Mohon tunggu...
jakarta webhosting
jakarta webhosting Mohon Tunggu... -

Adalah penyedia jasa web hosting di Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Money

Strategi Dasar Membangun Online Shop

6 Januari 2015   21:24 Diperbarui: 17 Juni 2015   13:41 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Bingung mau memulai usaha bisnis online shop? Pastikan kalian mengetahui bagaimana teknis dasar dalam membangun sebuah usaha bisnis dunia maya tersebut. Ada beberapa hal penting yang bisa menjadi strategi dasar membangun online shop, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pemasaran Konten


Konten pemasaran bukanlah konsep baru. Bahkan, John Deere mulai tren pada tahun 1895 ketika mereka merilis The Furrow, majalah pertanian. Perusahaan lain seperti Jell-O dan Michelin diikuti sesuai dengan buku resep dan tips otomotif. Konten pemasaran adalah penting karena membantu membangun merek Anda dan menginspirasi kepercayaan dalam perusahaan Anda. Bahkan, enam dari sepuluh konsumen mengatakan bahwa setelah membaca publikasi kustom, mereka merasa lebih baik tentang perusahaan.

Pemasaran konten online telah memperluas lapangan untuk memasukkan blog, video pelatihan, podcast, dan bahkan video game. Tapi seperti setiap strategi online lainnya, pemasaran konten memiliki kelemahan. Konten berkualitas rendah adalah kesalahan yang paling umum dan dapat mempengaruhi peringkat Anda dan merusak merek Anda. Misalnya, konten penuh dengan tata bahasa dan ejaan kesalahan membuat Anda terlihat ceroboh dan tidak profesional. Memberikan pernyataan tanpa memverifikasi fakta-fakta dapat membuat Anda terlihat bodoh. Ingat bahwa konten yang Anda masukkan di situs Anda mungkin kesan pertama calon klien mendapatkan dari perusahaan Anda.

Kesalahan lain banyak bisnis membuat adalah untuk menarik diri dari pemasaran konten semua bersama-sama. Mungkin ini hasil dari tren terhadap tamu blogging sebelum update Google baru-baru ini. Pemasar Agresif yang membuat tulisan blog tamu, dan kemudian menyerahkan mereka kepada siapa saja yang akan mempublikasikan mereka sebagai imbalan atas backlink ke situs mereka. Backlink tersebut dianggap sebagai pernikahan yang sempurna dari pemasaran konten dan SEO yang baik.

2. Pemasaran Media Sosial


Bagi beberapa orang, media sosial tidak lebih dari cara untuk tetap berhubungan dengan teman-teman lama. Tapi untuk bisnis, media sosial adalah cara untuk mengikat SEO dan konten pemasaran bersama. Search engine mempertimbangkan jumlah saham halaman menerima ketika ia menempati urutan bagian tertentu dari konten.

Baca juga: Kegunaan Media Sosial Saat Ini

Media sosial juga cepat menjadi isi cara utama dibagi. Situs seperti Twitter, Google+, Stumble Upon, dan Facebook semua memungkinkan konsumen untuk berbagi konten yang berharga dengan orang lain dalam jaringan mereka. Penelitian menunjukkan orang lebih cenderung mempercayai berbagi konten dari orang yang mereka kenal, sehingga saham ini mirip dengan 4 bintang!

Sebuah kesalahan umum dalam pemasaran media sosial berpikir sejumlah besar pengikut adalah semua yang Anda butuhkan. Bahkan, banyak perusahaan bermunculan menawarkan untuk menjual 100 atau 1000 teman ‘nyata’ atau penggemar. Perlu diingat bahwa teman-teman dan penggemar tidak cukup – Anda butuhkan untuk membangun keterlibatan. Teman yang dibeli sering tidak target demografis atau akun palsu. Tidak akan membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Disamping dua hal di atas, perlu juga diketahui tips-tips ringan membangun usaha toko online, diantaranya adalah:

1. Jangan Pernah melakukan Spamming.


Berbisnis online menggunakan social media ataupun website haruslah bijaksana.Hindari melakukan Spamming ( penipuan ) yang hanya akan membuat orang kesal dan mencoreng citra bisnis Anda.

2. Informasikan Toko dan Produk anda dengan Lengkap.


Saat membuka toko online.Anda harus menginformasikan segala jenis produk yang anda jual dan juga tentang seluk beluk toko anda seperti email,no Hp dengan lengkap dan jelas.Misalnya saja anda menjual baju.Anda di tuntut agar menginformasikan jenis kain,ukuran,stok,lebar yang tidak lain bertujuan agar memperjelas kondisi barang dan menghindarkan toko kita masuk ke dalam kategori penipuan karna barang yang mereka terima tidak sesuai dengan apa yang anda jual.

3. Foto dengan kualitas Bagus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun