Halo Sobat Kompasiana
Gimana sih pengalaman teman-teman KKM UIN Malang Kelompok 23 Jagaddhita Najandra mengajar TK di Desa Ngadirejo
Yuk ikutin Keseruannya!
Program KKM (Kuliah Kerja Mahasiswa) mengajar di Taman Kanak-Kanak (TK) adalah salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang melibatkan mahasiswa dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini. Tujuan dari program ini yaitu untuk memberikan kontribusi nyata dalam proses pembelajaran di TK, khususnya dengan menghadirkan metode belajar yang kreatif, menyenangkan, dan inovatif. Memiliki anak di taman kanak-kanak tidak hanya membantu para pendidik tetapi juga memiliki dampak positif pada perkembangan anak secara keseluruhan karena pendidikan anak usia dini memberikan landasan penting bagi pengembangan kepribadian dan kemampuan anak.
Pada kesempatan ini, kami mengajar di Taman Kanak-Kanak (TK) Dharma Wanita Persatuan Ngadirejo Kecamatan Jabung Kabupaten Malang. Kami mengajar dari tanggal 6 Januari sampai dengan 24 Januari 2025. TK tersebut memiliki 3 kelas dengan 1 guru dalam setiap kelasnya yaitu kelas TK A berjumlah 19 anak, TK B1 berjumlah 15 anak, dan TK B2 berjumlah 16 anak.
Dalam program ini, mahasiswa berperan aktif dalam membantu anak-anak mengenal dasar-dasar membaca, menulis, berhitung, dan mengenal angka serta huruf dengan pendekatan yang interaktif. Selain itu, aktivitas seni seperti menggambar, bernyanyi, membuat kerajinan tangan, dan permainan peran meningkatkan kreativitas anak-anak. Bagi anak-anak, kehadiran mahasiswa membawa variasi dalam metode pembelajaran yang lebih menarik, sehingga lebih antusias dalam belajar. Sementara itu, bagi mahasiswa, program ini memberikan pengalaman berharga dalam dunia pendidikan, melatih keterampilan komunikasi, kepemimpinan, dan kreativitas mereka. Selain merasa terbantu dengan adanya tenaga tambahan, guru TK juga merasa terbantu karena mereka dapat menjadi inspirasi untuk metode pengajaran yang lebih baik.
Namun, pelaksanaan program KKN mengajar di TK tidak lepas dari suka dukanya. Dalam menghadapi anak-anak yang masih sangat aktif dalam bermain dan memiliki sifat yang masih polos, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kami. Mulai dari anak yang nakal dan susah untuk diberitahu, anak yang sering bertengkar lalu menangis, berebut mainan, tidak mau belajar, menulis, dan lain sebagainya. Akan tetapi hal tersebut membuat kami bisa menjadi lebih sabar dan melatih skill serta pengalaman dalam menghadapi kondisi tersebut.
Secara keseluruhan, program KKN mengajar di TK adalah bentuk nyata pengabdian siswa kepada masyarakat yang memiliki efek jangka panjang. Mahasiswa tidak hanya membantu meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini tetapi juga membentuk generasi muda yang cerdas, kreatif, dan berkarakter melalui program ini. Program ini adalah pengalaman berharga bagi siswa untuk mempersiapkan diri mereka untuk menjadi orang yang peduli, kreatif, dan siap berkontribusi pada kemajuan masyarakat. Dengan semangat kolaborasi dan dedikasi, KKN mengajar di TK dapat menjadi salah satu langkah strategis dalam mewujudkan pendidikan yang lebih baik bagi generasi mendatang.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI