 2.1. Pada modul 2.1. ini, Saya belajar menyusun RPP berdiferensiasi, belajar menyusun langka-langkah pembelajaran yang menyelaraskan dengan karakteristik peserta didik.Ada gambaran tindak lanjut seperti apa yang dapat diambil oleh saya sebagai bentuk tindakan yang mempertimbangkan kebutuhan belajar peserta didik.

3. Findings (Pembelajaran)

Informasi, pengetahuan dan pengalaman baru akan diterima oleh saya sebagai calon guru penggerak pemimpin pembelajaran. Salah satu aplikasi nyata bagaimana seorang guru harus menghamba pada anak adalah mengintegrasikan pembelajaran berdiferensiasi terhadap pelaksanaan dan penilaian. Pembelajaran yang mengakomodir seluruh kebutuhan peserta didik dari minat, kesiapan belajar dan profil belajar peserta didik.

4. Future (Penerapan)

Saya belajar untuk lebih memperhatikan kemampuan siswa dalam memilih aktivitas belajar yang sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki akan membantu menghindarkan siswa dari pengalaman belajar yang kurang tepat , kurang menyenangkan dan kurang berpihak pada murid. Selain itu, Saya mencoba untuk sharing dengan rekan sejawat tentang pembelajaran berdiferensiasi dengan harapan kami semua menjadi lebih memperhatikan minat dan profil belajar peserta didik dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran.

Demikian Jurnal Refleksi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun